Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Lasik Mata Apakah Bisa Ditanggung BPJS?

Kompas.com - 16/04/2023, 13:00 WIB
 Biaya Lasik Mata Sumber Gambar: Freepik.com Biaya Lasik Mata
Rujukan artikel ini:
Komplikasi Pada Mata Karena Diabetes
Pengarang: Dr. Chalid Kurniawan, Sp.M.,…
|
Editor Puteri

LASIK merupakan singkatan dari Laser Assisted in Situ Keratomileusis adalah suatu tindakan operasi yang menggunakan laser untuk mengembalikan kondisi mata menjadi normal pada mata minus dan silinder.

Operasi lasik mata kerap kali menjadi solusi yang ampuh untuk menghilangkan penyakit mata minus atau silinder.

Pada tahun 90an, operasi lasik mata masuk ke Indonesia dan mulai dikembangkan hingga saat ini, dan sudah sangat terbukti untuk membantu mengembalikan penglihatan yang normal dan seperti sedia kala.

Kemajuan yang terdapat pada operasi lasik mata terbukti sudah lebih dari 20 tahun lalu, dan hingga saat ini pun masih sangat diperlukan bagi sebagian orang yang penglihatannya terganggu.

Menurut beberapa organisasi kesehatan, sudah terdapat ratusan juta manusia yang menderita gangguan pada penglihatannya, bahkan hitungan tersebut sampai skala dunia, dan kemungkinan akan terus bertambah penderitanya.

Untuk penderita mata minus biasanya penglihatannya akan kabur dan terlihat kurang jelas, dan memerlukan kacamata untuk melihat sesuatu dengan jelas.

Tak hanya sebagai menghilangkan mata minus dan silinder, operasi lasik mata juga dapat mengangkat penyakit presbiopi atau yang biasa disebut dengan rabun tua.

Penyakit ini biasanya rentan terjadi ketika memasuki umur lansia, dan sudah lumrah sekali karena pada umur-umur tertentu penglihatan mulai menurun dan sulit untuk memfokuskan objek satu dengan yang lainnya.

Biaya Lasik Mata

Biaya yang dikeluarkan untuk operasi lasik mata adalah kisaran 7 sampai 10 juta rupiah, itu pun tergantung beberapa rumah sakit.

Perbedaan harga yang kamu dapatkan merupakan perbedaan teknologi yang dipakai di beberapa rumah sakit.

Kamu perlu mengetahuinya sebelum akan melakukan operasi lasik mata, seperti memilih rumah sakit yang mempunyai standar khusus untuk menjalankan operasi lasik mata dan lain sebagainya.

Kamu juga perlu mengantisipasi efek samping yang akan kamu dapatkan setelah melakukan operasi lasik mata.

Seperti peradangan, infeksi mata, dan kelainan kornea yang jika dibiarkan malah akan jadi masalah serius untuk penglihatan kamu.

Walaupun persentase terjadinya resiko tersebut sangat kecil, namun hal-hal tersebut patut kamu perhatikan saat hendak ingin menjalankan operasi lasik mata.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, kamu perlu cermat dan teliti memilih klinik atau rumah sakit yang bisa melakukan operasi lasik mata, seperti riset dan rekomendasi dari kenalan dekatmu.

Namun hingga saat ini operasi lasik mata belum termasuk tindakan medis yang ditanggung oleh BPJS karena termasuk pelayanan kesehatan untuk tujuan kosmetika atau estetik.

Akan tetapi hal tersebut jangan sampai mengurungkan niat untuk menjalankan operasi lasik mata karena operasi lasik mata sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk menjadikan penglihatan seperti sedia kala.

Fakta yang kamu bisa dapat setelah melakukan operasi lasik mata adalah dengan tidak memerlukan kacamata sebagai alat bantu dalam melihat.

Operasi lasik mata dapat menjadi jaminan untuk kamu terbebas dari kelainan kornea atau fraksi mata, bahkan pada orang yang sudah lanjut usia juga bisa dikembalikan seperti semula penglihatannya.

Nah, itu dia ulasan tentang operasi lasik mata beserta biaya yang perlu kamu keluarkan jika ingin melakukannya.

Walaupun terdapat banyak sekali teknologi yang mumpuni untuk menghilangkan kelainan penglihatan, bukan berarti kamu bisa seenaknya terhadap matamu sendiri dan enggan untuk menjaga mata.

Jagalah matamu dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai bantuan nutrisi dari dalam tubuh.

Untuk lebih mengenal penyakit yang berpengaruh pada mata, kamu bisa membaca buku Komplikasi pada Mata karena Diabetes yang ditulis oleh Dr. Chalid Kurniawan, Sp.M., M.Kes.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak keempat di dunia.

Penderita diabetes akan mengalami masalah tidak hanya dari gangguan metabolisme yang disebabkan oleh penyakit diabetes itu sendiri, tetapi juga dari komplikasi yang akan timbul akibat penyakit diabetes.

Hampir setiap organ dalam tubuh terkena diabetes dan tidak terkecuali mata.

Namun, ternyata semua bagian mata bisa terkena diabetes.

Dalam buku ini, akan diulas secara lengkap bagaimana diabetes mampu memengaruhi mata dan bagaimana cara untuk mencegah dan mengobatinya.

Dapatkan buku ini segera hanya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com