Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Bisa Dilakukan Melalui Perawatan Medis

Kompas.com - 20/11/2022, 15:30 WIB
cara menghilangkan kantung mata melalui perawatan medis Sumber: pixabay.com cara menghilangkan kantung mata melalui perawatan medis
Rujukan artikel ini:
Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap…
Pengarang: Nasha Kirana
|
Editor Rahmad

Kantung mata dan lingkaran hitam identik dengan wajah yang terlihat lesu, tidak sehat, dan juga kusam. Kantung mata sendiri adalah suatu pembengkakan yang biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia.

Semakin tua seseorang, maka jaringan di sekitar matanya termasuk otot-otot kelopak mata menjadi kian melemah. Kondisi tersebut biasanya hanya masalah penampilan saja dan bukan suatu tanda adanya masalah kesehatan tertentu.

Penyebab munculnya kantung mata atau mata panda bisa disebabkan oleh beberapa hal. Termasuk juga dalam cara menghilangkan kantung mata. Terdapat banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata.

Menggunakan bahan alami dalam upaya cara menghilangkan kantung mata tentunya jauh lebih sehat, karena minim akan adanya efek samping. Selain itu, penggunaan bahan alami juga bisa jauh lebih mudah diaplikasikannya serta mudah untuk didapatkan.

Namun, tidak semua kantung mata mampu diatasi dengan bahan-bahan alami. Bagi penderita mata panda yang sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi hanya dengan bahan alami, maka perawatan medis menjadi salah satu pilihan sebagai cara menghilangkan kantung mata.

Adapun yang pertama kamu lakukan bisa dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter. Berikut ini adalah cara menghilangkan kantung mata dengan bantuan perawatan medis.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Melalui Medis

cara menghilangkan kantung mata melalui perawatan medis cara menghilangkan kantung mata melalui perawatan medis

1. Terapi laser

Cara menghilangkan kantung mata dengan bantuan medis yang pertama adalah dengan terapi laser. Terapi laser bisa menjadi terapi yang paling efektif untuk menghilangkan kantung mata kamu.

Selain itu, prosedur laser yang invasive layaknya laser diode atau pewarna denyut mampu mengurangi terjadinya resiko jaringan parut atau efek samping lainnya yang potensial.

2. Krim tropical

Perawatan kedua yang bisa kamu lakukan dalam upaya cara menghilangkan kantung mata dengan perawatan medis adalah menggunakan krim tropical. Krim ini mempunyai agen pencerah dan bisa membantu kamu dalam mengurangi hiperpigmentasi.

Adapun bahan-bahan yang dimaksud di antaranya adalah tretinoin dan hidrokuinon atau kombinasi dari kedua bahan tersebut. Untuk mengetahui hasil dari pemakaiannya, kamu perlu memakai krim tersebut selama 3 bulan.

3. Asam kojic

Lalu cara menghilangkan kantung mata yang selanjutnya adalah penggunaan asam kojic yang dinilai bisa secara efektif mengatasi lingkar mata yang hitam. Asam kojic sendiri merupakan bahan yang terbuat dari dua macam bahan jamur.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Akan tetapi, jika memakai asam kojic ini terdapat efek samping yang bisa mengganggu penampilan kamu. Efek sampingnya berupa munculnya kemerahan di sekitar kulit dan dermatitis kontak.

4. Pengelupasan kimiawi

Cara menghilangkan kantung mata yang selanjutnya adalah dengan melakukan cara pengelupasan kimiawi. Proses pengelupasan ini dilakukan dengan menggunakan asam alfa hidroksi, misalnya adalah asam glikolat.

Di mana, asam tersebut berfungsi untuk meringankan hiperpigmentasi pada bawah mata. Adapun alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara chemical peeling yang dikombinasikan dengan krim tropical. Dengan begitu, akan menghasilkan efek yang jauh lebih baik.

5. Filler

Proses filler dalam cara menghilangkan kantung mata bisa dilakukan jika penipisan kulit atau hilangnya jaringan lemak bisa menjadi penyebab dari munculnya kantung mata ini.

Filler ini bisa menjadi alternatif yang cukup potensial. Biasanya, dokter mata nantinya akan menyuntikkan gel asam hialuronat atau plasma yang kaya akan trombosit di bagian bawah mata. Gunanya adalah untuk mengatasi kantung mata yang menghitam.

6. Vitamin C

Siapa sangka jika vitamin C juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Dalam sebuah studi diamati efek dari sebuah lotion yang mengandung vitamin C sebanyak 10%, dalam waktu 6 bulan.

Kemudian, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan lotion dengan kandungan vitamin C yang diolesi pada kulit, terbukti mampu menghilangkan warna hitam yang ada di sekitar mata.

Jika kamu cukup berani untuk menggunakan langkah medis sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata, kamu bisa berkonsultasi dahulu ke dokter untuk memilih salah satu cara di atas. Untuk menambah wawasan, kamu juga bisa membaca buku Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya karya Nasha Kirana.

Buku tersebut menyajikan beragam informasi seputar rahasia dalam membuat mata yang lebih cantik dan dilengkapi juga dengan aksesoris. Di antara tips yang tersaji di dalam buku ini adalah blefaroplasti, cara aman mempercantik mata, cara menghilangkan kantung mata, tips mencegah kerutan halus sekitar mata, solusi menghilangkan lingkar hitam dan kantung mata, hingga tips merawat Kesehatan mata.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau