Urutan Skin Care Pagi dan Malam yang Tepat untuk Miliki Kulit Sehat dan Cerah

Kompas.com - 20/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Skincare 101
Pengarang: Wardah Nafisah, dr. Mufti…
|
Editor Ratih Widiastuty

Merawat kulit wajah agar selalu sehat dan lembab merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Tidak hanya perlu menemukan produk skin care yang cocok di kulit, namun kamu juga perlu memperhatikan urutan dari penggunaan skin care untuk pagi dan malam hari.

Hal ini dikarenakan perawatan kulit di pagi dan malam hari memiliki fungsi dan langkah-langkah yang berbeda, agar skin care yang kamu gunakan bisa bekerja dengan optimal di kulit.

Di pagi hari, pemakaian skin care dimaksudkan untuk mempersiapkan kulit beraktivitas seharian.

Sedangkan pada malam hari, penggunaan skin care bertujuan untuk membersihkan kulit agar tidak ada sisa kotoran setelah beraktivitas seharian dan mempersiapkannya untuk beregenerasi di malam hari ketika kamu tidur.

Berikut adalah urutan pemakaian skin care pagi dan malam yang benar dan bisa kamu ikuti.

Urutan Skin Care di Pagi Hari yang Tepat

1. Pembersih Wajah

Membersihkan wajah merupakan tahap skin care pertama yang wajib kamu lakukan untuk membersihkan kulit dari minyak yang diproduksi di malam hari ketika kamu tidur.

Selain itu, juga terdapat kemungkinan adanya kotoran atau bakteri yang menempel di wajah.

2. Toner

Tidak hanya berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka, toner juga memiliki kegunaan untuk mengangkat sisa kulit mati yang ada di wajah.

3. Serum

Pemakaian serum menjadi salah satu langkah skin care yang penting karena mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kulit, seperti vitamin C dan E yang kaya akan antioksidan.

4. Krim Mata

Pengaplikasian krim mata di pagi hari bertujuan untuk membuat mata agar terlihat lebih segar dan mengurangi kantung mata.

5. Pelembab

Selain memiliki fungsi untuk melembabkan kulit wajah, pelembab juga bisa membantu mengunci semua nutrisi dari produk-produk skin care yang telah kamu gunakan sebelumnya, serta untuk menyamarkan keriput dan garis-garis halus.

6. Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen merupakan tahap terakhir yang perlu kamu lakukan meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Hal ini untuk menjaga kulit kamu agar tidak rusak dan mengalami penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar UV dari sinar matahari.

Urutan Skin Care di Malam Hari yang Tepat

1. Make Up Remover

Langkah pertama dalam skin care malam hari adalah membersihkan make up atau riasan yang telah kamu pakai selama beraktivitas seharian.

Terdapat dua macam make up remover yang bisa kamu gunakan sesuai selera atau kebutuhan kulit, yaitu yang berbahan dasar air atau minyak.

2. Pembersih Wajah

Meskipun mungkin wajah kamu sudah terlihat bersih setelah menggunakan make up remover, namun kamu tetap perlu membersihkan wajah untuk memastikan semua kotoran dan sisa make up yang ada di kulit terangkat dengan sempurna.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Eksfoliasi

Tahap eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah kamu tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Namun kamu tidak perlu melakukannya setiap hari, karena sel kulit kamu membutuhkan waktu selama beberapa hari untuk beregenerasi kembali.

Menggunakan produk eksfoliasi setiap hari hanya akan membuat kulit wajah kamu iritasi, oleh sebab itu hanya lakukan tahapan ini 2 - 3 kali dalam seminggu.

4. Toner

Sama seperti di pagi hari, kamu juga perlu mengaplikasikan toner setelah membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi untuk mengembalikan pH kulit dan mempersiapkan wajah untuk menerima nutrisi dari skin care yang akan kamu gunakan di tahap selanjutnya.

5. Essence/Serum

Pada dasarnya, essence dan serum memiliki fungsi yang sama untuk melembabkan dan membuat kulit wajah lebih halus.

Hal yang membedakan hanyalah teksturnya saja, sehingga kamu bisa menyesuaikan ingin menggunakan yang mana di antara keduanya.

6. Krim Mata

Kamu juga perlu mengaplikasikan krim mata di malam hari untuk membantu mengurangi mata panda dan kantung mata, serta menyamarkan kerutan yang ada di daerah sekitar mata.

7. Krim Malam/Sleeping Mask

Untuk melembabkan kulit wajah sepanjang malam selama kamu tidur, kamu bisa memilih menggunakan krim malam atau sleeping mask karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

Nah, itulah urutan pemakaian skin care pagi dan malam yang benar untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam terkait perawatan kulit atau skin care, buku Skincare 101 yang ditulis oleh Wardah Nafisah dan dr. Mufti Anam ini bisa menjadi panduan yang tepat yang akan membantu kamu untuk memiliki kulit sehat dan terawat.

Menurut penulis, kamu tidak perlu menggunakan banyak produk skin care yang ribet dan juga mahal untuk bisa memperoleh kulit yang indah.

Melalui Skincare 101, kedua penulis yang merupakan pasangan suami istri ini membagikan tips-tips merawat kulit dengan sederhana dan sesuai dengan karakter kulit yang dimiliki oleh masing-masing orang untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih, dan bercahaya.

Di dalam buku ini kamu akan menemukan informasi seputar tahapan lengkap perawatan kulit sesuai dengan jenisnya (normal, berminyak, kering atau kombinasi), ramuan alami untuk kulit yang bisa kamu buat sendiri di rumah, dan juga rangkaian perawatan anti aging bagi kamu yang berusia di atas 30 tahun.

Selain itu, juga diberikan rekomendasi mengenai makanan yang baik untuk sumber nutrisi kulit, daftar kandungan yang terdapat di dalam kosmetik, dan cara untuk memilih klinik kecantikan yang sesuai.

Kamu bisa mendapatkan buku Skincare 101 ini dengan mudah di Gramedia.com.

Dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.