Insecure Karena Jerawat? Ikuti Tips Berikut Ini

Kompas.com - 25/11/2021, 16:40 WIB
Sumber Foto : Freepik
Rujukan artikel ini:
A Handbook for Insecurity
Pengarang: D. Tri Utami
Penulis Lika Purnama
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap orang terlahir unik dengan segala kekurangan dan kelebihan yang mereka punya.

Dengan warna kulit beragam, tinggi badan, jenis rambut, bentuk hidung, hampir tidak ada yang benar-benar serupa.

Sayangnya, budaya dan interaksi sosial membawa manusia ke dalam beragam posisi yang akhirnya membentuk sebuah standar kecantikan yang seolah wajib diikuti.

Seperti standar yang menyatakan bahwa cantik harus memiliki wajah mulus tanpa jerawat, sampai semua orang lupa menyadari bahwa kulit memiliki beragam jenis dan masalah jerawat ini sangat umum dialami.

Sayang, tak semua orang dianugerahi wajah seperti yang didambakan dan itu berdampak buruk pada seseorang sehingga membuatnya insecurity tanpa dasar.

Insecurity sangat berbahaya karena berpotensi membuat seseorang memiliki citra tubuh yang negatif hingga dapat berujung depresi.

Oleh sebab itu, berikut ini telah terangkum 8 tips menghilangkan insecure karena jerawat yang perlu disimak.

8 Tips Menghilangkan Insecure Karena Jerawat

1. Hindari Terlalu Sering Menekan Jerawat

Jerawat yang ada di wajah memang cukup mengganggu dan membuat kita tanpa sadar ingin selalu menekannya.

Namun, tahu kah kamu bahwa terlalu sering menekan jerawat itu justru akan memperburuk keadaan?

Menekan jerawat bukan berarti membuatnya segera kempes, namun hanya membuat infeksi jerawat semakin parah karena tangan kita berpotensi memiliki kuman dan bakteri.

2. Berhenti Membandingkan Diri

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, oleh karena itu kondisi dan perawatan yang diperlukan tentunya berbeda pula.

Jadi, membandingkan kulit wajah kita dengan kulit wajah orang lain tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali rasa sedih hingga stres berkepanjangan.

Daripada sibuk membandingkan diri, lebih baik belajar lebih dalam tentang kulit wajah kita untuk mengetahui penanganan apa yang paling tepat demi mengatasi jerawat yang bermunculan.

3. Abaikan Komentar Negatif Orang Lain

Orang lain dalam hidup kita hanya penonton, sehingga tidak ada salahnya untuk sesekali mengabaikan komentar negatif tentang kondisi diri kita, sebab yang paling penting adalah usaha yang kita lakukan.

Selain itu, terlalu banyak mendengar komentar bernada negatif hanya akan membuat stres semakin meningkat dan memicu jerawat semakin menyebar.

4. Berusaha Maksimal

Sebagai manusia biasa, jika menginginkan suatu hal tentu tidak terlepas dari usaha.

Usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi jerawat adalah dengan berkonsultasi pada ahlinya atau orang yang telah berpengalaman dalam masalah yang sedang kita jalani.

Kamu juga harus selektif dalam memilih produk yang digunakan, sebab bila keliru malah akan membuat jerawat semakin parah.

5. Perbanyak Afirmasi Diri

Kita adalah sekuat apa yang kita pikirkan.

Penelitian tentang kognitif dalam psikologi membuktikan bahwa pikiran dapat memiliki pengaruh besar dalam diri.

Afirmasi diri adalah tindakan mengulang perkataan pada diri sendiri dengan tujuan agar perkataan itu tertanam dan kita mempercayainya.

Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari, kapan pun, dan di mana pun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bisikan pada diri sendiri dan ulangi setiap hari kata-kata positif yang membuat kamu lebih percaya diri, seperti “jerawatku pasti sembuh”, “aku tetap cantik bagaimanapun kondisiku”, “aku punya lebih banyak kelebihan lebih dari sekedar jerawat ini.”

6. Hidup Sehat

Olahraga memiliki peran penting dalam membuat tubuh lebih sehat.

Kamu dapat melakukan meditasi, relaksasi, atau yoga yang dapat membantu tubuh lebih rileks.

Inspirasi untuk melakukan olahraga ringan di rumah dapat kamu temui dengan mudah di YouTube.

Selain itu, imbangi dengan makan sayur dan buah secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dengan melakukan olahraga serta mengonsumsi buah dan sayur, tentunya akan menjaga badan tetap bugar dan tubuh lebih fit.

7. Fokus Pada Kelebihan

Terkadang memiliki satu kekurangan membuat kita menutup mata pada begitu banyak kelebihan yang kita punya.

Maka, selain berusaha untuk menyembuhkannya, coba lah untuk melihat pada hal-hal baik yang kamu punya, kelebihan-kelebihan yang selama ini melekat pada dirimu namun belum secara sempurna kamu sadari.

Sebab, value dari diri seseorang tidak bisa hanya diukur pada kondisi fisik semata, melainkan lebih kompleks daripada itu.

8. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Bermanfaat

Terkadang terlalu banyak waktu luang membuat kita memiliki kesempatan untuk memikirkan hal-hal negatif dan mengabaikan hal positif lainnya.

Oleh sebab itu, menyibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat sangat penting untuk membuat kita tetap fokus pada hal-hal positif dan apa yang dapat dilakukan.

Salah satu kegiatan yang dapat dicoba adalah membaca buku.

Selain menambah wawasan, membaca buku tertentu dapat membantu kita untuk meningkatkan self esteem demi menghindari rasa insecure akibat jerawat.

Sebagai rekomendasi, buku A Handbook for Insecurity karya D. Tri Utami mungkin bisa kamu jadikan bacaan selanjutnya.

Buku ini akan membantu kamu untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu insecure dan bagaimana cara mengendalikan diri agar tidak terus terjebak dalam insecurity.

Di dalamnya terdapat 180 halaman yang akan membantumu mengenal rasa takut dan menciptakan bahagia pada takaran yang tepat.

Selain itu, buku Insecurity is My Middle Name yang ditulis oleh Alvi Syahrin juga layak kamu baca.

Pertanyaan-pernyataan seperti, “kenapa selalu good looking yang dipilih?”, “aku terlalu biasa-biasa saja”, “aku nggak punya keahlian apa-apa”, semuanya akan memiliki jawaban dan penjelasan dalam buku ini.

Membaca buku ini akan memberikan pengalaman self healing yang menenangkan, sekaligus memberi inspirasi tentang apa yang harus kamu lakukan kedepannya.

Jika tertarik, kedua buku ini bisa kamu dapatkan secara online di Gramedia.com

Itulah 8 tips untuk mengatasi insecure karena jerawat, semoga bermanfaat!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.