Bolehkah Memakai Serum Tanpa Cream? Pahami Juga Penggunaan Basic Skincare Rutin untuk Pemula

Kompas.com - 03/08/2022, 19:00 WIB
Bolehkah Memakai Serum Tanpa Cream Sumber Gambar: Freepik.com Bolehkah Memakai Serum Tanpa Cream
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kulit wajah yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk bisa mewujudkannya, kamu tentu perlu menjaga kesehatan kulit wajah, salah satunya dengan rutin menggunakan skincare atau produk perawatan kulit.

Pemilihan dan penggunaan skincare yang tepat sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, tapi juga untuk mencegah munculnya berbagai permasalahan kulit lainnya seperti jerawat, noda hitam, dan juga kulit kusam.

Cara pemakaian skincare tentunya juga perlu diperhatikan dengan bijak, agar setiap kandungan di dalam skincare tersebut bisa terserap secara optimal ke dalam kulit.

Salah satu jenis skincare yang penting digunakan adalah serum, yang ternyata sangat bermanfaat untuk permasalahan kulit seperti dehidrasi, penuaan diri, dan jerawat yang membandel.

Produk serum ini memiliki tekstur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan pelembab, sehingga serum bisa bekerja jauh lebih baik sampai ke lapisan kulit paling dalam.

Namun hasil pemakaian serum ini juga tidak bisa bekerja secara maksimal jika kamu salah mengaplikasikannya, atau tidak menggunakan dukungan skincare jenis lain.

Sebagian orang masih banyak yang belum memahami bagaimana cara penggunaan serum yang baik dan benar, serta jenis skincare apa saja yang boleh digunakan secara bersamaan.

Salah satu jenis skincare yang sering digunakan bersamaan dengan serum adalah cream.

Sebenarnya, bolehkah seseorang menggunakan serum tanpa cream? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Boleh Menggunakan Serum Tanpa Cream?

Serum sebenarnya adalah salah satu kunci dalam dunia skincare, setetes serum itu sudah mengandung banyak bahan aktif mulai dari vitamin sampai anti-oksidan yang bisa menembus kulit bagian terdalam.

Jadi hanya menggunakan serum saja sebenarnya sudah lebih dari cukup, sehingga cream hanya bersifat optional saja.

Dengan banyaknya kandungan zat yang ada di dalamnya, serum memang diperuntukkan untuk kamu yang punya masalah kulit dan harus segera diperbaiki, seperti noda hitam, keriput, garis halus, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika kulitmu sedang dalam kondisi berminyak, serum bisa membantu memberikan kelembapan tanpa kamu harus menggunakan bantuan pelembab jenis lain.

Tapi khusus bagi kamu yang sedang tidak mengalami masalah apapun dan kondisi kulitmu masih tampak baik-baik saja, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan serum wajah.

Walau memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus ingat untuk benar-benar memilih jenis serum yang cocok untuk kulit, supaya bisa memberikan hasil yang maksimal dan tidak membuat kulitmu jadi semakin breakout.

Setelah memahami arti penting serum, kamu bisa coba memulai penggunaan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Bagi kamu yang masih pemula dan belum banyak mengetahui dunia skincare, kamu bisa pahami beberapa penggunaan basic skincare berikut ini.

Basic skincare ini maksudnya adalah urutan penggunaan produk yang paling mendasar dan tidak boleh dilewatkan dalam proses merawat kulit wajah.

Cara Penggunaan Basic Skincare Rutin untuk Pemula

1. Terapkan Double Cleansing

Setelah seharian beraktivitas, kulit pasti akan terkena berbagai debu dan kotoran, sehingga kamu wajib membersihkan wajah setiap 2 kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari.

Double cleansing ini biasanya menggunakan 2 produk pembersih wajah, yakni produk cleanser oil-based (berbahan dasar minyak) atau micellar water untuk menghapus semua kotoran yang menempel di wajah.

Kemudian produk yang kedua adalah facial wash atau sabun pencuci muka yang berguna untuk membersihkan kulit lebih dalam, menghilangkan keringat, bakteri, dan sel-sel kulit mati.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan menerapkan proses ini, kamu bisa mencegah timbulnya jerawat dan kelembapan kulitmu juga bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Gunakan Toner

Untuk memastikan kulit wajahmu tetap terlihat bersih dan cerah, kamu perlu melakukan exfoliasi dengan menggunakan toner.

Toner bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit, sehingga membantu kulit wajahmu agar terhindar dari jerawat, dan mengurangi munculnya kerutan halus.

Dalam dunia skincare, ada 2 jenis toner yang penting untuk digunakan, yakni exfoliating toner (mengangkat sel kulit mati) dan hydrating toner (menjaga kelembapan kulit).

Mencari toner yang cocok untuk kulit wajah memang menjadi salah satu hal yang sulit, kamu harus mencobanya satu persatu sampai menemukan satu jenis toner yang tepat.

3. Gunakan Moisturizer

Moisturizer atau pelembap adalah salah satu jenis basic skincare yang perlu kamu gunakan secara rutin agar kulit wajahmu tetap sehat dan terlihat awet muda.

Pilihlah jenis produk moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak kamu bisa gunakan pelembab bertekstur gel, sementara untuk tipe kulit kering kamu bisa gunakan pelembab bertekstur cream.

Penggunaan moisturizer yang benar akan sangat membantu meningkatkan hidrasi kulit, dan mampu melembabkan kulit dengan baik, jadi kamu bisa terhindar dari segala jenis permasalahan kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Sebagian besar orang masih belum menyadari betapa pentingnya penggunaan jenis skincare yang satu ini, padahal sunscreen adalah salah satu skincare yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Perlu dipahami bahwa sunscreen (tabir surya) adalah jenis skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yakni sinar UVA dan UVB.

Tidak hanya diluar rumah, kamu juga harus tetap menggunakan sunscreen saat berada di dalam rumah karena sinar matahari tetap bisa masuk melalui berbagai celah seperti jendela atau ventilasi rumahmu.

Menggunakan sunscreen secara rutin akan membantu mencegah munculnya garis halus, bintik-bintik hitam, serta kanker kulit yang bisa saja menyerang saat kamu sudah berusia lanjut, jadi efek penggunaan sunscreen ini benar-benar bisa terlihat setelah jangka panjang.

Dengan menerapkan 4 basic skincare rutin ini, kamu bisa memiliki kondisi kulit yang cantik dan terawat dengan baik.

Jika kamu memiliki permasalahan kulit tertentu, kamu juga bisa tambahkan jenis skincare lain seperti serum setelah kamu menggunakan toner.

Untuk membantumu mengenal berbagai hal yang penting dalam per-skincare-an, kamu bisa juga membaca buku All About Skincare yang ditulis oleh Nada A.

Dengan banyaknya informasi diluaran sana mengenai berbagai komposisi dalam produk skincare, kamu pasti merasa kebingungan saat harus memilih produk mana yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Buku ini hadir sebagai teman perjalananmu dalam mencari tahu lebih jauh lagi mengenai cara merawat kulit wajah dan mencari produk skincare mana yang benar-benar tepat untukmu.

Buku ini akan membahas secara lengkap mengenai cara mengenali kulit wajah, apa saja kandungan di dalam produk skincare yang harus dihindari, cara penggunaan produk skincare yang baik dan sesuai untuk jenis kulit, serta makanan apa saja yang bisa membantu menutrisi kulitmu dengan baik.

Selain untuk para pemula, buku ini juga bisa digunakan untuk siapa saja yang benar-benar ingin mengetahui pentingnya penggunaan skincare, sehingga kamu tidak asal-asalan dalam memilih setiap produknya.

Kalau penasaran, kamu bisa membeli buku ini melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Step by Step Belajar Jadi Youtuber Sukses

Step by Step Belajar Jadi Youtuber Sukses

buku
Mengulas Sejarah Ilmu Manajemen dari Awal Kemunculan Sampai Perkembangannya

Mengulas Sejarah Ilmu Manajemen dari Awal Kemunculan Sampai Perkembangannya

buku
5 Rekomendasi Buku yang Setidaknya Kamu Baca Sebelum Melakukan Pernikahan

5 Rekomendasi Buku yang Setidaknya Kamu Baca Sebelum Melakukan Pernikahan

buku
Berapa Tinggi Badan Member TXT? Berikut Ini Profil 5 Member TXT yang Punya Postur Tinggi Menjulang Sampai Dijuluki ‘Titan’

Berapa Tinggi Badan Member TXT? Berikut Ini Profil 5 Member TXT yang Punya Postur Tinggi Menjulang Sampai Dijuluki ‘Titan’

buku
5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik Untuk Belajar Karya Sastra Indonesia

5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik Untuk Belajar Karya Sastra Indonesia

buku
Yuk Jalan-Jalan Virtual ke Jepang dengan Membaca Buku Ini!

Yuk Jalan-Jalan Virtual ke Jepang dengan Membaca Buku Ini!

buku
Karya Sastra Pantun: Ini Sejarahnya Sampai Jadi Warisan Dunia oleh UNESCO

Karya Sastra Pantun: Ini Sejarahnya Sampai Jadi Warisan Dunia oleh UNESCO

buku
5 Tips Menjadi Programmer Pemula yang Sukses

5 Tips Menjadi Programmer Pemula yang Sukses

buku
Makna Mulia di Balik Kata Samawa Sebagai Ucapan Pernikahan

Makna Mulia di Balik Kata Samawa Sebagai Ucapan Pernikahan

buku
Siapa Member EXO yang Sudah Menikah? Yuk, Intip Fakta-Fakta Menarik Mengenai Para Member EXO Berikut Ini

Siapa Member EXO yang Sudah Menikah? Yuk, Intip Fakta-Fakta Menarik Mengenai Para Member EXO Berikut Ini

buku
Bolehkah Kelinci Makan Nasi? Simak Penjelasannya dan Pahami Juga Beberapa Makanan yang Berbahaya Bagi Kelinci

Bolehkah Kelinci Makan Nasi? Simak Penjelasannya dan Pahami Juga Beberapa Makanan yang Berbahaya Bagi Kelinci

buku
Jangan Ragu, Ini 9 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion!

Jangan Ragu, Ini 9 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion!

buku
Yuk Baca Puisi Motivasi Sukses, Biar Makin Semangat!

Yuk Baca Puisi Motivasi Sukses, Biar Makin Semangat!

buku
Ide Nama Panggilan untuk Sahabat Perempuan dan Tips Menjaga Persahabatan agar Tetap Awet dan Bertahan Lama

Ide Nama Panggilan untuk Sahabat Perempuan dan Tips Menjaga Persahabatan agar Tetap Awet dan Bertahan Lama

buku
10 Model Rambut Keriting Pendek Wanita Terbaik yang Stylish

10 Model Rambut Keriting Pendek Wanita Terbaik yang Stylish

buku
Ini Tips Memilih Model Rambut Wanita yang Cocok  dengan Bentuk Wajah

Ini Tips Memilih Model Rambut Wanita yang Cocok dengan Bentuk Wajah

buku
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.