3 Teknik Senam Bibir yang Mudah untuk Dilakukan dan Manfaatnya Bagi Wajah

Kompas.com - 07/04/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Perawatan Kecantikan Kulit
Pengarang: Windiyati, S.Pd
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Melakukan senam wajah dipercaya sebagai salah satu cara untuk membuat kita tampak lebih muda dan lebih segar.

Ada sebuah jurnal penelitian dari JAMA Dermatology yang sengaja mengumpulkan 27 perempuan berusia 45-60 tahun.

Saat pemeriksaan awal, usia kulit wajah mereka rata-rata sudah berumur 50 tahunan.

Dari sini, para peserta diberikan dua sesi latihan senam wajah bersama para instruktur yoga selama kurang lebih 90 menit, dan kemudian diminta untuk kembali mempraktekkannya di rumah selama lima bulan.

Setelah lima bulan, para dokter kulit kembali memeriksa kondisi kulit wajah mereka dan rata-rata usia kulitnya berubah menjadi 47-48 tahun.

Riset ini membuktikan bahwa senam wajah secara teratur bisa membantu menjaga kulit wajah tampak jauh lebih muda.

Saat kamu sudah lihai melakukan senam wajah, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan senam bibir, yang ternyata bisa membantu membuat kulit wajahmu terasa lebih kencang.

Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan senam bibir, mungkin area di sekitar bibir akan lebih cepat terasa lelah, kondisinya sama seperti otot yang kaku karena jarang olahraga.

Tapi ini adalah hal yang normal, karena saat kamu sudah terbiasa, semuanya akan terasa lebih mudah.

Ada tiga teknik senam bibir yang mudah untuk kamu praktekkan di rumah saja.

3 Teknik Senam Bibir yang Mudah Dilakukan

1. Fish Lips

Sama seperti mulut ikan, teknik senam bibir yang satu ini dilakukan dengan cara mengerucutkan bibir bagian bawah dan bagian atas.

Di saat bibir dalam keadaan mengerucut, cobalah untuk tersenyum selebar-lebarnya dan biarkan bagian lain di wajah kamu tetap dalam keadaan rileks.

Tahan gerakan ini selama 10 detik dan cobalah untuk melakukan teknik ini secara rutin selama 5-10 menit per hari agar kamu lebih terbiasa.

2. The Whistler

Gerakan senam the whistler ini dilakukan dengan cara membentuk huruf “O” dengan bibir, mirip seperti sedang bersiul.

Kemudian, cobalah untuk tersenyum dengan sekuat tenaga, tapi posisi bibir harus tetap membentuk huruf “O”, tahan posisi ini selama 10 detik, ambil jeda dan ulangi lagi sebanyak 3-5 kali.

Pada gerakan selanjutnya, tetap tahan bibir dalam posisi “O”, tapi cobalah untuk pompa kedua pipi ke atas dan ke bawah sebanyak kurang lebih 12-15 kali, ulangi terus sampai kamu merasa otot wajahmu sudah tertarik.

3. Facial Yoga

Pada langkah pertama, hirup udara hingga mulut mengembang, kemudian pindahkan udara dari pipi bagian kanan ke pipi bagian kiri secara bergantian.

Cara ini akan membantu mengurangi garis-garis halus yang disebut “marionette lines” di sekitar mulut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah itu, coba kerucutkan bagian bibir seperti posisi akan mencium, tahan selama 30-60 detik, dan di saat yang sama, isap kedua pipi dan gerakkan bibir ke bagian atas dan bawah.

Manfaat Melakukan Senam Bibir

Fokus utama dalam senam bibir sebenarnya adalah untuk mengaktifkan otot-otot wajah agar terasa lebih kuat.

Sama seperti olahraga pada umumnya, semakin sering dilatih, maka otot di sekitar bibir dan mulut akan semakin kencang.

Tidak hanya itu saja, senam bibir ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah yang akan membuat bibir tampak lebih cerah dan tidak pucat, jadi cobalah untuk melakukannya secara rutin.

Kapan Perubahannya akan Terlihat?

Olahraga dalam bentuk apapun pastinya membutuhkan waktu sampai hasilnya benar-benar bisa terlihat, dan tentunya tidak bisa didapatkan secara instan.

Apalagi, teknik senam bibir ini merupakan cara yang alami tanpa adanya intervensi lain seperti perawatan di klinik kecantikan atau bahkan operasi, jadi kalau kamu mau hasilnya cepat terlihat, maka lakukanlah secara rutin dan konsisten.

Perlu waktu sekitar tiga sampai empat minggu jika kamu benar-benar melakukan senam bibir ini secara rutin.

Selain rutin dan konsisten, kamu juga harus melakukannya sesuai dengan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jika kamu mengubah gerakan-gerakannya secara tidak sadar, maka hanya akan membuat wajah kamu terlihat keriput atau bahkan juga bisa membuat garis senyum (smile line) kamu semakin terlihat.

Kulit wajah pada dasarnya memang membutuhkan perawatan yang intensif untuk membuatnya tetap terlihat lebih kencang, anti keriput, dan anti penuaan dini.

Melakukan senam wajah dan senam bibir sebenarnya hanya akan membantu sekitar 30-40 persen saja.

Melakukan perawatan wajah langsung pada ahlinya adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membuat kulit wajahmu tetap sehat dan tampak lebih muda.

Sebelum memilih klinik kecantikan kulit, kamu bisa lebih dulu membaca buku Perawatan Kecantikan Kulit yang ditulis oleh Windiyati, S.PD, untuk mengetahui jenis perawatan apa saja yang dibutuhkan untuk tipe wajah kamu.

Buku ini akan membantu memperdalam pengetahuan kamu dalam hal kecantikan wajah, mulai dari tingkat yang paling dasar.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan dasar-dasar perawatan kecantikan yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Walaupun buku ini sebenarnya lebih ditujukkan untuk para terapis kecantikan, tapi isi dalam bukunya tetap bisa kamu jadikan pembelajaran baru, untuk memahami apa saja tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga kulit wajah agar tetap sehat.

Buat kamu yang penasaran, buku ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi buku fisiknya yang bisa kamu beli melalui Gramedia.com, atau versi e-book yang bisa kamu akses di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.