Ini Ciri Kulit Kering yang Perlu Kamu Ketahui dan Cara yang Tepat untuk Merawatnya

Kompas.com - 04/04/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Little Book of Skin…
Pengarang: Charlotte Cho
|
Editor Ratih Widiastuty

Mengetahui jenis kulit yang kamu miliki merupakan langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk bisa memilih produk skincare yang tepat dengan kondisi kulit kamu.

Tipe kulit yang umum dimiliki oleh sebagian besar orang, yaitu meliputi kulit normal, kering, berminyak, dan juga kombinasi.

Terdapat beberapa tes sederhana yang bisa kamu praktikkan untuk mengetahui jenis kulit yang kamu miliki, seperti menggunakan tisu dan selotip, atau dengan memperhatikan kondisi kulit di daerah T-zone apakah berminyak atau tidak.

Selain dengan melakukan cara-cara di atas, berikut adalah beberapa ciri yang menandakan jika kamu memiliki jenis kulit kering dan tips bagaimana kamu bisa merawatnya.

Ciri Kamu Memiliki Jenis Kulit Kering

Seseorang dengan tipe kulit ini biasanya ditandai dengan garis-garis kulit yang lebih terlihat, terasa bersisik dan kasar ketika diraba, pori-pori yang hampir tak terlihat, serta kulit yang terasa kencang di wajah dan terkadang terasa gatal.

Jika memiliki kulit yang sangat kering, kamu juga bisa merasakannya di bagian punggung tangan, lengan, dan kaki yang terasa kasar serta bersisik.

Jika melakukan tes menggunakan selotip untuk mengetahui jenis kulit, maka selotip yang kamu gunakan tersebut akan terlihat keruh dengan serpihan kulit kering ketika dilepaskan.

Jenis kulit ini bisa disebabkan karena gen atau keturunan, mengalami penuaan atau perubahan hormon, cuaca yang dingin, radiasi sinar UV, kebiasaan mandi yang lama, bahan-bahan dalam sabun atau kosmetik, serta efek samping dari pengobatan.

Jika tidak dirawat dengan cara yang tepat, kamu bisa mengalami peradangan dan memungkinkan berkembangnya kulit kering menjadi eksim.

Cara Tepat untuk Merawat Kulit Kering

1. Mandi Secukupnya dan Menghindari Air yang Terlalu Panas

Meskipun mandi dengan air hangat bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, namun air hangat juga dapat menghilangkan minyak alami yang memiliki fungsi untuk melembapkan kulit.

Hal yang sama juga bisa terjadi apabila kamu mandi atau mencuci muka terlalu sering dan dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, penting bagi kamu yang memiliki kulit kering untuk mandi secukupnya dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama, terutama jika kamu menggunakan air hangat.

Dengan begitu, kulit kamu akan tetap bisa mempertahankan kelembapannya dan terhidrasi dengan baik.

Setelah mandi, hindari menggosok handuk dengan terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit menjadi semakin kering.

Keringkan tubuh yang basah menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara menepuk-nepukkannya secara perlahan pada kulit.

2. Gunakan Sabun dengan Bahan Lembut

Baik sabun badan atau pun sabun untuk mencuci wajah, usahakan untuk menghindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan keras, seperti alkohol dan parfum.

Hal ini dikarenakan kandungan kimia yang terdapat di dalam kedua bahan tersebut bisa membuat kulit kamu iritasi dan jadi lebih mudah kering.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika memungkinkan, pilihlah sabun dengan bahan dasar minyak yang cocok untuk kulit kering.

3. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap setelah mandi dan mencuci muka atau ketika kulit terasa kering untuk menjaga kelembapannya.

Pelembap dengan kandungan gliserin, asam hialuronat, urea, ceramide, dan petroleum jelly merupakan bahan-bahan yang sesuai untuk kondisi kulit kering agar selalu terhidrasi.

Umumnya pelembap yang direkomendasikan untuk jenis kulit kering adalah pelembap yang memiliki tekstur gel atau cream.

Setelah menggunakan pelembap, jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya, baik untuk wajah maupun kulit tangan dan kaki.

Jika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan, maka kamu akan membutuhkan sunscreen atau sunblock dengan kandungan SPF yang lebih tinggi untuk bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Menutrisi Kulit dari Dalam

Selain menjaga kelembapan kulit dari luar, kamu juga perlu untuk menutrisi kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3.

Kandungan makanan ini bisa kamu peroleh dari wortel, tomat, bluberi, kacang polong, ikan salmon, dan lain-lain.

Kedua nutrien ini diketahui bisa meminimalkan terjadinya kerusakan sel dan mampu merangsang pembentukan sel baru yang sehat.

Nah, itulah beberapa ciri dari kulit kering yang perlu kamu ketahui untuk bisa merawat serta menjaga kesehatannya dengan baik.

Selain dengan mempraktikkan tips-tips yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa memahami cara merawat kulit dengan lebih mendalam melalui buku The Little Book of Skin Care yang ditulis oleh Charlotte Cho.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kulit sehat dan bercahaya yang dimiliki oleh artis-artis Korea telah menjadi idaman bagi banyak orang.

Penulis yang juga seorang co-founder dari Soko Glam, sebuah situs web kecantikan sekaligus marketplace yang berfokus pada produk-produk perawatan kulit Korea, ingin membagikan rahasia di balik kecantikan kulit ala negeri ginseng ini.

Melalui buku ini, Charlotte Cho akan menjabarkan mengenai 10 langkah rutin dalam merawat kulit untuk menghasilkan kulit yang sehat dan tampak bersinar.

Selain mendapatkan tips dan tutorial cara merawat kulit, kamu juga akan memperoleh rekomendasi produk skincare, serta wawancara eksklusif dengan berbagai ahli kecantikan di seluruh dunia.

Kamu bisa mendapatkan buku The Little Book of Skin Care ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.