Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memuaskan Keingintahuan si Kecil dengan Ensiklopedia Bergambar

Kompas.com - 18/01/2022, 09:19 WIB
Sumber Gambar : Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Junior - Tanya Jawab:…
Pengarang: CATHY FRANCO
|
Editor Ratih Widiastuty

Manfaat Rasa Ingin Tahu Pada Perkembangan Anak

Si kecil memang selalu penuh dengan pertanyaan.

Apa ini? Apa itu? Kenapa begini? Kenapa begitu? Jadi, tidak heran jika tiap hari akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru dari si kecil.

Sampai-sampai, orangtua pun terkadang sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka yang terkadang di luar bayangan orangtua.

Untuk menghadapi anak yang rasa ingin tahunya tinggi dan selalu penasaran akan hal-hal baru, hal yang terbaik yang bisa dilakukan orangtua adalah memfasilitasi keingintahuan si kecil.

Rekomendasi Bacaan Untuk Si Kecil Yang Lengkap Akan Pengetahuan

Tak perlu kewalahan mencari informasi ke sana-kemari, sekarang orangtua bisa mengajari anak melalui buku pengetahuan seperti buku ensiklopedia bergambar.

Ensiklopedia sebagai kumpulan atau ringkasan informasi dari berbagai bidang memang praktis untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Alih-alih berat untuk dibaca anak seperti ensiklopedia umum, orangtua bisa mulai memberikan buku ensiklopedia junior untuk si kecil.

Buku Ensiklopedia Junior Tanya Jawab: Berapa, ya? adalah pilihan tepat untuk si kecil yang penasaran.

Seperti namanya, Ensiklopedia Junior Tanya-Jawab, buku ini dirancang dalam bentuk pertanyaan dan jawaban ringkas sehingga cocok dibaca anak-anak.

Dilengkapi dengan foto yang mendukung penjelasan dan ilustrasi yang lucu, membaca buku ini juga tidak akan terasa seperti belajar. Temukan pula rekomendasi Cerita Dongeng Anak Bergambar disini!

Apalagi dengan banyaknya pilihan jenis bidang yang bisa dijelajahi si kecil seperti misalnya hewan, alam sekitar, tubuh manusia, sains dan teknologi, kehidupan sehari-hari serta sejarah.

Buku Ensiklopedia Junior Tanya Jawab: Berapa ya? menghadirkan 100 pertanyaan menarik yang mungkin ditanyakan anak-anak, misalnya: “Berapa berat awan?”, “Ada berapa helai rambut di kepala kita?”, dan lainnya.

Tentu saja jawaban yang dipaparkan akan mudah dipahami anak.

Tak hanya menjelaskan tentang jawaban dari suatu pertanyaan, buku ini juga memasukkan beberapa fakta unik ke dalamnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Contohnya dalam pertanyaan “Berapa berat awan?”, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah untuk sebuah awan kumulus kecil memiliki berat sekitar beberapa ton, tidak disangka-sangka, bukan? Kemudian, penjelasan ini dikembangkan lebih lanjut untuk menjelaskan kenapa awan berat.

Jawabannya adalah karena di dalam awan terdapat titik-titik air yang mengapung kemudian bertemu dengan aliran udara yang naik-turun sehingga menambah berat dan pada akhirnya akan menjadi hujan yang turun ke bumi.

Terdapat pula fakta-fakta menarik lainnya seperti misalnya, ternyata kita tidak hanya memiliki 5 indra tetapi 9, selain pancaindra yang biasa kita temui, kita juga punya indra kinestetik, keseimbangan, temperatur, dan kesakitan.

Ada pula pertanyaan tentang jumlah jam dalam sehari pada 400 juta tahun lalu.

Ternyata, jawabannya bukan 24 jam, tetapi hanya 6 jam karena proses rotasi Bumi yang semakin lama semakin melambat seiring berjalannya waktu.

Contoh lainnya, pertanyaan “Ada berapa ton sampah plastik yang menumpuk di lautan?”.

Ternyata, bisa terdapat 8 sampai 12 ton sampah plastik yang mengambang di laut.

Jawaban ini juga didukung oleh data penelitian dan dampaknya pada hewan laut.

Jadi, tidak hanya memberi ilmu pengetahuan bagi anak, tetapi juga meningkatkan kesadaran si kecil pada lingkungan sekitar.

Setelah membaca semua jawaban dan penjelasan singkat, anak-anak juga bisa menguji kembali pengetahuan mereka melalui kuis seru yang terdapat di halaman-halaman terakhir.

Jenis kuis yang terdapat dalam buku ini antara lain dalam bentuk pilihan ganda, cari dan temukan, melengkapi pernyataan, serta pilihan benar atau salah.

Dengan cara ini, anak tidak hanya diajak untuk membaca dan memahami, tetapi juga melatih ingatan yang tentunya sangat bagus untuk perkembangan si buah hati.

Psst! Akan terbit juga seri lainnya, lho! Judulnya Ensiklopedia Junior Tanya-Jawab: Siapa, ya?; Ensiklopedia Junior Tanya-Jawab: Mengapa, ya?; dan judul-judul lainnya. Jadi, tunggu keseruan lainnya di seri-seri selanjutnya, ya!

Semua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com