Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Yoghurt Bagus untuk Ibu Hamil, Simak Penjelasannya di Sini

Kompas.com - 03/04/2023, 10:00 WIB
Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil
Rujukan artikel ini:
Super food untuk Ibu Hamil
Pengarang: Ide Sehat
Penulis Krisna
|
Editor Puteri

Bagi ibu hamil asupan nutrisi harus sangat diperhatikan karena asupan nutrisi pada ibu hamil bisa memengaruhi kesehatan janin dan juga ibu itu sendiri.

Asupan nutrisi utamanya didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, baik makanan berat maupun ringan.

Makanan berat maupun ringan ini juga harus diusahakan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, misalnya seperti yoghurt dan juga buah-buahan yang menyegarkan.

Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

1. Kaya akan Kalsium

Yoghurt merupakan hasil olahan dari susu sehingga memiliki kandungan kalsium tinggi yang tidak berbeda jauh dengan susu sehingga yoghurt bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendukung asupan kalsium bagi ibu hamil yang kurang suka minum susu terlebih lagi susu khusus untuk kehamilan.

Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil lebih tinggi karena janin mengambil kalsium dari ibunya sehingga jika ibu hamil kekurangan kalsium maka ibu hamil tersebut akan mengalami akibat seperti sering nyeri pada tulang dan persendian.

2. Mengurangi Stres

Pada masa kehamilan, ibu hamil sering kali merasa stres sehingga pengelolaan stres yang baik sangat dibutuhkan salah satunya dengan berolahraga dengan rutin.

Selain berolahraga, ternyata mengonsumsi yoghurt juga dapat membantu meredakan stres pada ibu hamil karena adanya bakteri Bifidobacterium selain dari adanya bakteri Lactobacillus.

3. Menjaga Berat Badan Ibu

Pada masa kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami kenaikan berat badan sebanyak 11 kg-16 kg, sehingga untuk menjaga berat badan mengonsumsi yoghurt merupakan salah satu cara yang enak dan juga mudah.

Kandungan protein pada yoghurt dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama sehingga dapat mengendalikan nafsu makan lebih baik lagi.

4. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Yoghurt mengandung banyak protein, kalori, karbohidrat, dan lemak yang dapat membantu tumbuh kembang janin.

Dengan mendapat kandungan nutrisi yang baik tersebut, maka tumbuh kembang janin akan baik, yaitu meliputi pembentukan tulang, kesehatan jantung, pembentukan otot, dan saraf janin, selain itu juga dapat membantu sistem imun dari janin agar lebih kuat lagi.

5. Memperlancar Pencernaan

Kandungan probiotik pada yoghurt yang mengandung bakteri-bakteri dapat membantu usus menjadi lancar, selain itu bakteri-bakteri pada yoghurt membantu pencernaan secara keseluruhan sehingga penyerapan nutrisi pada pencernaan berjalan lebih baik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penyerapan nutrisi yang baik pada ibu hamil membuat janin juga mendapat nutrisi dengan lancar sehingga membantu janin tetap sehat.

Untuk ibu hamil yoghurt yang dikonsumsi haruslah yoghurt yang memiliki kualitas yang baik sehingga nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Meskipun yoghurt merupakan makanan yang cenderung sehat, namun untuk ibu hamil ada beberapa bahan tambahan pada yoghurt yang harus dihindari.

Simak cara khusus konsumsi yoghurt untuk ibu hamil berikut ini.

Cara Konsumsi Yoghurt untuk Ibu Hamil

  1. Pastikan yoghurt terbuat dari susu yang sudah matang atau dari susu sterilisasi.
  2. Yoghurt yang dikonsumsi lebih baik tidak mengandung perasa atau plain dan juga konsumsi yoghurt yang rendah lemak.
  3. Hindari yoghurt yang memiliki pemanis yang kental sehingga membuat tekstur yoghurt lebih kental.
  4. Yoghurt lebih baik dikonsumsi dengan tambahan kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.
  5. konsumsi yoghurt paling banyak sehari 3 kali dan jangan mengkonsumsi yoghurt lebih dari yang dianjurkan.

Biasanya ibu hamil sering merasa tidak berselera untuk makan, hal ini pula yang sering mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi.

Makanan ibu hamil tidak semuanya memiliki rasa yang tidak enak, buku Super food untuk Ibu Hamil menerangkan bahwa sebenarnya banyak sekali makanan enak yang bisa dinikmati oleh ibu hamil tapi tidak mengesampingkan kandungan nutrisinya.

Dalam buku ini juga terdapat pengetahuan tentang bahan-bahan yang dapat diolah menjadi makanan yang enak dan bernutrisi sehingga dapat dibuat sendiiri dan tentunya menjadikan makanan lebih aman.

Untuk ibu hamil yang vegetarian pun tidak usah cemas apakah nutrisinya cukup atau tidak, dalam buku Seri Sehat Vegetarian Ibu Hamil Vegan, Berbagai Tip Kesehatan Untuk Ibu Hamil terdapat banyak sekali pengalaman-pengalaman dari para ibu hamil vegetarian.

Pembahasannya mulai dari saat kehamilan dari para vegetarian, hingga pascamelahirkan, ketika sang anak tumbuh secara sehat, perkembangan otaknya luar biasa sehat, dan juga pertumbuhan lainnya.

Bahkan banyak anak-anak dari ibu vegetarian yang melebihi tumbuh kembang anak-anak dari ibu yang bukan vegetarian.

Buku Seri Sehat Vegetarian Ibu Hamil Vegan ini membuktikan bahwa pilihan dan selera makanan yang beragam tidak mempengaruhi terhadap tumbuh kembang kehamilan dan sang anak asalkan nutrisi yang dikonsumsi terpenuhi.

Dapatkan kedua buku di atas di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com