Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya bagi Kesehatan Ibu dan Janin

Kompas.com - 02/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Ibu Hamil
Pengarang: Tim Naviri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Menjaga asupan gizi bagi para ibu hamil merupakan hal yang sangat penting terutama bagi kesehatan ibu dan janin.

Mengonsumsi makanan yang bergizi ini dilakukan supaya kebutuhan nutrisi di masa kehamilan bisa tercukupi dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi para ibu hamil untuk memahami dan memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, karena tidak semua makanan itu baik bagi kesehatan para ibu hamil.

Mengonsumsi makanan yang asal-asalan sangat tidak diperkenankan untuk ibu hamil, karena akan sangat memengaruhi kesehatannya dan tumbuh kembang janinnya yang ada dalam kandungan.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan yang memiliki banyak nutrisi dan sangat baik untuk dikonsumsi para ibu hamil.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1. Bayam

Jenis sayuran hijau ini memang terbukti berkhasiat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, khususnya saat masa-masa awal kehamilan.

Bayam ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan asam folat yang merupakan salah satu nutrisi penting dan sangat dibutuhkan pada ibu hamil muda, karena bisa membantu mencegah kelahiran prematur.

Selain itu, asam folat ini juga bisa membantu mencegah adanya masalah pada bayi saat lahir, misalnya anensefali (kecacatan pada saraf bayi) dan spina bifida (kecacatan pada sumsum tulang belakang bayi).

2. Brokoli

Makanan sehat lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil adalah brokoli.

Jenis sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan yang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan seperti kalsium, asam folat, lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk menyerap zat besi, yang nantinya akan membantu menghilangkan sembelit dan mencegah bayi lahir dengan keadaan kekurangan berat badan.

3. Telur

Makanan yang satu ini memang terbukti memiliki banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil, karena satu butir telur ini mengandung protein, selenium, dan vitamin B12.

Menambahkan menu telur ke dalam makanan akan membantu meningkatkan asupan nutrisi yang bisa menjadi sumber protein dan menyediakan asam amino bagi ibu dan bayinya.

Telur juga mengandung 147 mg kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi, tapi jangan lupa untuk memastikan apakah telurnya sudah benar-benar matang saat dikonsumsi.

4. Ikan Salmon

Walaupun memiliki harga yang lumayan mahal, tapi jenis ikan yang satu ini memang terbukti mengandung banyak khasiat dan bahkan dikenal sebagai ikan yang paling baik untuk ibu hamil.

Pasalnya, di dalam tubuh ikan salmon ini biasanya mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif janin di dalam kandungan.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa membantu perkembangan otak bayi, meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi resiko masalah neurologis bagi si kecil di kemudian hari.

Tapi perlu diingat bahwa ikan salmon juga memiliki sedikit kandungan merkuri yang bisa berbahaya bagi janin, jadi tetap batasi dan jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang penting bagi ibu hamil.

Pisang mengandung beragam vitamin, mineral, dan asam folat yang bisa melindungi janin dari kelainan saat lahir.

Selain itu, pisang juga kaya akan kalium dan vitamin B6 yang bisa membantu mengatasi sembelit selama kehamilan, serta bisa membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

6. Biji-bijian

Mengonsumsi kacang dan biji-bijian sangat penting untuk kesehatan untuk ibu dan janin, karena biji-bijian ini mengandung sumber nabati seperti protein, zat besi, serat, dan kalsium yang semuanya dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan.

Selain kacang, jenis biji-bijian lain seperti oatmeal, quinoa, gandum, dan kuaci juga aman untuk dikonsumsi para ibu hamil karena akan berguna bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan.

7. Kurma

Kurma dikenal sebagai makanan yang mengandung folat, zat besi, serat, kalium, dan vitamin K yang sangat baik untuk ibu hamil.

Zat besi yang terkandung di dalam kurma bisa meningkatkan energi dan melawan anemia pada trimester pertama kehamilan, sementara vitamin K ini bisa membantu pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih kuat.

Selain itu, nutrisi lain yang terkandung dalam kurma juga akan membantu meningkatkan fungsi otot dan syaraf para ibu hamil, serta kalium yang akan membantu menjaga pembuluh darat tetap rileks dan menurunkan tekanan darah.

Memastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi memang sangat penting untuk ibu hamil, karena kesehatan ibu dan janin adalah hal yang utama.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap rutin berkonsultasi ke dokter kandungan agar kesehatan ibu dan janin tetap terus terpantau sampai masa persalinan tiba.

Selain asupan makanan, ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil, dan untuk mengetahuinya kamu bisa membaca Buku Pintar Ibu Hamil yang ditulis oleh Tim Naviri.

Bagi wanita yang baru pertama kali merasakan kehamilan, pasti belum memahami bagaimana caranya menghadapi dan menjalani masa kehamilannya.

Dalam buku ini kamu akan diberikan banyak ilmu baru mengenai cara menjaga kesehatan, cara mengatur pola makan yang sehat, cara melihat pertumbuhan janin, dan cara untuk menangani masalah tertentu yang terjadi selama kehamilan.

Bukan hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan kamu beberapa tips yang penting bagi ibu hamil seperti tips mengatasi mual, tips mengatasi rasa nyeri pada pinggang, tips memilih dokter kandungan yang tepat, dan masih banyak lagi.

Semua informasi yang ditulis dalam buku ini akan sangat membantu para calon ibu untuk bisa menjalani masa kehamilannya dengan baik dan sehat.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com