Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkatkan Kualitas Gizi Anak Melalui Diskusi “Ibu, Pahlawan Gizi Keluarga” bersama dr. Meta Mommyclopedia

Kompas.com - 21/12/2021, 11:00 WIB
Dok : Gramedia Pustaka Utama
Rujukan artikel ini:
Mommyclopedia 567 Fakta Tentang Mpasi
Pengarang: DR. META HANINDITA, SP.A(K)
|
Editor Ratih Widiastuty

Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember mengingatkan kita akan pentingnya sosok ibu dalam keluarga.

Sebagai penyokong utama gizi keluarga, para ibu perlu terus memperbarui pengetahuan terkait nutrisi anak, khususnya bayi dan batita, yang memerlukan perhatian khusus.

Hal inilah yang mendorong penerbit Gramedia Pustaka Utama bekerja sama dengan KG Media untuk mengadakan gelar wicara “Ibu, Pahlawan Gizi Keluarga” bersama penulis seri parenting best seller MOMMYCLOPEDIA, Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K). Acara ini akan disiarkan melalui Instagram @bukugpu, @kompastv, dan @tribunnews pada Rabu (22/12) pukul 16.00-17.00 WIB.

“Melalui seri Mommyclopedia, dr. Meta telah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar gizi dan tumbuh kembang anak bagi lebih dari 250.000 ibu di Indonesia.

Dengan prestasi ini, kami rasa tepat mengundang dr. Meta untuk membagikan ilmunya seputar gizi anak di Hari Ibu tahun ini.

Profil dr Meta Herdiana Hanindita , SP.A(K)

Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K) merupakan dokter spesialis anak yang menamatkan pendidikan kedokteran di Universitas Airlangga, Surabaya.

Dokter anak yang juga berprofesi sebagai konselor laktasi ini dikenal luas sebagai pembicara di berbagai acara kesehatan.

Berbagai penghargaan diraihnya, baik dari dalam maupun luar negeri, antara lain: Young Investigator Award European Pediatric Society of Gastroenterology, Hepatology and Nutrition 2018, Young Researcher Award 2016 (Makassar, Indonesia), Young Investigator Award 2018 (ESPGHAN, Jenewa, Swiss), Travel Scholarship Award 2018 (SSIEM, Atena, Yunani), Young Investigator Award 2020 (ESPGHAN, Kopenhagen, Denmark), serta Penghargaan dari IKAPI tahun 2020 untuk Kategori Writer of the Year.

Mommyclopedia, Buku Seri Parenting Yang Menjadi Best Seller

Istilah Mommyclopedia yang digunakan dr. Meta sebagai judul seri buku parenting yang ia tulis dimaksudkan agar buku-buku ini dapat menjadi panduan yang mudah dipahami bagi ibu-ibu yang sedang membesarkan anak.

Terbukti setelah buku pertama, Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 Tahun) dan buku kedua Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita (1-3 Tahun) yang terbit pada 2016 dan 2017, seri ini berhasil menjadi buku laris di kategori parenting.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lewat pemaparan yang singkat dan jelas, serta dilengkapi banyak ilustrasi yang menarik, informasi yang disampaikan dalam kedua buku ini membuat hari-hari merawat dan mengasuh bayi semakin menyenangkan.

Tiga buku berikutnya membahas fakta-fakta tentang ASI dan MPASI, yaitu Mommyclopedia: 456 Fakta tentang ASI dan Menyusui, Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI, dan Mommyclopedia: Tanya-Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama.

Ketiganya merangkum pertanyaan dan jawaban yang sering muncul seputar nutrisi di seribu hari pertumbuhan pertama anak, khususnya terkait ASI dan MPASI, yang biasanya diajukan oleh orangtua.

Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, buku-buku ini merupakan panduan yang tepat untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak agar menjadi pribadi yang sehat dan cerdas.

Tidak cukup dengan lima buku, dr. Meta kemudian membagikan resep-resep MPASI yang lezat, bergizi, dan mudah dibuat dalam Mommyclopedia: 78 Resep MPASI.

Resep-resep ini ditujukan bagi anak berusia 6−8 bulan, 9−11 bulan, dan 12−23 bulan.

Selain makanan utama, terdapat pula beberapa resep camilan anak yang menggugah selera.

Kepopuleran buku ini menjadikannya Mega Best Seller hanya dalam waktu kurang dari satu bulan sejak pertama kali diterbitkan pada Juni 2020.

Lebih dari 100.000 ibu telah mendapat manfaat dari resep-resep yang disajikan di buku ini.

“Kiprah dr. Meta untuk menjadikan ibu-ibu di Indonesia pahlawan gizi bagi anak-anak dan keluarga lewat bacaan saat ini menjadi krusial.

Di tengah isu stunting yang tengah menghantui masyarakat, buku-buku Mommyclopedia dapat menjadi referensi valid untuk membantu meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak-anak di Indonesia, sehingga tidak mencari informasi dari sumber-sumber yang belum terbukti kredibilitasnya,” tambah Andi.

Selain sibuk berpraktik, dr. Meta saat ini juga sedang mempersiapkan perilisan buku ketujuh dari seri Mommyclopedia.


Buku yang diberi judul Mommyclopedia: 89 Resep Makanan Anak 2-5 Tahun ini dijadwalkan terbit pada Januari 2022 dan bisa didapatkan di seluruh toko buku Gramedia dan www.gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com