Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Kehamilan yang Bisa Menjadi Panduan untuk Para Calon Ibu

Kompas.com - 11/02/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Ibu Hamil
Pengarang: Tim Naviri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kehamilan merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan adanya perkembangan janin di dalam rahim perempuan, yang berasal dari proses pertemuan sel telur dan sperma di dalam lapisan rahim.

Janin ini biasanya tumbuh di rahim ibu dan dilahirkan sekitar 38 minggu setelah pembuahan, atau dalam beberapa kasus juga bisa sampai usia 42 minggu, tergantung dari keadaan ibu dan janin itu sendiri.

Untuk periode kehamilannya sendiri dibagi menjadi tiga trimester.

Trimester pertama biasanya dihitung saat tiga bulan pertama masa kehamilan.

Masa ini menjadi masa yang sangat beresiko karena banyak ibu hamil yang mengalami keguguran atau cacat pada organ bayi, sehingga para calon ibu harus rutin untuk memeriksa kandungan.

Trimester kedua dihitung sejak empat sampai enam bulan masa kehamilan.

Masa ini ditandai dengan tumbuhnya janin dan calon ibu sudah bisa merasakan pergerakan pertama janin, serta bisa melihat janin di dalam rahim menggunakan peralatan medis yang canggih.

Trimester ketiga terhitung sejak tujuh bulan sampai hari kelahiran anak, ditandai dengan perkembangan janin secara sempurna dan siap untuk dilahirkan.

Tapi dalam beberapa kasus, ada banyak hal yang bisa terjadi pada calon ibu di masa kehamilannya.

Oleh karena itu, para calon ibu juga harus sering-sering membaca informasi yang bisa menjadi panduan mereka di masa kehamilan, demi melahirkan anak-anak yang bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

Berikut adalah lima rekomendasi buku mengenai kehamilan yang bisa menjadi referensi bacaan untuk para calon ibu.

5 Rekomendasi Buku Tentang Kehamilan

1. Buku Pintar Ibu Hamil – Tim Naviri

Tidak semua wanita paham bagaimana caranya menghadapi dan menjalani masa kehamilannya, terutama bagi mereka yang baru merasakan kehamilan untuk pertama kalinya.

Buku ini akan lebih fokus membahas hal-hal yang mendasar mengenai kehamilan, seperti cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, cara mengatur pola makan yang sehat, cara melihat pertumbuhan janin, dan cara untuk mengenali serta menghindari masalah yang terjadi selama kehamilan.

Selain itu, buku ini juga akan membahas tips-tips yang bisa kamu lakukan selama masa kehamilan, seperti tips mengatasi mual, tips mengatasi nyeri pinggang saat hamil, tips memilih dokter kandungan, dan masih banyak lagi.

Semua informasi dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, sehingga membantu para calon ibu untuk bisa menjalani masa kehamilannya dengan baik.

2. Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat – dr. Irfan Rahmatullah

Walaupun hanya calon ibu yang menjalani proses kehamilan dan persalinan, tapi para calon ayah sebenarnya juga harus ikut andil dalam proses ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku ini akan memberikan banyak informasi mengenai proses kehamilan dan apa saja yang harus dipersiapkan oleh para calon ayah untuk menyambut kehadiran buah hatinya.

Tidak hanya itu, buku yang terdiri dari beragam ilustrasi dan infografis ini juga akan menjawab berbagai pertanyaan seputar kehamilan dan persalinan yang sangat bermanfaat bagi para calon ibu dan calon ayah.

3. Anti Panik Menjalani Kehamilan – Tiga Generasi

Bagi para calon ibu yang baru saja merasakan kehamilan, pasti akan sering dilanda kepanikan karena ketidaktahuan mengenai berbagai mitos yang biasanya beredar di masyarakat.

Nah, lewat buku ini, penulis akan membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kehamilan, lengkap dengan bekal pemahaman dan wawasan yang membuat para calon ibu terhindari dari rasa panik yang berlebihan.

Tidak hanya dokter, tapi para psikolog juga akan turut andil dalam memberikan banyak wawasan dalam buku ini, sehingga membuat isi dalam buku ini menjadi semakin valid dan mampu membantu proses kehamilan para ibu berjalan dengan baik.

4. 1000 Hari Emas Pertama dari Persiapan Kehamilan Sampai Batita – Nurul Laily Hidayati

Kualitas kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan seorang anak sangat dipengaruhi oleh masa emas yang dimulai saat masa kehamilan sampai anak berusia dua tahun.

Buku ini akan membahas berbagai hal mengenai masa 9 bulan kehamilan, masa ASI eksklusif, dan masa MPASI saat anak berusia 2 tahun.

Para calon ibu memang harus memahami bahwa apa yang mereka lakukan akan sangat berpengaruh pada calon buah hatinya kelak.

Oeh karena itu, lakukanlah hal-hal yang terbaik untuk memperkecil kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon ibu untuk bisa mempersiapkan perkembangan kesehatan sang buah hati dengan sebaik-baiknya.

5. Five in One The Series of Pregnancy Panduan Terlengkap Kehamilan Seputar Kehamilan – Nurul Chomaria, S,Psi

Buku ini terdiri dari lima bab yang berisi persiapan kehamilan, seputar kehamilan, makanan sehat seimbang untuk ibu hamil, olahraga yang aman bagi ibu hamil, dan cara melahirkan tanpa rasa sakit.

Dengan banyaknya buku yang membahas mengenai kehamilan, buku ini akan menjadi pelengkap informasi yang sangat bermanfaat para calon ibu yang mungkin tidak memiliki latar belakang ilmu kedokteran.

Selain itu, buku ini juga akan membahas mengenai hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan, dan persiapan yang harus dilakukan menjelang persalinan, yang akan sangat membantu para calon ibu dalam mempersiapkan dan meningkatkan kualitas generasi penerusnya kelak.

Untuk bisa memiliki buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com dan membeli versi e-book-nya melalui Gramedia Digital.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk segera dapatkan vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com