Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Gaya Hidup Sehat agar Lebih Bahagia

Kompas.com - 08/12/2021, 11:13 WIB
Sumber Gambar : Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Finding Sisu: Hidup Sehat Dan…
Pengarang: Katja Pantzar
|
Editor Novia Putri Anindhita

Seberapa sehat Anda? Apakah Anda sudah memiliki pola makan yang sehat? Apakah Anda berolahraga secara teratur? Apakah Anda minum air putih minimal delapan gelas sehari? Apakah kebutuhan tidur harian Anda sudah tercukupi?

Tahukah Anda bahwa lebih dari 70% orang Amerika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan?

Pikirkan tubuh Anda seperti cangkang yang membawa dan melindungi hidup. Jika Anda berulang kali menyalahgunakannya, cangkang Anda akan cepat rusak.

Hidup itu indah dan tentunya Anda tidak ingin membebani diri Anda dengan masalah kesehatan yang tidak perlu, bukan?

Saat ini mungkin organ vital Anda bekerja dengan baik, tetapi entah untuk besok atau lusa, maka jangan anggap remeh kesehatan Anda.

Kesehatan yang baik bukan hanya tentang makan sehat dan olahraga, tetapi juga tentang memiliki sikap positif, citra diri yang positif, dan gaya hidup yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun gaya hidup sehat agar lebih bahagia. Baca juga terkait Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat disini!

3 Tips Memulai Gaya Hidup Sehat

1. Minum Air Lebih Banyak

Tahukah Anda bahwa lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air? Maka dari itu air sangat penting bagi tubuh kita

Air mineral sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh seperti membuang hasil ekskresi, dan membawa gizi serta oksigen ke seluruh tubuh kita.

Karena kita kehilangan air setiap hari melalui urin, buang air besar, keringat, dan pernapasan, kita perlu mengisi kembali asupan air bagi tubuh kita.

Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor, di antaranya aktivitas fisik dan berat badan Anda. Dikutip dari luvne.com, umumnya kita membutuhkan asupan air sebanyak 2,7-3,7 liter per hari.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi, bisa dilihat melalui warna urin, apakah sedikit kuning atau tidak.

Jika tidak, seperti kuning tua atau bahkan oranye, maka tubuh Anda kurang mendapatkan cukup air. Minumlah air terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Tidur yang Cukup

Jika Anda mengalami kekurangan jam tidur, hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung atau disebut aritmia, gagal jantung, maupun serangan jantung.

Tidur adalah kegiatan yang begitu penting karena berperan dalam menjaga kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung.

Di sisi lain, kurang tidur menyebabkan penuaan dini yang tentu saja hal ini adalah hal yang tidak Anda inginkan.

3. Olahraga yang Seimbang

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk penurunan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi, dan penurunan berat badan.

Tingkatkan aktivitas fisik dalam keseharian Anda misalnya dengan memilih berjalan kaki, naiki tangga daripada naik lift, bergabung dengan kelas aerobik, dan lain sebagainya.

Anda juga perlu secara khusus melatih berbagai bagian tubuh Anda, jangan hanya melakukan kardio seperti jogging saja.

Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan latihan tubuh yang baik misalnya mendaki, berenang, bermain bola basket, hingga yoga. Baca selengkapnya terkait Manfaat Bersepeda di Pagi Hari.

Demi membangun gaya hidup yang lebih sehat, membaca buku Finding Sisu: Hidup Sehat dan Seimbang ala Orang Finlandia karya Katja Pantzar mungkin akan memberikan Anda inspirasi bagaimana menjalani gaya hidup sehat.

Buku ini memaparkan tentang gaya hidup sehat ala orang Finlandia yang tak bisa dipisahkan dari “sisu”.

Sisu adalah istilah yang berarti kekuatan kemauan khas orang Finlandia, tekad untuk tidak menyerah atau pantang untuk mengambil jalan pintas.

Perilaku yang terinspirasi dari sisu mencakup gerakan sebagai obat, yakni dengan berjalan, bersepeda, dan berenang setiap hari adalah penangkal penyakit yang efektif.

Kemudian terapi hutan dimana tidak ada yang bisa menggantikan perasaan damai yang timbul dari kegiatan menyatu dengan alam yang dilakukan secara rutin

Lalu yang cukup unik adalah “Minimalisme Nordik” yang merupakan konsep bahwa sedikit itu lebih baik, sebagai perwujudan gagasan kesetaraan dan akses untuk semua orang.

Buku ini cukup mudah untuk dipahami dan sangat menginspirasi. Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com