Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Rekomendasi Buku tentang Kehamilan yang Bisa Kamu Baca sebagai Calon Ibu

Kompas.com - 09/02/2022, 13:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
#Bebastakut Hamil dan Melahirkan
Pengarang: Yesie Aprillia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Menjalani masa kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah.

Kamu mungkin akan sering mengalami mual, badan menjadi mudah pegal, tidak bisa beraktivitas secara optimal seperti biasanya, dan harus tetap menjaga kebutuhan nutrisi untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Saat ini, selain melalui konsultasi dengan dokter, kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai kehamilan melalui internet dan dengan membaca buku.

Bagi kamu para calon ibu, berikut adalah rekomendasi buku yang bisa kamu baca selama menjalani masa kehamilan.

Buku tentang Kehamilan

1. #Bebastakut Hamil dan Melahirkan

Yesie Aprilia sebagai penulis merupakan seorang bidan yang telah berpengalaman dalam mendampingi ibu hamil dan melahirkan.

Melalui buku ini, Yesie ingin membagikan betapa pentingnya bagi seorang ibu untuk mempersiapkan proses persalinannya dengan bahagia.

Hal ini dikarenakan perasaan bahagia yang dirasakan oleh sang ibu nantinya bisa mengurangi rasa sakit yang dialami ketika mengalami kontraksi.

Selain memberikan panduan untuk menjalani kehamilan dengan bahagia, penulis juga menyertakan persiapan untuk persalinan dengan melampirkan teknik yoga yang bisa membantu membuka jalan lahir.

Kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kamu dan janin sesuai dengan usia kehamilan, pengetahuan tentang gentle birth, persiapan bagi suami dan pendamping untuk mendukung kenyamanan istri yang akan melahirkan, serta cara memilih persalinan yang sesuai dengan keinginan.

Buku ini juga dilengkapi dengan coloring booklet yang akan membantu kamu untuk menghilangkan perasaan takut dan siap untuk menyambut kedatangan sang buah hati.

2. Hamil Tanpa Galau

Buku ini akan membantu kamu untuk menepis mitos dan hal-hal yang bisa membuat kamu galau ketika menjalani masa kehamilan.

Saat hamil, kamu akan mengalami banyak perubahan, seperti bentuk tubuh, mood, hormon, hingga emosi, yang kemungkinan akan membuat kamu galau karena belum pernah mengalaminya sebelumnya.

Selain itu, kamu juga mungkin merasa takut karena mendengar banyak mitos seputar kehamilan yang membuat kamu khawatir dan menjadi tidak tenang.

Ditulis oleh redaksi Teman Bumil, buku ini akan menjembatani kamu untuk memperoleh informasi yang lengkap dan bermanfaat untuk mempersiapkan kehamilan sampai dengan saat persalinan.

Buku Hamil Tanpa Galau akan mengulas secara mendalam mengenai mitos yang seringkali beredar, diikuti dengan pembahasan bagaimana fakta yang sebenarnya.

3. Because This is My Baby’s First Journey

Ditulis oleh Tim Chai’s Play yang beranggotakan para ahli pendidikan anak usia dini (PAUD), buku ini akan membantu kamu dalam mengenali dan memahami perjalanan tumbuh kembang bayi yang baru lahir hingga berusia 24 bulan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku ini akan cocok kamu baca jika kamu baru pertama kali mengalami kehamilan, sehingga kamu bisa memiliki bayangan tentang bagaimana cara mengasuh dan memperlakukan bayi yang baru lahir nantinya.

Melalui buku ini, tim penulis menekankan betapa pentingnya masa kecil seorang anak dalam memengaruhi tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, penting juga bagi calon ibu untuk memahami tahap demi tahap dalam masa tumbuh anak, sehingga anak bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan kamu informasi dan tips mengenai permainan yang bisa kamu mainkan bersama dengan buah hati, beserta lebih dari 150 tips stimulus yang sesuai dengan usia si kecil.

Tips-tips stimulus ini meliputi toilet training, ide sensory playing, dan masih banyak lagi yang bisa kamu terapkan dengan mudah di rumah.

4. Hari-Hari Hepi Ibu Hamil

Ketika kamu sedang berada di masa kehamilan, kamu memiliki waktu sekitar 280 hari untuk menikmati masa-masa tersebut.

Buku ini akan menjadi panduan kamu untuk menjalani masa kehamilan dengan lebih menyenangkan dan menyehatkan, sekaligus menjadi album untuk mengabadikan momen-momen kebahagiaan tersebut.

Melalui buku ini, penulis membagikan berbagai rekomendasi aktivitas menyehatkan yang bisa kamu terapkan saat menjalani 9 bulan masa kehamilan.

Menjaga kebahagiaan bagi calon ibu merupakan hal yang penting dan krusial, karena ibu hamil yang bahagia akan melahirkan anak yang ceria pula.

5. Prenatal Gentle Yoga

Bagi kamu yang tetap ingin aktif melakukan yoga meskipun sedang menjalani masa kehamilan, buku ini akan memberikan kamu informasi bagaimana melakukan yoga yang benar selama masa kehamilan.

Hal ini dikarenakan yoga di masa kehamilan memiliki teknik yang berbeda dengan yoga di hari-hari biasa.

Latihan prenatal gentle yoga ini dirancang khusus bagi ibu hamil untuk mempersiapkan kamu secara fisik, mental, dan spiritual saat menghadapi persalinan nanti.

Dengan membaca buku ini, penulis berharap para calon ibu bisa melahirkan bayi dengan aman, nyaman, dan juga minim trauma.

Nah, itulah kelima rekomendasi buku tentang kehamilan yang bisa kamu baca sebagai calon ibu.

Jika tertarik, kamu bisa mendapatkan buku-buku ini dengan mudah melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com