Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Makanan yang Disukai Para Ibu Hamil Anak Laki-Laki? Cari Tahu Di Sini Yuk!

Kompas.com - 16/10/2022, 16:00 WIB
Makanan yang Disukai Ibu Hamil Anak Laki-Laki Sumber Gambar: Freepik.com Makanan yang Disukai Ibu Hamil Anak Laki-Laki
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Ibu Hamil
Pengarang: Tim Naviri
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat hamil, sudah seharusnya para ibu menjaga dan menerapkan pola hidup yang sehat, termasuk dalam urusan memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Makanan memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, terutama pada masa awal kehamilan.

Untuk kehamilan yang sehat, para ibu harus berusaha mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, yang tentunya melibatkan protein, karbohidrat, serta lemak, ini juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan pada si bayi saat lahir nanti.

Tidak hanya itu, makanan yang dikonsumsi para ibu hamil juga sering dianggap sebagai salah satu faktor yang bisa mempengaruhi jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan.

Lalu, apa saja makanan yang biasanya disukai para ibu hamil saat tengah mengandung anak laki-laki? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Makanan yang Disukai Ibu Hamil Anak Laki-Laki

1. Pisang

Salah satu makanan yang disukai para ibu hamil adalah buah pisang, karena selain memiliki rasa yang manis, buah pisang juga memiliki kandungan yang bergizi untuk ibu hamil.

Buah pisang mengandung banyak serat, vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, sering mengonsumsi buah pisang juga dipercaya bisa menjadi tanda bahwa si ibu hamil tengah mengandung anak laki-laki.

2. Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C terbaik yang mampu memperbaiki sistem pencernaan sekaligus membantu menjaga fungsi hati.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk juga banyak dipercaya bisa membantu para ibu hamil yang ingin mendapatkan anak laki-laki.

3. Kue Asin

Menurut beberapa penelitian, mengonsumi banyak makanan yang mengandung cita rasa asin bisa memperbesar peluang para ibu yang ingin memiliki anak laki-laki.

Beberapa makanan yang bercita rasa asin ini, seperti kue asin, popcorn, sup, kacang macadamia, edamame, dan masih banyak lagi.

Namun, harus dipahami bahwa mengonsumsi makanan yang terlalu asin secara berlebihan juga bisa membahayakan masa kehamilan terutama bagi si janin di dalam kandungan.

4. Jamur

Jamur adalah salah satu jenis sayuran yang digemari masyarakat Indonesia dan sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti tumis, pepes, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki cita rasa yang gurih, jamur juga mengandung banyak sumber mineral dan vitamin, seperti kalium, vitamin D, selenium, dan vitamin B.

Setiap kandungan tersebut dikenal memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kandungan selama kehamilan sekaligus meningkatkan kemungkinan lahirnya anak laki-laki.

5. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu makanan yang juga disukai oleh para ibu hamil yang tengah mengandung bayi laki-laki.

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan, sekaligus juga dianggap membantu ibu hamil yang ingin memiliki anak laki-laki.

Tidak hanya itu, sering mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah atau jus juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motorik bayi saat lahir nanti.

Itu dia beberapa makanan yang biasanya disukai oleh para ibu hamil yang sedang mengandung dan mendambakan anak laki-laki.

Selain makanan, sebenarnya masih ada beberapa ciri-ciri lain yang bisa menunjukkan kalau si ibu hamil tengah mengandung anak laki-laki.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

1. Perut Menonjol di Bagian Bawah

Berbeda dengan kehamilan anak perempuan yang lebih suka menempel di perut bagian atas, kehamilan anak laki-laki justru sebaliknya.

Posisi janin laki-laki biasanya cenderung berada di bagian bawah atau menempel pada rahim ibu di bagian bawah atau tengah, jadi saat dilihat dari luar, posisi perut si ibu akan lebih menonjol di bagian bawah.

2. Peningkatan Berat Badan Secara Drastis

Perempuan yang sedang mengandung anak laki-laki biasanya akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

Ibu hamil yang mengandung anak perempuan biasanya akan tetap terlihat ramping seperti biasa, tapi bagi para ibu hamil anak laki-laki, berat badan mereka akan naik secara drastis sampai lebih dari 10 kg.

3. Malas Membersihkan Diri

Ibu hamil yang tengah mengandung anak laki-laki biasanya juga akan terbawa oleh hormon laki-laki yang membuatnya menjadi malas membersihkan diri, bahkan untuk sekadar cuci muka saja.

Selain itu, para ibu yang hamil anak laki-laki juga cenderung memiliki wajah yang muram dan kurang berseri-seri, berbanding terbalik dengan para ibu hamil yang memiliki anak perempuan.

4. Malas Memasak

Selain malas membersihkan diri, para ibu hamil yang mengandung anak laki-laki juga biasanya akan cenderung malas memasak dan menyentuh dapur, mereka lebih suka membeli makan di luar, gejala ini biasanya muncul pada usia 4 bulan kehamilan atau lebih.

5. Suka Makanan Berkalori Tinggi

Peningkatan berat badan yang drastis pada ibu hamil anak laki-laki bisa saja disebabkan oleh hal ini.

Para ibu hamil yang mengandung anak laki-laki biasanya sangat menyukai makanan berkalori tinggi, seperti daging, berbagai macam seafood, dan sayur-sayuran yang memang terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Dari sekian banyaknya makanan yang dipercaya bisa membantu untuk meningkatkan kemungkinan memiliki anak laki-laki, para profesional kesehatan sebenarnya tidak menganjurkan para ibu hamil untuk mengubah pola makan secara drastis hanya untuk memenuhi harapannya memiliki anak laki-laki.

Pada dasarnya, tidak semua perempuan paham bagaimana caranya menghadapi dan menjalani masa kehamilan, terutama bagi mereka yang baru merasakan kehamilan untuk pertama kalinya.

Untuk mengatasi hal ini, para ibu hamil bisa mencoba menambah wawasan dengan membaca Buku Pintar Ibu Hamil yang ditulis oleh Tim Naviri.

Buku ini fokus membahas hal-hal mendasar mengenai kehamilan seperti cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, cara mengatur pola makan yang sehat dan bergizi, cara memperhatikan pertumbuhan janin, serta cara mengatasi dan menghindari permasalahan selama kehamilan.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan memberikan beberapa tips yang penting untuk diketahui para ibu hamil seperti tips mengatasi mual, tips mengatasi nyeri pinggang, tips memilih dokter kandungan yang tepat, dan masih banyak lagi.

Semua informasi yang terdapat dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan sederhana, sehingga bisa lebih mudah dimengerti oleh para ibu hamil.

Segera dapatkan bukunya dengan checkout melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com