Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Cara agar Kandungan Sehat yang Wajib Diketahui oleh Para Ibu Hamil

Kompas.com - 05/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Ibu Hamil
Pengarang: Tim Naviri
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjaga kandungan, terutama sejak kehamilan muda merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh para ibu hamil agar janin senantiasa sehat hingga saat kelahirannya nanti.

Kesehatan kandungan serta janin ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, namun dua hal yang paling utama adalah pola hidup dan juga pola pikir dari ibu hamil.

Ibu yang sedang hamil dituntut untuk bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keluhan-keluhan yang sering kali dirasakan saat fase kehamilan, seperti merasa mual, pusing, sering buang air kecil, dan lain-lain.

Keluhan-keluhan ini bisa terjadi disebabkan karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang terjadi saat memasuki masa kehamilan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kandungan selama kamu menjalani kehamilan.

Cara agar Kandungan Sehat hingga Saat Persalinan

1. Periksa Kehamilan Secara Rutin

Idealnya ibu hamil perlu mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan, setidaknya sebanyak 8 kali selama masa kehamilan.

Pemeriksaan rutin tiap bulan ini merupakan hal yang penting agar dokter yang merawat kamu bisa membantu mempersiapkan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kandungan hingga menjelang persalinan.

Jika ada sesuatu yang terjadi pada kandungan atau janin, dokter pun bisa segera mengetahuinya dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh ibu hamil.

Intensitas pemeriksaan ini bisa bertambah menjadi dua minggu sekali saat memasuki usia 7 – 8 bulan kehamilan dan semakin sering saat menginjak usia 9 bulan.

Namun, terdapat kemungkinan kamu diwajibkan untuk lebih sering kontrol dan menemui dokter kandungan jika kamu memiliki riwayat penyakit, seperti asma, diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, dan lain-lain.

Selalu tanyakan kepada dokter kapan kamu perlu kembali untuk melakukan pemeriksaan lagi dan buat pengingat di kalender atau ponsel agar kamu tidak melewatkannya.

2. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi selama menjalani kehamilan tentu memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan janin yang berada di dalam kandungan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan makanan yang kamu makan setiap hari dan memastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin, protein, kalsium, dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk menunjang kehamilan yang sehat, kamu membutuhkan 300 kalori ekstra selama 6 bulan pertama saat kamu mengandung.

Asupan nutrisi ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter kandungan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan untuk selalu makan makanan yang telah dimasak dengan sempurna agar terhindar dari bakteri yang bisa membahayakan janin atau calon bayi.

Kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi jenis-jenis ikan tertentu yang tinggi akan merkuri, seperti ikan tuna dan ikan sarden.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, kamu pun perlu berhenti dari kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rokok untuk mengurangi risiko mengalami keguguran, kelahiran prematur, cacat lahir, dan lain-lain.

3. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara rutin selama masa kehamilan bisa memberikan banyak manfaat terhadap ibu hamil, di antaranya mencegah dan meringankan rasa sakit atau nyeri selama masa kehamilan, mengurangi stres saat hamil, membangun kekuatan untuk mempersiapkan persalinan, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat menjalani masa kehamilan, yaitu seperti jalan cepat, berenang, yoga, pilates, dan senam kegel atau senam latihan otot panggul.

Hindari jenis olahraga yang terlalu berat dan memberikan tekanan berlebih pada otot atau persendian.

Meskipun memiliki banyak dampak positif yang akan kamu rasakan, namun lakukan olahraga dengan sewajarnya dan jangan sampai memaksakan diri.

4. Istirahat yang Cukup

Pada beberapa bulan pertama saat masa kehamilan, kamu akan merasa mudah lelah dan kehabisan energi yang disebabkan karena tingginya kadar hormon kehamilan di dalam tubuh.

Hal ini sekaligus juga menjadi cara bagi tubuh untuk memberikan sinyal dan memberitahu ibu hamil agar mengurangi aktivitas serta menambah intensitas waktu beristirahat.

Jika kamu mengalami sakit punggung saat hendak tidur, cobalah untuk memiringkan tubuh ke sebelah kiri dengan posisi lutut ditekuk.

Nah, itulah tips-tips yang wajib kamu ketahui sebagai ibu hamil untuk bisa menjaga kandungan agar selalu sehat.

Buku Pintar Ibu Hamil yang ditulis oleh Tim Naviri bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri dan memperoleh berbagai pengetahuan mengenai kehamilan.

Pembahasan terkait hal-hal penting dan mendasar sejak sebelum, selama, dan sesudah kehamilan, ditulis secara lengkap dengan bahasa yang ringan sehingga mudah untuk dipahami.

Melalui buku ini, tim penulis berharap agar para ibu hamil bisa mempersiapkan kehamilan, menjaga kesehatan tubuh serta janin, mengetahui pola makan yang sehat selama kehamilan, juga dapat mengenali dan menghindari masalah-masalah kehamilan.

Selain itu, di dalam buku ini juga dibagikan berbagai macam tips, seperti tips memilih dokter kandungan, tips untuk mengatasi mual, nyeri pinggang dan sesak nafas, hingga tips perawatan kebugaran dan kecantikan selama kehamilan.

Ditemani buku ini sebagai panduan, kamu akan lebih bisa menjalani kehamilan dengan baik dan sehat, serta melahirkan calon buah hati dengan lancar dan selamat.

Kamu bisa mendapatkan buku Buku Pintar Ibu Hamil ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com