Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lama Berkarya, Berikut Deretan Penghargaan yang Pernah Didapatkan Oleh EXO

Kompas.com - 23/03/2023, 06:30 WIB
penghargaan exo Sumber: soompi.com penghargaan exo
Rujukan artikel ini:
EXO: We Are Still One!
Pengarang: Kang Jiae
|
Editor Rahmad

EXO menjadi salah satu boy group Korea Selatan yang awal debutnya di tahun 2012. EXO adalah boy group Korea Selatan- Tiongkok yang berbasis di Seoul.

Pada saat debut pertama kali, EXO memilih 12 member yang terbagi ke dalam 2 grup, yaitu EXO-K dan EXO-M. grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pertamanya di tahun 2012.

Kemudian, di tahun 2015, 3 member Exo memutuskan untuk hengkang. Ketiga member EXO tersebut adalah member yang berasal dari China, yaitu Kris, Tao, dan juga Luhan.

Setelah sekian lama berkarir di bidang K-Pop, boyband EXO akhirnya berhasil meraih banyak penghargaan. Maka, berikut ini adalah penghargaan yang pernah diterima oleh EXO.

Penghargaan yang Berhasil Didapatkan Oleh EXO

1. Best New Asian Group di Mnet Asian Music Award 2012

Baru saja debut, EXO berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best New Asian Group di Mnet Asian Music Awards 2012 dengan kategori “Best New Male Artist Award”.

Penghargaan yang didapatkan oleh EXO ini bisa dikatakan sebagai penghargaan pertama yang diterima oleh EXO.

2. HIMAF 2013

Penghargaan selanjutnya yang didapatkan oleh Exo adalah penghargaan di tingkat negara dan Asia yang akhirnya berhasil membuat EXO bisa menaiki tangga ke tingkat dunia.

Di tahun 2013 EXO juga berhasil mendapatkan sebuah penghargaan dari Hawaii International Music Award Festival.

3. Top Chinese Music Billboard Newcomers Award 2013

Setelah mendapatkan penghargaan di Hawaii, di tahun yang sama, EXO juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Top Chinese Music Billboard Newcomers Award yang digelar di Beijing, Cina.

Pada acara ini, EXO berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Most Popular Group dan Group of The Year.

4. Exo from Exoplanet #1 - The Lost Planet

Berhasil menggelar konser pertamanya, EXO akhirnya Kembali mencatat rekor karena tiket untuk konser yang mereka buat, berhasil habis hanya dalam waktu 1,47 detik saja.

Konser yang diselenggarakan di Olympic Gymnastics Arena ini ternyata memiliki banyak peminat.

5. EXO CBX- Mendapatkan Penghargaan Best Asian Style in Japan

EXO-CBX adalah sub unit dari grup EXO yang berhasil memperoleh penghargaan sebagai Best Asian Style in Japan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penghargaan ini diberikan pada 29 november 2017 pada hari kedua acara MAMA 2017 diselenggarakan.

6. Album of The Year ke-5 di Acara MAMA

Bukan sekali saja EXO mendapatkan penghargaan Album of The Year. EXO akhirnya berhasil mempertahankan penghargaannya untuk kategori Album of The Year selama 5 tahun berturut-turut.

7. Mwave Global Fan's Choice

Penghargaan Mwave Global Fan's Choice yang ada pada gelaran MAMA 017, menjadi bukti bahwa popularitas dari EXO sebagai boyband masih sangat besar di tengah gempuran grup-grup baru yang sedang bermunculan.

8. Most Daesang MAMA 2018

Di tahun 2018, EXO dinobatkan sebagai grup yang meraih penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) terbanyak dan juga dicatat oleh Guinness World Records.

9. Seoul Music Awards 2020

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2020. 4 dari 14 nominasi yang diperlombakan ini dimenangkan oleh EXO.

Keempat penghargaan tersebut adalah Bonsang (Penghargaan utama), QQ Music Popular K-Pop Artist Award, Popularity Award, dan Hallyu Star Award.

Nah, itulah sederet penghargaan yang pernah diterima oleh boy grup EXO yang memiliki banyak penggemar dari berbagai penjuru dunia.

Untuk kamu para EXO-L, jangan sampai melewatkan untuk membaca buku EXO: We Are Still One!

Di dalam buku ini, kamu akan diajak untuk berkenalan dengan EXO lebih dalam, serta menelusuri perjalanan mereka dari awal mereka debut hingga saat ini.

Buku ini juga membuktikan kepada para pembaca bahwa Baekhyun beserta kawan-kawan member EXO lainnya pantas untuk menerima daesang setiap tahun di berbagai ajang penghargaan musik bergengsi.

Kamu juga akan menemukan kisah album pertama EXO yang rilis di tahun 2012 yang menjadi titik awal dari ketenaran EXO dimulai, sampai akhirnya mereka berhasil menerima berbagai macam penghargaan.

Buku ini bisa langsung kamu beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com