Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Film Maudy Ayunda, dari Gadis Petualang Sampai Jadi Ibu Negara

Kompas.com - 18/03/2023, 09:00 WIB
Film Maudy Ayunda Sumber Gambar: instagram.com/maudyayunda Film Maudy Ayunda
Rujukan artikel ini:
Dear Tomorrow
Pengarang: Ayunda Faza Maudya
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Siapa yang tidak kenal dengan Maudy Ayunda? Perempuan kelahiran 19 Desember 1994 ini mulai dikenal oleh publik sejak tahun 2005.

Maudy dikenal sebagai penyanyi, pemain film, bintang iklan, sekaligus juga sebagai role model bagi para anak muda masa kini.

Selain berkarir di dunia entertainment, pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya ini juga memiliki segudang prestasi di dunia pendidikan.

Tahun 2016 silam, Maudy berhasil menyelesaikan jenjang S1 di Oxford University jurusan PPE (Politic, Philosopy, and Economics) dengan predikat cumlaude.

Tak sampai disitu saja, sosok Maudy kembali mendapat perhatian pada tahun 2019 setelah dirinya mengunggah sebuah postingan Instagram yang menyatakan bahwa ia berhasil diterima di dua universitas ternama dunia, yakni Harvard University dan Stanford University.

Namun akhirnya Maudy memutuskan untuk memilih Stanford University sebagai tempatnya melanjutkan jenjang S2.

Maudy berhasil lulus dalam kurun waktu 2 tahun di 2 jurusan sekaligus yakni Administrasi Bisnis dan Pendidikan yang tentu membuatnya mendapatkan 2 gelar yaitu MA dan MBA.

Sampai tahun 2023 ini, Maudy setidaknya telah berkarya selama kurang lebih 18 tahun dan sudah berhasil melahirkan banyak karya yang ciamik, bahkan beberapa filmnya juga mendulang kesuksesan di pasaran.

Kalau kamu penggemar Maudy dan ingin menonton film-film terbaiknya, kamu bisa simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Film-Film Maudy Ayunda

1. Untuk Rena (2005)

Untuk Rena menjadi film debut Maudy di layar lebar, ia bahkan dipercaya untuk memerankan tokoh utama bernama Rena.

Film ini menceritakan kehidupan Rena, anak berusia 11 tahun yang tinggal di panti asuhan bernama Rumah Matahari.

Di sana, Rena kerap membuat ulah demi melindungi adik-adiknya agar tidak diadopsi oleh orang lain dan mereka bisa tetap tinggal bersama.

Tapi saat tamu misterius bernama Yudha (Surya Saputra) datang setiap minggu ke panti, Rena tiba-tiba saja merasa dekat dan memicu keakraban di antara mereka.

2. Malaikat Tanpa Sayap (2012)

Di film ini, Maudy berperan sebagai Mura dan beradu akting dengan aktor Adipati Dolken yang memerankan tokoh bernama Vino.

Vino adalah anak dari keluarga kaya yang harus merasakan pahitnya bangkrut dan ditinggal oleh ibunya, keadaannya semakin tambah sulit setelah adiknya jatuh di kamar mandi dan membutuhkan transfusi darah dengan golongan darah yang langka.

Tapi hidupnya yang penuh dengan kesedihan mulai berwarna setelah ia bertemu Mura, keduanya tiba-tiba saja bertemu, mulai akrab, dan kemudian saling jatuh cinta.

3. Perahu Kertas (2012)

Sebuah film yang diangkat dari novel best seller karya Dewi Lestari ini menjadi film kedua Maudy dan Adipati Dolken dipasangkan sebagai pemeran utama.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan Kugy (Maudy) dan Keenan (Adipati), sepasang sahabat yang diam-diam saling jatuh cinta, tapi ada banyak sekali halangan yang membuat mereka sulit untuk bersatu.

Di satu sisi, Keenan juga dekat dengan Luhde (Elyzia Mulachela) yang membuat Kugy memilih untuk menjauh dan fokus pada karir barunya di sebuah perusahaan, di sana, ia bertemu dan dekat dengan atasannya, Remi (Reza Rahadian).

Jalan cerita yang menarik dan antusiasme penonton yang ramai membuat film ini kembali melanjutkan season keduanya pada tahun 2013.

4. Refrain (2013)

Refrain adalah film yang berhasil membuat Maudy semakin dikenal oleh publik sekaligus menjadi salah satu film yang sulit dilupakan para penggemarnya.

Film yang diadaptasi dari novel karya Winna Efendi ini mengisahkan tentang kehidupan dua orang sahabat yakni Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgansyah Reza).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi hubungan persahabatan mereka mulai menemukan ketidakcocokan sejak Niki dekat dengan kapten basket bernama Oliver (Maxime Bouttier), dan Nata yang diam-diam disukai oleh Annalise (Chelsea Islan).

Pada akhirnya, keduanya akan saling berusaha untuk bisa menemukan cinta dalam hidup mereka masing-masing.

5. Trinity, The Nekad Traveler (2017)

Maudy kembali dipercaya untuk memerankan karakter yang terinspirasi dari novel dengan judul yang sama.

Dalam film ini ia berperan sebagai Trinity, seorang gadis yang hobi berpetualang.

Dengan uang yang serba pas-pasan, Trinity mencoba untuk terus melanjutkan hobinya, ia bahkan memiliki bucket list yang berisi daftar tempat-tempat yang ingin ia kunjungi.

Saat sedang travelling, Trinity tiba-tiba bertemu dengan Paul (Hamish Daud), seorang fotografer yang ternyata memiliki hobi yang sama dengannya.

Sejak saat itu, Trinity dan Paul menjadi semakin akrab dan membuat Trinity bimbang, apakah dirinya harus terus bersama dengan Paul atau justru memilih untuk melanjutkan pekerjaannya?

6. Habibie & Ainun 3 (2019)

Film ini merupakan film trilogi yang mengisahkan tentang kisah hidup Presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari.

Setelah sukses dengan dua film pendahulunya, film ini melanjutkan season ke-3 nya pada tahun 2019 dimana Maudy Ayunda di dapuk untuk memerankan tokoh Ainun dan beradu akting dengan Reza Rahadian yang kembali memerankan tokoh Habibie.

Film ini secara khusus menceritakan tentang kisah hidup Ainun semasa remaja, terutama saat dirinya menjadi mahasiswa kedokteran di Universitas Indonesia.

Dengan lika-liku kehidupan yang serba pelik, Ainun terus berusaha menanamkan rasa cintanya pada Indonesia, berkat kegigihan dan ketulusannya dalam menolong sesama, ia berhasil ditunjuk sebagai mahasiswa terbaik di hari kelulusannya.

Di satu sisi, Ainun juga bertemu dengan Habibie yang tanpa diduga akan mengubah jalan hidupnya dan kelak membuat namanya semakin dikenal publik sebagai salah satu Ibu Negara Indonesia.

7. Losmen Bu Broto (2021)

Film ini menceritakan tentang Pak Broto (Mathias Muchus) dan Bu Broto (Maudy Koesnaedi) saat mengelola sebuah losmen keluarga di Yogyakarta.

Meski tampak normal, kehidupan setiap anak dari keluarga Broto ternyata diam-diam memiliki masalahnya masing-masing.

Mbak Pur (Putri Marino) masih menyimpan kesedihan atas kematian calon suaminya, Jeng Sri (Maudy Ayunda) yang tidak disetujui untuk menjadi penyanyi dan terus diminta untuk mengurus losmen, serta Tarjo (Baskara Mahendra) yang kesulitan untuk berkuliah.

Lantas, bagaimana cara keluarga ini menyelesaikan setiap masalah mereka masing-masing?

Nah, itulah beberapa jajaran film layar lebar yang pernah dibintangi oleh Maudy Ayunda.

Dari film-film yang telah ia perankan, Maudy berhasil meraih beberapa penghargaan, salah satunya adalah piala Festival Film Jakarta untuk kategori Aktris Utama Terpilih dalam film ‘Untuk Rena’.

Mengenyam pendidikan di luar negeri tidak membuat Maudy kehilangan rasa cintanya pada Indonesia, hal ini dibuktikannya dengan terus mengembangkan diri dan membuat berbagai terobosan positif terutama dalam bidang seni dan pendidikan.

Di bidang pendidikan, Maudy sempat menulis beberapa buku hasil tulisannya sendiri, salah satunya adalah buku Dear Tomorrow: Notes to My Future Self.

Buku ini secara khusus mengisahkan tentang perjuangannya untuk mewujudkan keinginannya dalam berbagai aspek, terutama dalam pendidikan, keluarga, dan karir.

Terdiri dari 4 bab, buku ini juga dilengkapi dengan banyak quotes tentang ambisi, mimpi, cara mengatur mindset, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, dalam buku ini, Maudy juga mengajak para pembacanya untuk mencintai dan menghargai diri sendiri, sehingga kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik di masa kini dan masa depan.

Kalau ingin tahu lebih banyak, kamu bisa membeli buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com