Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Cantik, Ini Deretan Artis Wanita Indonesia yang Cerdas dan Menginspirasi

Kompas.com - 11/11/2022, 18:00 WIB
Artis Wanita Indonesia Sumber Gambar: instagram.com/maudyayunda/ Artis Wanita Indonesia
Rujukan artikel ini:
Good Habits Bad Habits: Cara…
Pengarang: Wendy Wood
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Karier dan pendidikan merupakan dua hal penting yang harus diperjuangkan demi mencapai masa depan yang sukses.

Namun untuk mendapatkannya, seseorang harus memiliki manajemen waktu yang baik, supaya semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh para artis dan public figure, di tengah padatnya aktivitas di dunia entertainment, mereka tetap gigih menuntut ilmu dan tidak melupakan pendidikannya.

Selain sukses dengan karirnya, mereka juga berhasil berprestasi di bidang akademik, bahkan tak sedikit dari mereka yang juga mendapat predikat sebagai lulusan terbaik.

Berikut ini adalah deretan artis wanita Indonesia yang tidak hanya cantik, tapi juga berprestasi dan banyak dijadikan inspirasi bagi para anak muda.

Daftar Artis Wanita Indonesia yang Berprestasi

1. Cinta Laura

Artis Wanita Indonesia Artis Wanita Indonesia

Artis blasteran Indonesia-Jerman kelahiran 17 Agustus 1993 ini dikenal sebagai penyanyi, model, dan pemain sinetron, serta pernah beberapa kali membintangi film Hollywood.

Tak hanya berprestasi di dunia entertainment, Cinta Laura juga banyak dikenal berkat prestasinya di bidang akademik.

Sempat hiatus sejenak dari dunia keartisan, Cinta diam-diam berhasil lulus dari Columbia University, jurusan Psikologi dan Sastra Jerman pada tahun 2014 lalu.

Berkat kerja kerasnya, Cinta mampu meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,9 hanya dalam kurun waktu 3 tahun saja.

Kini Cinta aktif mengabdikan dirinya pada masyarakat, ia mendanai pendidikan anak-anak yang dinaungi oleh Yayasan Soekarseno Peduli, ia juga kerap menyuarakan pendapatnya mengenai isu kekerasan seksual dan kesetaraan gender.

2. Maudy Ayunda

Artis Wanita Indonesia Artis Wanita Indonesia

Artis cantik kelahiran Jakarta 19 Desember 1994 ini mengawali karirnya di dunia entertainment sebagai pemain film, sebelum akhirnya merambah ke dunia tarik suara.

Pada 2016, Maudy Ayunda berhasil lulus dengan predikat cumlaude di Oxford University, ia mengambil studi mengenai Politic, Philosophy, dan Economic (PPE).

Pada 2019 lalu, Maudy sempat meramaikan dunia sosial media setelah mengunggah bukti penerimaan kuliah lanjutan di 2 universitas ternama dunia, Harvard dan Stanford.

Sempat mengalami kegalauan, Maudy akhirnya memutuskan untuk melanjutkan studi S2-nya di Stanford University, mengambil jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan.

Dalam kurun waktu 2 tahun, Maudy berhasil lulus dan mendapatkan 2 gelar sekaligus, yakni MA dan MBA.

Pulang ke Indonesia, Maudy mulai aktif kembali di dunia entertainment, ia juga banyak dijadikan inspirasi bagi para anak muda yang sedang mencoba meraih kesuksesan dalam kehidupan.

3. Tasya Kamila

Artis Wanita Indonesia Artis Wanita Indonesia

Artis cantik yang lebih dikenal sebagai penyanyi cilik ini merupakan lulusan Universitas Indonesia di jurusan Akuntansi, dan berhasil meraih predikat cumlaude.

Selama menempuh pendidikan, Tasya masih tetap aktif dengan karirnya di dunia akting dan tarik suara.

Pada tahun 2014, Tasya kembali melanjutkan studinya ke jenjang S2 di Columbia University, kali ini ia berhasil mendapatkan bantuan program beasiswa LPDP dari pemerintah Indonesia.

Di Columbia University, Tasya mengambil jurusan Administrasi Publik dan berhasil lulus pada tahun 2017 dengan menyandang predikat cumlaude.

Tasya kini lebih aktif sebagai ibu rumah tangga dan kerap mengisi beberapa acara seminar yang membahas soal pendidikan dan tips meraih beasiswa bagi para anak muda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Dian Sastrowardoyo

Artis Wanita Indonesia Artis Wanita Indonesia

Cantik, terkenal, dan berprestasi sepertinya juga pantas disandang oleh aktris kenamaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo.

Aktif berkarya sejak usia muda, Dian memulai karirnya di dunia hiburan setelah menjadi juara pertama ajang Gadis Sampul tahun 1996.

Setelah beberapa kali terjun sebagai pemain film, namanya semakin dikenal luas setelah ia berhasil memerankan tokoh “Cinta” dalam film legendaris ‘Ada Apa dengan Cinta?’ pada tahun 2002.

Bicara soal prestasi akademik, Dian merupakan lulusan S1 Filsafat di Universitas Indonesia, ia menggunakan 4 teori dalam skripsinya dan berhasil mendapat nilai sempurna.

Di tengah padatnya aktivitas mengurus keluarga dan berkarya di entertainment, Dian memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikannya dan menempuh gelar S2.

Pada 2014 lalu, Dian berhasil lulus pascasarjana (Master) di jurusan Manajemen Keuangan, Universitas Indonesia dengan predikat cumlaude.

5. Isyana Sarasvati

Artis Wanita Indonesia Artis Wanita Indonesia

Penyanyi cantik yang namanya mulai dikenal lewat single “Tetap Dalam Jiwa” ini ternyata juga punya prestasi akademik yang membanggakan.

Pada usia 16 tahun, Isyana berhasil menerima beasiswa dari pemerintah Singapura untuk belajar di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) jurusan Pertunjukkan Musik, ia lulus dengan predikat cumlaude.

Tak sampai disitu saja, Isyana juga kembali melanjutkan pendidikannya di Royal College of Music di Inggris, mengambil jurusan Performance dan berhasil lulus dengan predikat Best Scholarship Graduate.

Saat ini Isyana masih terus berkarya di industri musik, ia dikenal sebagai salah satu penyanyi yang berani menciptakan lagu dengan ciri khas dan gayanya sendiri.

Meski banyak stigma yang mengatakan kalau wanita seharusnya tidak usah bersekolah tinggi karena ujung-ujungnya hanya akan mengurus keluarga, para artis wanita ini berhasil membuktikan kalau karir dan pendidikan tetap bisa berjalan beriringan.

Perlu ditekankan bahwa pendidikan memang masih menjadi salah satu hal penting yang harus selalu diperjuangkan dalam hidup.

Semakin tinggi pendidikan seseorang, akan semakin mempermudah jalannya mencapai karir yang diimpikan, asal dibarengi juga dengan usaha, kerja keras, dan doa.

Tertarik untuk mengikuti jejak mereka? Kamu bisa temukan salah satu tips suksesnya dalam buku Good Habits Bad Habits: Cara Membentuk Kebiasaan Baik untuk Menghasilkan Perubahan Positif karya Wendy Wood.

Semua hal yang kita kerjakan secara rutin biasanya diawali dengan suatu kebiasaan, jika kamu mau jadi orang yang rajin belajar, kamu harus terbiasa menyisakan waktu untuk belajar setiap hari.

Menurut buku ini, manusia menghabiskan hampir 43% waktunya untuk melakukan kegiatan tanpa berpikir terlebih dahulu.

Dengan membaca buku ini, kamu akan belajar untuk mengontrol pikiran dan mulai menghasilkan berbagai perubahan positif bagi dirimu sendiri.

Buku ini ditulis dengan perpaduan yang kompleks, mulai dari pengetahuan ilmu syaraf, studi kasus di lapangan, dan berbagai percobaan di laboratorium, sehingga tulisan yang dihasilkan bisa benar-benar bermanfaat bagi para pembaca.

Buku ini menawarkan harapan yang nyata bagi kamu yang ingin merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang positif, demi mencapai masa depan yang cerah.

Jika tertarik untuk membacanya lebih lanjut, kamu bisa dapatkan buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com