Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memotivasi Diri Sendiri untuk Semangat Mengejar Mimpi

Kompas.com - 07/12/2021, 17:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mantappu Jiwa *Buku Latihan Soal
Pengarang: Jerome Polin Sijabat
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Mimpi adalah salah satu topik paling menarik bagi setiap orang, karena setiap orang pasti memiliki mimpinya masing-masing.

Setiap orang pasti ingin sekali membuat mimpi-mimpi itu tidak hanya menjadi sebuah keinginan semata, tetapi juga ingin diwujudkan dalam bentuk yang nyata sesuai harapan kita.

Tapi masalahnya, akan selalu ada halangan dan rintangan yang muncul di tengah perjalanan kita menggapai mimpi, yang nantinya bisa menimbulkan masalah besar dan membuat kita menjadi malas serta tidak percaya diri.

Setiap tujuan dan mimpi kita dalam hidup ini hanya bisa dicapai ketika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri, karena tanpa adanya motivasi maka akan sulit untuk menggapai apapun yang kita impikan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa memotivasi diri sendiri dan membuat kamu lebih semangat untuk menggapai mimpi:

1. Menentukan Langkah-Langkah Kecil

Sebuah mimpi yang besar akan sangat mustahil terkabul jika kamu hanya bisa berandai-andai tanpa ada tindakan yang nyata.

Agar mimpi kamu tidak hanya sekadar mimpi, kamu bisa mulai dengan menentukan langkah-langkah kecil apa yang harus kamu jalani setiap hari supaya mimpi kamu bisa terwujud.

Contohnya, jika kamu ingin menjadi seorang koki atau chef, kamu bisa mulai belajar mengenal bahan-bahan masakan dan mulai belajar memasak bermacam-macam menu yang bisa kamu lihat tutorialnya dari buku maupun internet.

2. Memasang Gambar atau Tulisan yang Bisa Memotivasi

Untuk membuatmu lebih semangat, kamu bisa coba untuk memasang gambar atau tulisan kata-kata bijak di dinding kamar, agar setiap merasa kehilangan motivasi, kamu bisa melihat gambar dan tulisan tersebut sehingga membuatmu semangat kembali. Temukan Kata-kata Motivasi yang dapat menyemangatimu disini!

Tidak lupa juga untuk selalu menentukan kira-kira berapa lama jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai mimpi-mimpi kamu, supaya kamu lebih semangat belajar demi mencapai target yang sudah kamu tentukan sendiri.

3. Selalu Yakin Bahwa Usaha Tidak akan Mengkhianati Hasil

Orang yang selalu mau berusaha pasti akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kerja kerasnya, maka dari itu kamu harus terus semangat dan tekun dalam berusaha supaya mimpi-mimpi kamu bisa terwujud sesuai dengan yang kamu impikan.

Selain kerja keras, keyakinan juga penting karena hal itu bisa menjadi sebuah sugesti dan motivasi untuk bisa meraih keberhasilan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Jauhkan Diri dari Sifat Malas

Sifat malas adalah salah satu musuh utama yang harus kamu jauhi saat ingin mewujudkan mimpi-mimpi kamu, karena sifat malas hanya akan membuat kamu menjadi lamban dan mudah menyerah saat mendapat rintangan di tengah perjalanan.

Cobalah untuk selalu mengingat mimpi-mimpi kamu dan terus menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sehingga kamu lebih produktif, dari sini kamu akan jauh dari sifat malas.


Baca juga: Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Motivasi


5. Membaca Biografi Orang-Orang Sukses

Dalam beberapa kasus, membaca biografi orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan biasanya akan membantu kamu untuk bisa termotivasi dan lebih bersemangat untuk meraih mimpi.

Selain kisah kesuksesan, dalam biografi mereka juga biasanya menulis rintangan dan masalah yang harus mereka hadapi dalam hidup dan bagaimana cara menanganinya.

Nah, kamu juga bisa banyak belajar dari kisah mereka bahwa kehidupan yang penuh rintangan juga tetap bisa meraih kesuksesan suatu hari nanti.

Salah satu kisah sukses meraih mimpi bisa kamu temukan dalam buku Mantappu Jiwa karya Jerome Polin, seorang anak muda penuh tekad dan ambisi yang berhasil mendapatkan beasiswa Mitsui Bussan atau beasiswa penuh untuk berkuliah di Universitas Waseda jurusan Matematika.

Perjalanannya meraih beasiswa sangat tidak mudah, Jerome harus melalui banyak rintangan yang sempat membuatnya mengurungkan niat untuk berkuliah, tapi kerja keras dan kecintaannya pada matematika membuatnya terus berusaha sampai mimpinya berhasil terkabul.

Selain itu, bagi kamu yang masih bingung dan terjebak dengan masalah-masalah yang membuat kamu susah untuk menyemangati diri sendiri, kamu bisa temukan solusinya dari buku Quarter Life Crisis karya Gerhana Nurhayati Putri.

Penjelasan dalam buku ini diuraikan ke dalam 3 bagian, bagian pertama adalah pengenalan dan penyebab munculnya quarter life crisis, bagian dua sampai tiga akan membahas mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan dan bagaimana cara menanganinya.

Melalui buku ini, kamu juga akan diberikan halaman khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk menulis rencana-rencana hidup kamu selanjutnya.

Jika kamu tertarik dan ingin membaca kedua buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui online di Gramedia.com atau membeli versi e-booknya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com