Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai Mimpi Anda dengan Gemilang, Simak Rekomendasi Buku Mindset Berikut ini!

Kompas.com - 06/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Foto: Pexels
Rujukan artikel ini:
Mindset
Pengarang: Carol S. Dweck, Ph.d.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Terkadang Anda membutuhkan pencerahan untuk menyesuaikan pola pikir yang Anda miliki.

Untuk dapat melakukan hal itu, Anda perlu ubah dan sesuaikan pola pikir Anda agar fokus pada kesuksesan.

Anda dapat membaca buku-buku tentang mindset dalam satu atau dua hari, karena kebanyakan dari buku tersebut mudah dicerna dan penjelasannya jelas serta membawa pesan yang sangat kuat.

Buku tentang mindset layaknya seperti bom yang dikemas dalam kotak kecil yang akan meledakkan pikiran Anda.

Beberapa konsep dalam buku mindset bahkan mungkin bertentangan satu sama lain, hanya saja hal semacam itu dilakukan dengan sengaja untuk melihat berbagai aspek kesuksesan dan kemudian Anda mencari tahu apa yang paling cocok untuk Anda.

Terdapat berbagai jenis buku mindset di antaranya yang berkaitan dengan karier, bisnis, hubungan, dan lain sebagainya.

Strategi membaca buku mindset idealnya adalah tidak hanya membaca satu buku untuk membantu mengubah pola pikir Anda, tetapi membuat kebiasaan membaca, mendengarkan, dan mempelajari apa yang memotivasi Anda setiap hari.

Berikut adalah rekomendasi buku mindset untuk membantu Anda meraih mimpi dengan gemilang.

3 Rekomendasi Buku Mindset untuk Bantu Capai Mimpi

1. Mindset karya Carol S. Dweck

Dengan rating tinggi di situs ulasan buku Goodreads, buku ini terbukti telah mengubah cara orang melihat dunia dan kesuksesan di berbagai bidang kehidupan.

Pada umumnya, buku-buku yang memaparkan tentang kesuksesan lebih menawarkan sisi-sisi praktis dengan klaim mudah untuk dipraktikan dalam kehidupan.

Namun, buku ini justru akan mengajak Anda menggarap inti masalah kesuksesan, yaitu pikiran atau pola pikir seseorang.

Di samping itu, di dalamnya menjelaskan tentang tokoh-tokoh dunia dari berbagai bidang yang memiliki pola pikir tetap dan memiliki pola pikir berkembang.

Penulis menunjukkan tokoh yang berpola pikir berkembang lebih mampu mempertahankan kesuksesan dalam hidupnya. Baca selengkapnya terkait Growth Mindset disini!

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini karena mereka lebih menekankan proses belajar dan keinginan untuk terus berusaha daripada hanya mengandalkan bakat dan kecerdasan.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian 20 tahun lebih dari ahli yang terkenal dalam bidang psikologi kepribadian.

Banyak inspirasi yang bisa Anda dapatkan dengan membaca buku ini dan membuat Anda senantiasa optimistis serta mampu membangkitkan kemampuan luar biasa dalam diri.

2. The Growth Mindset Coach karya Annie Brock

Ditulis oleh seorang guru, buku ini merupakan buku panduan untuk mengeluarkan potensi murid melalui sesi belajar yang kreatif, pesan motivasi, dan pembelajaran yang inovatif.

Anda dapat menggunakan buku ini untuk menciptakan ruang kelas dengan pola pikir yang berkembang, seperti program yang diatur per bulan, panduan praktis yang menginspirasi, hingga cerita nyata dari berbagai pendidik.

Di samping itu, buku ini juga memaparkan tentang masukan yang konstruktif dan sederet aktivitas yang sudah didukung oleh penelitian.

Mindset yang berkembang telah terbukti akan menuntun murid-murid menggapai prestasi dan terus menantang diri untuk perkembangan belajarnya.

Dengan buku ini, Anda dapat memotivasi murid-murid untuk lebih meyakini kemampuan yang mereka miliki sekaligus mengantarkan mereka untuk meraih kesuksesan.

3. Your Mindset, Your Destiny karya Arvan Pradiansyah

Dalam buku ini memaparkan tentang mindset dan pengaruhnya terhadap nasib kita di masa depan.

Hal menarik yang diangkat di buku ini adalah fakta bahwa kata mindset sesungguhnya belum begitu dikenal dalam kehidupan kita sehari-hari.

Konsep tentang mindset masih kalah populer dengan perilaku, padahal perilaku kita adalah akibat dari mindset yang kita terapkan pada diri sendiri.

Maka dari itu mindset lah yang merupakan akar utama dari segala perilaku yang kita tunjukan pada dunia.

Buku-buku di atas menekankan gagasan bahwa hal yang perlu kita kelola sesungguhnya adalah mindset atau pola pikir kita dalam menghadapi berbagai hal di kehidupan.

Jika Anda tertarik untuk mengubah pola pikir demi meraih mimpi yang didambakan selama ini, segera baca dan dapatkan buku-bukunya hanya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com