Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Teks Prosedur Beserta Strukturnya Yang Benar Sesuai Kaidah

Kompas.com - 13/03/2023, 11:30 WIB
jenis teks prosedur Photos By Rodney Production on Pexels jenis teks prosedur
Rujukan artikel ini:
Bahasa Indonesia, Jenis-Jenis Teks
Pengarang: Kosasih
|
Editor Rahmad

Teks prosedur adalah salah satu jenis teks yang penting dipelajari karena banyak diperlukan dalam aktivitas sehari-hari. Kamu juga akan dengan mudah menemukan jenis teks prosedur, seperti cara membuat mie instal di kemasannya atau makanan instan lainnya.

Itulah sebabnya, teks prosedur harus ditulis dengan benar. Hal Ini karena teks prosedur digunakan sebagai arahan bagi mereka yang belum tau cara membuat atau menyelesaikan sesuatu.

Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur dibagi menjadi dua bagian, pertama menurut isi dan tujuannya dan kedua menurut kompleksitasnya. Ada dua jenis teks prosedur berdasarkan isi dan tujuannya.

Yakni teks prosedur yang menggunakan alat atau bahan dan teks prosedur yang melakukan tindakan atau aktivitas tertentu.

Sedangkan berdasarkan kompleksitasnya, ada tiga jenis teks prosedur, yakni teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol. Berikut ini penjelasan lengkapnya tentang jenis teks prosedur:

1. Teks Prosedur dengan Alat/Bahan

Jenis teks prosedur ini biasanya mencakup peralatan atau bahan yang diperlukan pembaca untuk mengikuti setiap langkah teks prosedur. Cara membuat puding karamel, cara membuat kue dan sebagainya.

2. Teks Prosedur Untuk Melakukan Kegiatan atau Aktivitas Tertentu

Jenis teks prosedur ini biasanya digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana melakukan sesuatu secara manual. Misalnya, cara mengoperasikan mesin cuci otomatis, cara menyalakan komputer, cara memainkan beberapa game, dan lain-lain.

3. Teks Prosedur Sederhana

Ini adalah jenis teks prosedur yang isinya terdiri dari beberapa langkah, dan setiap proses mudah dipahami dan dipraktikkan. Misalnya, cara membuat akun Instagram, cara membuka pengaturan ponsel, dan lain-lain.

4. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur yang kompleks ini biasanya berisi instruksi terperinci dan terdiri dari beberapa langkah untuk setiap langkah. Untuk menyelesaikan setiap langkah, kamu harus memberi perhatian khusus pada setiap arah.

Teks jenis ini biasanya digunakan untuk tindakan yang melibatkan banyak pihak atau yang membutuhkan beberapa dokumen.

5. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah-langkahnya dapat dijalankan secara acak dan tidak harus tetap berurutan. Itu berarti kamu dapat memilih langkah mana yang ingin diambil terlebih dahulu.

Struktur Teks Prosedur

Berdasarkan jenis teks prosedur di atas, kamu juga harus memahami bagaimana struktur teks nya. Struktur teks prosedur terdiri dari pembuatannya dari empat bagian, yakni tujuan, bahan, persiapan/langkah kerja dan konfirmasi (kesimpulan), seperti berikut ini:

1. Tujuan

Pada awal penyusunan procedure text, penulis biasanya menjelaskan tujuan dari pembuatan procedure text reks tersebut. Ini juga dapat memberikan informasi tentang hasil akhir yang dapat dicapai.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Bahan dan Alat

Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau produksi kegiatan ditulis dalam struktur ini.

Bagian ini memberikan informasi tentang alat atau bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan.

Pembaca teks prosedur biasanya menggunakan materi atau bagian materi untuk memutuskan apakah akan mengikuti langkah-langkah dalam teks atau tidak.

Bagaimanapun, pembaca ingin mengetahui apakah bahan atau bahan yang dibutuhkan mudah didapat atau tidak.

3. Langkah-langkah

Bagian ini menjelaskan proses atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan teks kebijakan.

Langkah-langkah yang diambil harus saling mengikuti. Selain itu, tata letak harus logis, sistematis, dan mudah dipahami pembaca.

Bagian Langkah atau Tujuan merupakan bagian terpenting dari teks prosedur dan merupakan syarat wajib yang tidak dapat dihilangkan sama sekali dan dimana penulis dapat menggunakan kata penghubung tenses, titik, tujuan atau kalimat wajib, larangan dan saran.

4. Penegasan Ulang atau Penyelesaian (Kesimpulan)

Bagian terakhir ini menjelaskan kesimpulan dari prosedur yang dilakukan. Bagian ini bersifat opsional, yang artinya mungkin ada atau tidak ada dalam teks proses.

Penegasan ulang bertujuan untuk menekankan pesan penting dalam teks tersebut pada pembaca.

Nah, itulah jenis teks prosedur beserta strukturnya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan, jenis teks prosedur mana yang kamu butuhkan.

Dalam praktiknya, teks prosedur ini sangat dibutuhkan dalam panduan aktivitas sehari-hari, bahkan hal kecil sekalipun.

Buku Bahasa Indonesia, Jenis-Jenis Teks yang ditulis Kosasih bisa kamu jadikan referensi sederhana mengenali berbagai jenis teks. Termasuk jenis teks prosedur yang juga memiliki beberapa macam bentuk. Sekilas jenis prosedur memiliki struktur dan kaidah yang sama.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com