Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Cara Menyusun Teks Pidato Persuasif yang Mampu Menarik Audiens

Kompas.com - 28/09/2022, 13:30 WIB
cara menyusun teks pidato persuasif Sumber: clueylearning.com.au cara menyusun teks pidato persuasif
Rujukan artikel ini:
Public Speaking: Gaya Dan Teknik…
Pengarang: PROF. DR. MOH. ALI…
|
Editor Rahmad

Pada sebuah acara, mungkin kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berpidato. Berpidato bukanlah sekadar untuk bisa ngobrol ngalor-ngidul yang tak jelas arahnya saja. Namun, perlu ada pesan yang disampaikan dengan cara yang tepat serta bahasa yang sopan.

Jenis dari teks pidato juga sangat beragam dan dapat dilihat dari isi dan tujuan pidato tersebut. Salah satu jenis pidato yang sering digunakan adalah pidato persuasif

Pidato persuasif adalah pidato yang digunakan untuk menyampaikan sebuah ajakan, saran, ataupun bujukan kepada masyarakat untuk mengubah pandangan mereka sesuai dengan gagasan yang disampaikan serta melakukan tindakan dengan cara sukarela.

Jadi, dalam penyampaiannya, pidato persuasif bersifat menghimbau atau mengajak kepada masyarakat untuk melakukan hal yang berguna untuk kehidupan. Pidato persuasif menjadi salah satu cara untuk menggerakkan masyarakat untuk bisa berbuat lebih baik dan juga lebih kreatif.

Jadi, tidak jarang di setiap acara tertentu, pidato persuasif menjadi cukup efektif untuk menginspirasi orang banyak. Nah, untuk bisa menulis sebuah teks pidato persuasif, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Cara Membuat Teks Pidato Persuasif

cara menyusun teks pidato persuasif cara menyusun teks pidato persuasif

Supaya saat berpidato, kamu tidak mengalami kebingungan terhadap materi yang akan disampaikan, maka pada saat berpidato, kamu perlu mempersiapkan materi yang dibutuhkan oleh banyak orang dan tingkah laku seperti apa yang banyak orang inginkan.

Jika kamu sudah mengetahui hal tersebut, nantinya kamu bisa memilih topik mana yang lebih mudah dan tepat untuk mengembangkan topik tersebut. Jadi, dalam membuat teks pidato persuasif diperlukan beberapa hal, antara lain:

1. Menentukan Topik

Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan topik yang ingin kamu sampaikan. Tak hanya menentukan sebuah topik, tapi kamu juga perlu untuk mempelajari topik yang kamu pilih itu.

Kamu bisa melakukan riset serta mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik pilihan kamu. Pastikan pula kamu menggunakan referensi dari banyak sumber yang valid. Sebab, di zaman yang serba mudah seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai media online untuk mencari sebuah data yang akurat.

Selain menggunakan media online, kamu juga bisa mencari referensi dari buku, koran, majalah, wawancara, atau metode lainnya.

2. Menentukan Tujuan Pidato

Setelah kamu mengetahui topik apa yang akan kamu pilih dan bahas, selanjutnya adalah menentukan apa yang mau kamu capai dalam pidato persuasif yang kamu buat itu. Pidato yang kamu buat haruslah dapat merefleksikan apa yang kamu harapkan dari pendengar atau audiensmu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Biasanya, tujuan pidato dirumuskan ke dalam tiga hal, yaitu memberitahukan informasi, mempengaruhi (persuasif), serta menghibur (rekreatif). Lalu, bagaimana cara kita menentukan tujuan pidato yang akan kita buat?

Daftar pertanyaan ini bisa membantu kamu dalam menguraikan jawabannya, misalnya pertanyaan apakah kamu mau audiensmu melakukan suatu kegiatan? Atau apakah kamu mau audiensmu merubah perilaku mereka?

Dengan mengetahui tujuannya, maka isi pidato yang kamu buat akan lebih sesuai.

3. Memahami Audiens

Kamu harus memahami audiens untuk menghasilkan pidato yang sesuai dengan sasaranmu. Tentunya kamu tak ingin kalau pidato kamu hanya angin lalu saja karena topiknya tidak relevan dengan kondisi mereka, bukan? Oleh sebab itu, setidaknya kamu harus bisa memahami seperti siapa audiens kamu, bagaimana latar belakangnya, dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu dapat merancang pidato yang isinya mudah untuk mereka pahami.

4. Menentukan Pokok Argumentasi

Selanjutnya adalah menentukan pokok argumentasi yang ingin disampaikan. Kamu bisa menyampaikan 3-4 pokok argumentasi, tergantung dengan durasinya. Perlu diingat bahwa pastikan kamu menyampaikan argumen dengan logis, jelas, dan bisa dipertanggung jawabkan.

5. Mengembangkan naskah pidato

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa memulai untuk menuliskan teks pidato persuasif. Kamu bisa mengembangkan teks pidato sesuai dengan struktur pada pidato persuasif serta poin penting yang sudah kamu dapatkan.

Itulah Langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menuliskan naskah pidato persuasif yang menarik. Untuk pembahasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca buku Public Speaking: Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah.

Buku ini bisa membantu kamu dalam membuat persiapan dan menyampaikan pidato yang meyakinkan serta mengesankan bagi para audiens kamu. keterampilan public speaking sangatlah mutlak dibutuhkan, khususnya bagi para pimpinan sebuah organisasi sosial, politik, guru, penceramah, hingga pemasar produk perusahaan.

Melalui buku ini, kamu disiapkan untuk menjadi seseorang yang bisa berpengaruh, disegani, serta meraih kesuksesan melalui keterampilan kamu dalam berbicara yang memukau dan memuaskan para pendengarnya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com