Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Public Speaking Terbaik

Kompas.com - 15/05/2022, 14:00 WIB
Buku Public Speaking Sumber Gambar: Canva Buku Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Public Speaking Mastery
Pengarang: Ongky Hojanto
Penulis Renny Novita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ada banyak artikel tentang public speaking yang tersebar dan bisa kamu temukan secara online, tetapi jika kamu ingin benar-benar belajar dan tidak hanya sekedar tahu di permukaan saja, serta untuk membuktikan bahwa informasi yang diperoleh itu valid, kamu membutuhkan waktu lama untuk mencari dan menyusun apa saja yang kamu butuhkan.

Itulah mengapa buku selalu menjadi pilihan yang terbaik.

Empat buku public speaking ini memuat berbagai metode dan teknik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Termasuk juga teknik mengatasi rasa takut, memperlakukan audiens, termasuk bagaimana teknik pendekatan terhadap jenis-jenis audiens, dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

Buku-buku ini juga disusun oleh public speaker yang sudah handal di bidangnya, yang menuliskan teknik dan metode bukan hanya berdasarkan pengalaman mereka saja, tetapi juga ditambah dengan buku yang pernah mereka baca, serta seminar yang mereka ikuti baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Rekomendasi Buku Public Speaking

1. Publik Speaking Mastery - Only Hojanto

Jika kamu membeli buku ini, kamu akan menemukan panduan lengkap tentang kemampuan praktis public speaking.

Semua aspek besar yang termuat di dalamnya, termasuk 16 rahasia menjadi public speaking, akan dibahas secara mendalam dan terperinci pada setiap babnya.

Mulai dari mengatasi rasa takut menggunakan metode 5P, bagaimana cara mengetahui tipe-tipe audiens, cara menyenangkan dan mengendalikan audiens, serta akan diajarkan 10 teknik pembukaan yang powerful, sampai teknik berinteraksi dengan audiens.

2. The Power of Public Speaking - Charles Bonar Sirait

Penulis mendefinisikan public speaking sebagai kombinasi antara pengalaman, kemampuan diri, manajemen, serta seni dalam berbicara di depan umum.

Oleh karena itu, ada tiga hal yang akan sangat memengaruhi perkembangan kemampuan berbicara seseorang di depan umum, yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku ini bisa menggali kemampuan public speaking yang mungkin masih tersembunyi di dalam diri kamu dan belum pernah disosialisasikan ke publik.

Pembaca akan mendapatkan pencerahan tentang seni persuasi, dan cara berekspresi yang lebih bebas namun tepat saat berbicara di depan publik, dari pengalaman profesional penulis selama lebih dari 15 tahun.

3. My Public Speaking - Hilbram Dunar

Walaupun banyak teknik dan metode yang diterangkan di dalam buku ini, namun ada pendekatan yang berbeda ketika penulis juga menceritakan perjalanannya menjadi public speaker.

Berawal dari gagalnya rencana menjadi rockstar yang terkenal, karena kemampuan bermusik yang pas-pasan dan juga kurangnya kemampuan berkomunikasi dengan audiens akibat demam panggung, penulis kemudian malah banting setir menjadi penyiar radio.

Di sinilah penulis kemudian merasa bahwa dia bisa menjadi rockstar di bidang public speaking.

Ada empat dasar utama dari public speaking menurut penulis, yaitu jujur dan tidak mengarang-ngarang fakta saat berbicara, bahasa tubuh yang tepat, tertarik pada apa yang dibicarakan, dan terbuka terhadap kritikan serta terus memperbaiki diri.

4. Public Speaking for Success - Haryanto Kandani dan Harry Victor

Kolaborasi antara Haryanto Kandani, seorang personal coach dan self improvement trainer, dengan Harry Victor, seorang personal coach public speaking, menghasilkan buku yang memberikan materi yang dapat diikuti dengan baik oleh orang dari berbagai macam latar belakang profesi dan tingkat pendidikan.

Kunci dari buku ini adalah aplikatif dengan teknik public speaking yang mereka terapkan dan juga praktikan.

Keempat buku public speaking di atas, yaitu Publik Speaking Mastery, The Power of Public Speaking, My Public Speaking, dan Public Speaking for Success, bisa kamu dapatkan di Gramedia.com atau bisa kamu dapatkan langsung di toko buku Gramedia terdekat di kotamu.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com