Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Takut Presentasi, Ini 5 Tips Public Speaking untuk Pemula yang Bisa Kamu Ikuti

Kompas.com - 28/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Almira Rahma Natasya

Baik siswa sekolah, mahasiswa, maupun orang dewasa yang bekerja, pasti sudah tidak asing lagi melakukan presentasi di depan umum.

Meskipun cukup sering dituntut untuk berbicara di depan publik, tapi masih banyak dari kita yang merasa takut atau cemas saat melakukannya.

Sekarang, kamu tidak perlu lagi merasa takut saat presentasi, berikut ini lima tips public speaking bagi pemula yang bisa kamu ikuti.

5 Tips Public Speaking untuk Pemula Melakukan Presentasi

1. Mempersiapkan Materi Presentasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan materi yang akan kamu presentasikan dengan matang.

Jika kamu menguasai materi yang akan kamu sampaikan dengan baik, tentunya kamu akan merasa lebih percaya diri saat mempresentasikannya.

Kamu bisa menuliskan poin-poin penting dari materi yang akan kamu sampaikan dalam catatan kecil yang nantinya juga bisa kamu bawa saat melakukan presentasi.

Selama menyiapkan materi, kamu juga bisa mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sekiranya akan ditanyakan dan menyiapkan jawabannya, sehingga kamu bisa jadi lebih siap lagi.

2. Mengenali Audiens

Untuk menjadi seseorang yang mahir dalam public speaking, kamu perlu beradaptasi dengan setiap situasi yang ada.

Kamu perlu mengenali audiens yang akan kamu hadapi sehingga kamu bisa menyesuaikan gaya bicara yang tepat dan dapat menarik perhatian mereka.

Jika kamu adalah seorang MC, berbicara dalam kegiatan nonformal tentunya akan berbeda dengan saat presentasi untuk rapat di kantor.

Jika kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa, kamu juga bisa menyesuaikan dengan gaya bicara yang menarik dan mudah dipahami oleh teman-teman kamu di kelas.

3. Membiasakan Diri dengan Ruangan yang Digunakan untuk Presentasi

Selain perlu mengenali audiens yang akan kamu hadapi, kamu juga perlu mengenali dan membiasakan diri dengan ruangan tempat kamu melakukan presentasi nantinya.

Dengan mengetahui kondisi dan ukuran ruangan, kamu bisa memperkirakan sebanyak apa audiens yang akan hadir, serta seberapa keras suara yang perlu kamu keluarkan saat menyampaikan presentasi.

Saat kamu merasa familier dengan ruangan yang digunakan, hal tersebut dapat mengurangi rasa cemas dan gugup, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh sebab itu, datanglah beberapa menit lebih awal sebelum waktu presentasi dan beradaptasilah dengan ruangan yang digunakan.

4. Berlatih Bicara

Sebelum menyampaikan presentasi di depan umum, ada baiknya kamu berlatih berbicara di depan cermin terlebih dahulu.

Sering kali ketakutan yang kita alami saat akan melakukan presentasi disebabkan karena kita merasa kurang yakin dan tidak siap untuk berbicara di hadapan banyak orang. Maka dari itu, berlatihlah berulang-ulang kali sampai kamu yakin kamu siap untuk menyampaikan materi presentasi kamu.

Selain itu, dengan berlatih di depan cermin kamu juga bisa melihat ekspresi dan postur tubuh kamu selama menyampaikan presentasi, apakah sudah pas atau belum.

Semakin sering kamu berlatih, maka kamu akan semakin percaya diri untuk menghadapi presentasi yang telah menanti kamu.

5. Fokus dan Percaya Diri

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan saat berbicara di depan publik adalah fokus dan percaya dengan diri kamu sendiri.

Tidak perlu merasa takut atau khawatir akan membuat kesalahan.

Percayalah akan latihan-latihan yang telah kamu jalani selama ini dan percayalah bahwa kamu sudah mengupayakan yang terbaik.

Semakin sedikit kamu merasa cemas, maka kamu bisa memfokuskan seutuhnya energi yang kamu miliki untuk melakukan presentasi dengan baik.

Selain mengikuti kelima tips public speaking di atas, kamu juga bisa menyiapkan presentasi agar lebih maksimal lagi dengan membaca buku public speaking.

Buku Bicara itu Ada Seninya: Rahasia Komunikasi yang Efektif yang ditulis oleh Oh Su Hyang bisa menjadi pilihan.

Buku ini memaparkan rahasia terkait cara berkomunikasi yang tepat dan efektif untuk menggetarkan hati para audiens saat melakukan public speaking.

Menurut sang penulis, masing-masing orang memiliki daya tarik tersendiri dalam berbicara dan memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk menghidupkan suasana.

Dengan cara penulisannya yang ringan dan mudah dipahami, buku ini dapat membantu kamu mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan teknik berkomunikasi.

Jika kamu ingin membaca buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com