Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Pentingnya Public Speaking yang Wajib Kamu Ketahui

Kompas.com - 27/12/2021, 12:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Ratih Widiastuty

Apa itu public speaking atau kecakapan berbicara di depan umum adalah sebuah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu.

Tidak hanya berguna dalam karir, mengembangkan kemampuan berkomunikasi memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan, mengingat komunikasi merupakan hal yang mendasar untuk saling bertukar informasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Meskipun begitu, banyak yang masih merasa takut atau belum merasa harus melatih dan mengembangkan kemampuan public speaking ini.

Berikut adalah lima alasan pentingnya public speaking yang wajib kamu ketahui untuk pengembangan diri.

5 Alasan Pentingnya Public Speaking

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memiliki kemampuan public speaking secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Kamu jadi lebih mudah dalam menghadapi perasaan takut dan gelisah yang biasa dirasakan ketika berdiri di hadapan banyak orang karena percaya akan kemampuan berkomunikasi yang kamu miliki.

Kamu tidak akan lagi merasakan demam panggung dan mengalami kesulitan untuk menyampaikan pendapatmu di depan umum, yang juga akan memudahkan orang lain dalam memahami maksud yang ingin kamu sampaikan.

2. Kemajuan dalam Karir

Karena memiliki kepercayaan diri untuk mengutarakan pendapat dan ide-ide yang kamu miliki, serta berpartisipasi secara aktif dalam diskusi saat rapat, kamu jadi memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan promosi dalam karir.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, kemampuan public speaking juga akan sangat berguna dalam wawancara kerja.

Kamu akan jadi lebih mudah dan sigap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara, serta memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan.

3. Melatih Berpikir Kritis

Untuk menyampaikan ide atau pendapat kamu di depan umum, terutama saat diskusi penting, tentunya kamu perlu untuk terlebih dahulu menyusun kalimat yang tepat dan tidak berbelit-belit.

Di sinilah kemampuanmu dalam berpikir kritis akan diasah.

Tidak cukup hanya sekadar memiliki ide, tetapi kamu juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menyampaikan ide yang kamu miliki agar mudah dipahami oleh orang-orang yang mendengarkan.

Kebiasaan menyusun kalimat yang efektif dalam public speaking inilah yang sekaligus juga akan membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Membantu Menciptakan Koneksi Sosial

Dengan secara aktif menyampaikan ide-ide yang kamu miliki, kamu berkesempatan untuk bertemu dan menjadi lebih dekat dengan orang-orang yang memiliki minat atau ketertarikan yang sama.

Setelah berbicara di depan umum, kemungkinan beberapa orang akan menghampiri kamu untuk berdiskusi lebih lanjut, hingga saling bertukar sudut pandang mengenai topik yang kamu utarakan.

Hal ini dapat membantu kamu memiliki jejaring sosial yang lebih luas dan tentunya akan sangat bermanfaat, terutama dalam pengembangan karir.

5. Membangun Kemampuan Kepemimpinan

Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa membantu mewakili rekan-rekan sekelompok kamu untuk menyuarakan pendapat atau ide yang ingin mereka sampaikan kepada khalayak umum.

Selain itu, jika kamu dapat menguasai public speaking dengan mahir, kamu juga dapat mengubah perspektif orang lain akan suatu hal, dan mengajak orang-orang untuk melakukan tujuan yang ingin kamu capai.

Komponen-komponen ini merupakan kecakapan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

Jika kamu sudah siap untuk keluar dari zona nyaman dan ingin mengembangkan kemampuan public speaking, kamu bisa membaca buku public speaking karya Oh Su Hyang yang berjudul Bicara Itu Ada Seninya.

Buku yang ditulis oleh seorang dosen dan pakar komunikasi terkemuka di Korea Selatan ini mengulas mengenai teknik berkomunikasi yang baik, dengan diselingi kisah-kisah yang dapat menginspirasi untuk melatih kemampuan public speaking kamu.

Menurut Su Hyang, seseorang yang memiliki kemampuan berbicara dengan mahir akan menjadi lebih maju dibandingkan orang-orang lainnya.

Hal ini semakin menekankan pentingnya kamu untuk memiliki kemampuan public speaking ini.

Buku The Power of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik karya Charles Bonar Sirait juga tidak kalah menarik untuk dibaca.

Buku ini cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar dan mengasah kemampuan public speaking.

Penulis dengan cakap memaparkan secara lengkap aspek-aspek yang dibutuhkan untuk menguasai dan mahir dalam berkomunikasi di depan publik.

Jika kamu tertarik untuk membaca buku ini, kamu bisa membeli kedua bukunya dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com