Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Public Speaking Beserta Buku-Buku Rekomendasinya

Kompas.com - 23/12/2021, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Public Speaking for Success
Pengarang: Haryanto Kandani, Harry Victor,…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki setiap orang untuk dapat menjalankan kehidupannya adalah kemampuan berbicara di depan banyak orang atau yang lebih dikenal dengan public speaking.

Biasanya kemampuan untuk public speaking memang tidak mudah untuk dikuasai dan perlu latihan agar dapat tampil lancar dan percaya diri saat berbicara di depan khalayak umum.

Namun jangan khawatir, karena kini sudah banyak buku-buku yang menyajikan teori dan cara untuk berlatih melakukan public speaking agar tidak merasa gugup dan cemas.

Kemampuan public speaking memang mutlak dibutuhkan agar kegiatan atau pekerjaan seperti rapat, diskusi, hingga presentasi bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang buku-buku public speaking, berikut definisi atau penjelasan mengenai apa itu public speaking.

Definisi Public Speaking

Secara sederhana, public speaking merupakan skill berbicara di depan umum atau di hadapan banyak orang yang biasanya dilakukan untuk sebuah tujuan tertentu, seperti presentasi, ceramah, hingga diskusi.

Kemampuan dalam public speaking biasanya akan memudahkan orang yang menguasainya untuk mendapatkan pekerjaan, karena biasanya dalam dunia kerja skill ini sangat dibutuhkan agar mampu meyakinkan banyak orang.

Akan tetapi, bagaimana jika kita mempunyai perasaan kurang percaya diri dan takut untuk berbicara di depan banyak orang, jawabannya adalah dengan mempelajarinya lewat buku-buku public speaking berikut ini.

Rekomendasi Buku-Buku Public Speaking

1. Public Speaking for Success

Buku ini ditulis oleh dua orang yang memang sudah sangat ahli dalam bidang public speaking, sehingga bisa menjadi pegangan yang tepat untuk kamu dalam mempelajari kemampuan berbicara di depan banyak orang.

Semua hal tentang public speaking dibahas dengan lengkap dan rinci di sini, mulai dari A hingga Z, seperti pengenalan, konsep, perasaan, hingga cara mendapatkan perhatian audiens semuanya lengkap ditulis dengan rinci dan spesifik.

Gaya bertutur saat menjelaskan setiap langkahnya pun sangat sederhana yang memungkinkan siapa saja bisa memahami dengan mudah dan menguasai kemampuan public speaking.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, di Mana Saja

Buku ini akan memberikan penjelasan akan berbagai hal apa saja yang mesti diperhatikan ketika akan berbicara saat situasi dan waktu tertentu yang akan membantu kamu bisa menguasai skill public speaking.

Disertai beberapa contoh lewat tokoh-tokoh terkenal yang akan semakin menginspirasi kamu untuk mau terus mengasah kemampuan dalam berbicara di depan banyak orang.

Terdapat pula tips-tips berguna yang mudah untuk diaplikasikan saat akan melakukan public speaking dengan pola pikir yang sangat menginspirasi dan menggugah untuk segara dilakukan.

3. Stand and Deliver

Buku ini dapat membantu kamu untuk bisa menjadi seorang pembicara yang andal dengan materi yang lengkap dan mudah dimengerti untuk mengasah skill berbicara di depan khalayak ramai.

Setiap materi dijelaskan secara rinci dan lengkap sehingga terkesan jelas dan mudah dimengerti, meskipun penjelasan yang disampaikan mungkin berasal dari beberapa tahun yang lalu, tapi masih terasa relate untuk dilakukan.

Tidak hanya membahas soal cara-cara mengatasi masalah dalam berbicara di depan umum, buku ini juga memberikan studi kasus dan contoh nyata yang akan semakin memudahkan untuk mengerti dan memahami setiap materi yang dibahas.

4. Bicara Itu Ada Seninya

Penjabaran yang tersaji dalam buku ini ditulis dengan ringan agar dapat dipahami oleh siapa pun yang mau menguasai kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar.

Tidak hanya materi, buku ini juga turut memasukkan pengalaman tokoh terkenal seperti Barack Obama saat berbicara di depan umum, yang pada awalnya memang tidak memiliki kemampuan berbicara yang baik, tapi berkat usaha dan memosisikan diri sebagai pendengar, pada akhirnya skill public speaking pun bisa dikuasai.

Bagi kamu yang memerlukan kemampuan untuk berbicara di depan umum, sepertinya buku ini bisa menjadi bahan latihan yang akan mengasah skill berkomunikasi kamu di depan banyak orang.

Semua buku yang telah disebut tadi bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selamat belajar dan mengasah kemampuan public speaking!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com