Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Contoh Public Speaking yang Wajib Kamu Ketahui

Kompas.com - 04/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Power of Public Speaking
Pengarang: Charles Bonar Sirait
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kecakapan dalam berbicara terutama di depan publik menjadi salah satu kemampuan yang ingin dikuasai oleh sebagian besar orang.

Bagaimana tidak? Dengan menguasai public speaking, kamu dapat dengan mudah menyampaikan maksud dan tujuan kepada orang lain, bahkan dapat memengaruhi serta mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

Namun terdapat berbagai macam jenis public speaking di mana masing-masing membutuhkan keterampilan komunikasi yang berbeda pula.

Jika kamu ingin makin jago bicara di depan umum, ini lima contoh public speaking yang wajib kamu ketahui.

5 Contoh Public Speaking

1. Presentasi

Presentasi merupakan salah satu contoh public speaking yang paling umum.

Bahkan pelajar di sekolah tidak jarang dituntut untuk melakukan presentasi di depan kelas sebagai bentuk dari tugas yang diberikan oleh guru.

Orang dewasa yang bekerja pun perlu melakukan presentasi untuk menyampaikan hasil pekerjaan di hadapan rekan-rekan kerjanya.

Untuk mempermudah dalam menyampaikan materi presentasi, kamu bisa memakai alat bantu seperti power point yang berisi poin-poin penting dari materi yang akan kamu sampaikan.

Kamu juga bisa menambahkan gambar atau video yang menarik untuk menunjang presentasi kamu supaya lebih bagus lagi.

2. Sambutan

Sambutan biasa diberikan oleh salah satu atau beberapa perwakilan orang penting untuk membuka suatu acara atau kegiatan.

Jika kamu dituntut untuk memberikan sambutan dalam suatu acara, kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai bentuk acara tersebut.

Mengapa acara itu dilaksanakan dan apa tujuan yang ingin dicapai setelah acara itu berlangsung, merupakan salah satu hal wajib yang perlu kamu ketahui.

Kamu juga bisa menyampaikan bagaimana pendapat atau perasaan, serta harapan kamu terkait acara tersebut.

Terakhir, kamu bisa memberikan doa supaya kegiatan bisa berlangsung dengan baik.

3. Mengajar

Tidak hanya guru, kamu juga bisa mempraktikkan public speaking ini dalam kegiatan belajar kelompok bersama teman-teman.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam mengajar, kamu dituntut untuk menyampaikan materi menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh para murid.

Kamu juga bisa memberikan contoh-contoh soal untuk membantu para pendengar agar semakin memahami materi yang kamu sampaikan.

4. Ceramah

Ceramah merupakan contoh public speaking yang biasa dilakukan oleh pemuka-pemuka agama untuk menyampaikan ajaran agama kepada para audiens.

Untuk menunjang penyampaian materi ceramah, kamu bisa menambahkan contoh kasus terkait isu-isu yang baru saja terjadi di masyarakat belakangan ini.

Dengan begitu, penyampaian ceramah akan menjadi lebih menarik dan audiens juga jadi lebih mudah dalam menangkap serta memahami materi ceramah yang disampaikan.

5. MC

Master of Ceremony atau yang biasa disebut dengan MC merupakan contoh public speaking yang dilakukan oleh seseorang untuk memandu berlangsungnya suatu acara atau kegiatan.

Berbeda dengan public speaking lain yang biasa dilakukan dalam kegiatan formal, MC lebih ditujukan pada seorang pemandu dalam acara-acara nonformal seperti acara hiburan, perayaan ulang tahun, resepsi pernikahan, dan lain-lain.

Jika kamu dituntut untuk menjadi seorang MC, maka kamu memerlukan kreativitas untuk membangun antusiasme dari para audiens.

Kamu tidak perlu menggunakan bahasa yang terlalu formal untuk memandu suatu acara.

Lebih baik jika bahasanya menarik dan dapat menghibur audiens agar mereka tidak merasa bosan selama mengikuti acara.

Nah, itulah lima contoh public speaking yang wajib kamu ketahui. Pelajari pula berbagai metode public speaking.

Jika kamu tertarik untuk menguasai public speaking, kamu juga bisa belajar lebih dalam dengan membaca buku public speaking.

Buku The Power of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik karya Charles Bonar Sirait dan Bicara itu Ada Seninya: Rahasia Komunikasi yang Efektif yang ditulis oleh Oh Su Hyang bisa menjadi pilihan yang pas.

Kedua buku yang membahas mengenai tips-tips berbicara di depan umum tersebut dapat membantu kamu untuk lebih memahami mengenai teknik berkomunikasi yang baik, yang sangat penting jika kamu ingin menguasai public speaking.

Semua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dok : Gramedia Dok : Gramedia

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com