Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tema Public Speaking untuk Mahasiswa yang Mampu Menarik Audiens dengan Mudah

Kompas.com - 09/05/2022, 16:00 WIB
Tema Public Speaking untuk Mahasiswa Sumber Gambar: Freepik.com Tema Public Speaking untuk Mahasiswa
Rujukan artikel ini:
Public Speaking Seni Berbicara
Pengarang: WAHYUDI SISWANTO
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap orang pasti bisa berbicara, tapi tidak semua orang mampu berbicara dengan mudah di depan banyak orang.

Mereka yang tidak terbiasa bicara di depan umum biasanya adalah orang-orang yang kurang percaya diri, sehingga mereka akan sangat gugup jika disuruh tampil di hadapan publik.

Padahal sebenarnya, bicara di depan umum (public speaking) merupakan sebuah skill atau kemampuan yang bisa dipelajari oleh semua orang.

Tidak hanya di dunia kerja, kemampuan public speaking juga termasuk salah satu aspek yang paling penting untuk dimiliki para mahasiswa di perguruan tinggi.

Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, para mahasiswa akan lebih mudah dalam menyampaikan materi presentasi, menjadi moderator, atau menjawab berbagai pertanyaan yang didapatkan dari dosen.

Untuk bisa memiliki kemampuan public speaking, seorang mahasiswa harus sering berlatih otodidak di rumah, atau mengikuti pelatihan yang biasanya diadakan oleh komunitas tertentu. Baca selengkapnya Tips Jitu Latihan Public Speaking Sendiri.

Selain itu, aktif berorganisasi di universitas juga bisa menjadi salah satu cara termudah untuk melatih kemampuan berbicara karena kamu akan lebih sering berinteraksi dengan banyak orang.

Mahasiswa yang unggul dalam public speaking tentunya akan memiliki banyak keuntungan tidak hanya di dunia pendidikan, tapi juga di dunia karir professional.

Saat kamu sudah mulai merasa berani dan percaya diri untuk berbicara di depan umum, kamu bisa coba latih dirimu untuk mempresentasikan tema tertentu, bisa di depan kelas atau di depan sebuah forum.

Perlu diketahui bahwa tema adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam public speaking, supaya kamu bisa menarik minat para audiens untuk mendengarkanmu.

Berikut ini adalah beberapa ide tema atau materi yang menarik dan bisa kamu coba untuk melatih kemampuan public speaking yang kamu milikki.

Tema atau Materi Public Speaking untuk Mahasiswa

1. Insecure

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, misalnya dari bentuk wajah, bentuk tubuh, jenis rambut, dan masih banyak lagi.

Setelah melakukan riset dari berbagai sudut pandang, setiap orang tentunya tidak suka jika harus membahas topik sensitif yang menyangkut soal ketidaksempurnaan.

Hal ini bisa dianggap sebagai sesuatu yang sifatnya merendahkan dan membuat orang menjadi insecure.

Dengan membawakan tema ini, kamu bisa memotivasi dan meyakinkan mereka untuk tidak insecure dengan cara menghargai kelebihan lain yang mereka miliki.

2. Berbagi Kesalahan Hidup yang Pernah Dialami

Setiap orang pasti pernah membuat berbagai kesalahan kecil dalam hidup, seperti salah seragam, salah naik angkutan umum, atau salah kostum saat acara penting.

Berbagai kejadian ini bisa kamu jadikan sebagai tema atau materi selingan untuk menarik audiens dan membuat mereka mau terus mendengarkanmu bicara.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan membawakan tema ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kesalahan apapun di masa lalu sebenarnya adalah hal yang wajar, sehingga mereka tidak boleh menganggapnya sebagai pengalaman yang memalukan.

3. Pengalaman yang Membuatmu Galau

Galau adalah salah satu perasaan paling umum yang bisa dirasakan oleh setiap manusia, khususnya para anak muda.

Cobalah untuk mengutarakan pengalamanmu saat berada dalam situasi stres atau galau, dan bagaimana cara kamu bisa melewatinya.

Dengan membawakan tema ini, kamu akan membantu mengubah tragedi cinta yang mereka alami, menjadi sebuah komedi dan memotivasi mereka untuk tidak merasakan sedih yang berkepanjangan.

4. Isu Terkini Mengenai Pendidikan

Pelajar dan Mahasiswa adalah salah satu agen perubahan bangsa, terutama bagi dunia pendidikan secara luas.

Sejak dahulu sampai hari ini, isu pendidikan masih menjadi isu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sulitnya akses pendidikan di beberapa daerah, kurangnya perhatian dari pemerintah dalam menyejahterakan para pendidik, rendahnya minat baca para pelajar, merupakan beberapa isu yang urgent dalam dunia pendidikan.

Membawakan tema ini tentunya akan sangat menarik, dari sini kamu bisa mengajak para audiens untuk berdiskusi dan saling mengutarakan pendapat tentang bagaimana cara mereka dalam memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia.

Untuk semakin membuatmu percaya diri dan tidak mudah gugup, ada dua rekomendasi buku yang bisa membantumu, yakni buku Public Speaking Seni Berbicara karya Wahyu Siswanto dan buku 5 Menit Meditasi untuk Public Speaking yang Mengagumkan karya Akbar Pratama.

Dalam buku Public Speaking Seni Berbicara, kamu akan mengetahui kiat-kiat dan kegiatan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai public speaking.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya memengaruhi dan mengajak audiens untuk lebih aktif dalam berdiskusi sehingga tema public speaking yang kamu bawakan bisa terasa lebih bermanfaat.

Jika kamu masih sering merasa gugup saat ingin bicara di depan umum, kamu bisa coba temukan solusinya dalam buku 5 Menit Meditasi untuk Public Speaking yang Mengagumkan.

Buku tipis yang hanya terdiri dari 86 halaman ini berisi langkah-langkah praktis yang bisa kamu praktikkan sebelum memulai public speaking.

Dengan banyak berlatih, kepercayaan diri kamu akan semakin terasah dan kemampuan kamu akan semakin meningkat.

Kedua buku tentang public speaking ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com