Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membuat Teks Eksplanasi? Berikut 5 Langkah yang Tepat!

Kompas.com - 29/08/2022, 12:30 WIB
langkah membuat teks eksplanasi Sumber: pinterest langkah membuat teks eksplanasi
Rujukan artikel ini:
22 Jenis Teks Dalam Pembelajaran…
Pengarang: Dr.E.Kosasih, M.Pd
|
Editor Rahmad

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan sebuah proses terjadinya suatu peristiwa. Selain itu, teks ini menjelaskan pula fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti fenomena alam, sosial, dan juga budaya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam menulis teks eksplanasi yang baik dan benar. Sebelum memulai untuk menulis teks eksplanasi, kamu sebaiknya juga memahami definisi teks eksplanasi.

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi

1. Melakukan observasi terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar

Sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi di lingkungan kita dan kehidupan kita sehari-hari sangatlah banyak, beragam, serta unik di setiap wilayahnya. Oleh karena itu, peristiwa ini bisa disajikan bahan untuk menyusun teks eksplanasi dengan baik dan mudah untuk dipahami.

Untuk memudahkan memahaminya, contohnya seperti pembahasan tentang udara yang setiap hari kita rasakan, lalu penyebab udara di pagi hari terasa lebih dingin sedangkan pada siang hari udara terasa sangatlah panas.

Atau bisa juga kenapa waktu pagi hari terdapat embun pagi, sedangkan pada sore hari tidak ada embun. Begitu banyak peristiwa yang terjadi kalau kamu mau mengobservasi hal tersebut atau hal-hal di sekeliling kita.

2. Mengamati peristiwa

Setelah kamu melakukan observasi sebuah peristiwa dan melakukan pendataan di lingkungan sekitar, maka tentukan saja peristiwa yang mau akan kamu amati lebih dalam dan lebih detail. Apa tujuannya? Tujuannya adalah agar ada batasan masalah yang kamu amati.

Apabila tak ada batasan, maka teks yang akan kamu bahas dan kamu tulis nantinya akan menjadi melebar ke mana-mana. Berdasarkan pada pengamatan yang kamu lakukan, maka akan memunculkan ide dalam penulisan teks eksplanasi.

3. Mencatat urutan peristiwa

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah saat kamu melakukan pengamatan, hal yang wajib kamu lakukan adalah mencatat hal yang tengah kamu amati. Bahkan semua hal kamu catat saja terlebih dahulu. Karena, semakin detail, maka akan semakin baik.

Kemudian, pastikan pula catatan hal yang kamu amati itu sudah berurutan. Urutan kejadian suatu peristiwa sangat penting untuk kamu ketahui. Hal ini kamu catat untuk membuktikan kevalidan dari sebuah kejadian yang telah terjadi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Kerangka teks eksplanasi

Setelah kamu mendapatkan data, urutan kejadiannya, serta fakta yang sesuai dengan peristiwa yang kamu amati, maka susunlah semuanya menjadi sebuah kerangka teks eksplanasi. Kamu tentukan terlebih dahulu beragam hal yang akan kamu jelaskan.

Kerangka karangan yang kamu susun nantinya haruslah berdasarkan pada struktur teks eksplanasi. Teks ini adalah jenis teks eksplanasi yang dibentuk berdasarkan pada struktur atau bagian-bagian tertentu. Nah, struktur tersebut harus diawali dengan pernyataan umum, deretan peristiwa, sera ulasan atau interpretasi.

5. Menyusun teks eksplanasi

Kerangka karangan dalam teks eksplanasi dibuat dengan tujuan untuk mempermudah kita dalam penyusunan teks. Berdasarkan pada kerangka karangan itulah, kamu bisa langsung membuat teks eksplanasi dengan menggunakan berbagai bahasa yang mudah untuk dipahami.

Gimana, sudah paham dan siap menulis teks eksplanasi? Sebetulnya, ada banyak sekali jenis teks yang ada dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kamu bisa mempelajari beragam jenis teks lainnya di buku 22 Jenis Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi. Buku ini merupakan pelengkap dari seri buku jenis-jenis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan juga menengah.

Buku ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi keterbatasan referensi terkait dengan pendalaman materi bahasa Indonesia, yang berdasarkan pada kurikulum yang berbasis pada teks di sekolah dasar ataupun Madrasah Ibtidaiyah.

Materi tentang teks ini menjadi materi yang turut mewarnai kehadiran kurikulum yang baru. Makanya masih sangat sedikit referensi akan pembelajaran ini. buku ini berkaitan dengan sebuah pendekatan genre, khususnya pada materi yang menjabarkan materi mengenai kurikulum baru yang masih sangat langka dalam hal referensi.

Dengan adanya buku ini, penulis berharap, buku ini mampu memenuhi harapan semua yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Indonesia, mulai dari siswa, guru, dosen, sampai praktisi yang tengah mendalami materi bahasa Indonesia.

Buku ini bisa langsung kamu dapatkan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com