Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Public Speaking Singkat yang Bisa Dijadikan Referensi

Kompas.com - 06/06/2022, 10:00 WIB
Contoh Teks Public Speaking Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Teks Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Public Speaking for Success
Pengarang: Haryanto Kandani, Harry Victor,…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Public speaking memiliki berbagai jenis bentuk, salah satunya adalah pidato yang biasanya bertujuan untuk menyampaikan sebuah materi yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai, agar isi dan pesan dari materi tersebut dapat tersalurkan dengan baik kepada audiens.

Biasanya public speaking tidak dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, tapi setiap individu pastinya akan menemui momen yang mengharuskan mereka untuk berbicara di depan umum.

Contohnya seperti presentasi tugas sekolah, menyampaikan materi seminar, hingga pidato ketika lulus kuliah.

Semua momen itu bisa dibilang menjadi momen yang menentukan bagi kehidupan kita selanjutnya, sehingga ketika akan melakukan public speaking, kita harus menyiapkannya dengan matang agar bisa tampil lancar dan percaya diri untuk memikat audiens dengan apa yang kita bicarakan di hadapan mereka.

Agar kamu tidak merasa gugup maupun nervous ketika akan melakukan public speaking, akan jauh lebih baik jika kamu menyiapkan terlebih dahulu teks public speaking yang akan disampaikan, sehingga selain dapat menulis poin-poin penting di dalamnya, teks public speaking tersebut juga dapat menjadi bahan koreksi sebelum tampil.

Biasanya banyak sekali tema public speaking yang dibawakan dengan materi yang beragam, maka sebelum menyampaikan apa yang kamu tahu dan pahami, pertama-tama tulislah terlebih dahulu materi tersebut di atas selembar kertas sebagai amunisi penting jikalau nantinya secara tiba-tiba kamu blank di atas panggung.

Daripada bingung harus menuliskan teks public speaking seperti apa, simak beberapa contoh teks public speaking dengan beragam tema berikut ini sebagai contoh dan bahan referensi.

Contoh Teks Public Speaking

1. Public Speaking Mengenai Pentingnya Minat Baca

Asalamu’alaikum Wr. Wb.

Di siang hari yang cerah ini saya akan menyampaikan materi mengenai pentingnya minat baca bagi masyarakat Indonesia.

Namun, pertama-tama saya ingin memanjatkan puji dan syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa untuk kesempatan yang baik ini.

Hadirin yang terhormat, saat ini, minat baca di Indonesia masih tergolong rendah karena fasilitas untuk menjangkau itu semua masih sulit diakses oleh masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, peran pemerintah dan masyarakat itu sendiri akan sangat penting untuk mampu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Ada beberapa langkah dan cara yang bisa dilakukan pemerintah dan diri kita sendiri untuk membantu meningkatkan minat baca, khususnya bagi anak-anak, yakni dengan cara membangun banyak perpustakaan di daerah-daerah terpencil, menyumbangkan buku untuk perpustakaan-perpustakaan tersebut, hingga memberikan materi pelajaran membaca novel saat masih duduk di bangku SD.

Oleh karena itu, hadirin sekalian, jangan pernah bosan untuk selalu menyebarkan semangat literasi bagi generasi muda kita agar minat baca masyarakat Indonesia bisa meningkat ke depannya.

Mungkin cukup sekian pembahasan yang ingin saya sampaikan hari ini.

Semoga semua materi yang telah saya utarakan bisa memicu semangat para hadirin sekalian untuk terus membiasakan diri membaca buku di setiap kesempatan yang ada.

Bila ada ucapan atau kata yang salah mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Public Speaking Mengenai Perubahan Iklim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian yang sudah rela dan mau hadir di siang hari yang cerah ini.

Saya panjatkan syukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa karena telah mengizinkan kita semua untuk berkumpul di sini.

Pagi ini, saya ingin menyampaikan salah satu isu global yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para hadirin sekalian, yaitu tentang perubahan iklim akibat pemanasan global yang dari tahun ke tahun bisa dibilang semakin parah dan tak terkendali.

Banyak sekali kegiatan sehari-hari yang kita jalani ternyata ikut menyumbang gas karbon yang menjadi biang keladi dari perubahan iklim yang terjadi.

Contohnya seperti menggunakan kendaraan bermotor, menghidupkan AC, hingga mengonsumsi daging sapi sekalipun nyatanya menyumbangkan jejak karbon di atmosfer.

Apa langkah yang pasti dan ideal untuk menghentikan pemanasan global ini? Jawabannya adalah komitmen bersama, baik pemerintah maupun masyarakat di seluruh dunia untuk mau berkontribusi dalam mengurangi kegiatan-kegiatan yang berindikasi menciptakan karbon di atmosfer.

Semoga materi yang saya berikan hari ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk mulai sadar akan pentingnya kelangsungan kehidupan di Bumi bagi anak dan cucu kita kelak.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan dan sekali lagi terima kasih atas perhatiannya.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Semoga dua contoh teks public speaking jni bisa menjadi sumber referensi dan inspirasi bagi kamu ketika akan menuliskan materi public speaking dalam bentuk teks yang mudah dibaca ketika dibutuhkan. Baca pula Contoh Public Speaking Tentang Motivasi.

Namun, jika kamu ingin tampil jauh lebih prima dan siap saat akan melakukan public speaking, buku yang satu ini bisa menjadi media belajar yang tepat.

Buku Public Speaking for Success yang ditulis oleh Haryanto Kandani dan Harry Victor ini akan menjadi solusi yang pasti untuk kamu dalam menghadapi perasaan gugup dan nervous ketika akan melakukan public speaking.

Jangan pernah merasa rendah diri jika kamu adalah salah satu individu yang merasa takut untuk berbicara di depan umum karena memang kemampuan yang satu ini ternyata bisa dipelajari melalui buku ini.

Semua hal tentang public speaking mulai dari A sampai Z bisa kamu dapatkan melalui buku ini, sehingga akan sangat cocok bagi pemula yang akan mulai belajar tentang soft skill berbicara di depan banyak orang.

Langsung saja pesan dan beli bukunya di Gramedia.com sekarang juga.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com