Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Contoh Teks Deskripsi Tentang Lingkungan yang Baik dan Benar!

Kompas.com - 25/08/2022, 15:30 WIB
contoh teks deskripsi tentang lingkungan Photo by lehuudat on Pixabay contoh teks deskripsi tentang lingkungan
Rujukan artikel ini:
Geografi Lingkungan
Pengarang: I Gusti Bagus Arjana
|
Editor Rahmad

Paragraf teks deskripsi adalah jenis tulisan yang berbasis konten selain paragraf naratif dan argumentatif. Paragraf ini berisi tentang deskripsi objek yang digambarkan secara rinci seolah-olah objek berada di dekat pembaca.

Ada tiga jenis paragraf ini, yakni paragraf deskripsi spasial, paragraf deskripsi subjektif, dan paragraf deskripsi objektif singkat. Salah satu tema yang cocok ditulis dengan paragraf ini adalah tentang lingkungan.

Dalam praktiknya, isu lingkungan selalu menarik untuk dibahas. Maka struktur teks deskripsi cocok untuk mengemas isu lingkungan jadi lebih detail untuk menyampaikan pesan pada pembaca.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Lingkungan

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang lingkungan yang baik dan benar untuk kamu jadikan referensi:

1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sampah Rumah Tangga

Setiap rumah tangga sehari-hari wajib mengumpulkan sampah mereka, terutama dari dapur. Sampah rumah tangga kompleks A sudah terbiasa dipisahkan, mulai dari sampah bahan anorganik dan organik agar lebih mudah didaur ulang.

Proses daur ulang oleh penduduk setempat rutin dilakukan. Mulai dari memilah sampah sampai mendaur ulangnya. Warga sepakat mendirikan posko untuk membuang sampah plastik dan tempat untuk mendaur ulang.

Sampah dikumpulkan setiap minggu dan diolah menjadi produk yang bermanfaat. Beberapa dari hasil sampah yang sudah disortir diberikan pada pegiat kerajinan tangan untuk tujuan komersial untuk mengumpulkan uang kas warga.

Beberapa digunakan sendiri, sementara yang lain dijual untuk meningkatkan profitabilitas masing-masing pembuat. Pemanfaatan limbah rumah tangga sangat membantu dalam mendukung kebiasaan baik warga dan mendorong kemandirian ekonomi warga. (Kamu bisa mengembangkan paragraf dengan hasil daur ulang dan sebagainya).

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Lingkungan Perkampungan

Lingkungan desa saya masih sangat asri, ada banyak pepohonan, kicau burung, dan jangkrik yang selalu terdengar di pagi dan sore hari. Kondisi jalan desa tidak semulus jalan kota yang beraspal.

Lalu lintas masih sangat sepi dengan banyak lubang di jalan, bahkan truk yang lewat pun bisa menjatuhkan batu. Kondisi jalan di sekitar pemukiman penduduk naik turun dan berkelok-kelok.

Baik itu sepeda motor atau mobil, hanya orang-orang dengan keahlian khusus yang bisa membawa kendaraan di jalan pedesaan ini. Terlepas dari itu, lingkungan sosial Desa masih sangat harmonis.

Ketika seseorang menjadi tuan rumah sebuah acara, hampir semua tetangga saling membantu bahkan menyumbangkan makanan untuk membantu penyelenggara menyelenggarakan acara tersebut. (Kamu bisa mengembangkan paragraf dengan mendeskripsikan keramahan orang desa)

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sungai

Sungai di desa saya tampak tidak seperti dulu lagi. Warnanya menjadi hitam, dan puing-puing seperti sampah plastik, styrofoam, daun jatuh, dan pakaian mengambang di permukaan sungai. Sementara itu tepian sungai juga berubah.

Sampah yang berserakan dan menumpuk di setiap sudut kini menjadi pemandangan biasa di sungai-sungai tersebut. Ini menunjukkan bahwa sungai ini sudah sangat tercemar sehingga airnya tidak lagi sehat.

Padahal, sungai ini adalah salah satu sumber air di daerah saya. Jika pemandangan sampah ini dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan akan semakin parah. Hal tersebut juga akan berdampak lebih besar lagi masalahnya. (Kamu bisa kembangkan paragraf teks deskripsi dengan observasi lapangan yang kamu temukan di sungai yang ingin kamu deskripsikan).

4. Contoh Teks Deskripsi Tentang Reboisasi

Kehadiran reboisasi pohon tahun lalu telah mengembalikan memperkaya hutan sejak program penanaman dilaksanakan di hutan desa ini. Memang belum menjulang tinggi, namun pepohonan mulai menunjukkan daunnya dan semakin hari semakin hijau.

Akibatnya, kondisi hutan setidaknya lebih baik daripada saat dibakar. Saat itu, hutan di desa ini masih jarang. Tanah mulai menghitam dan warga desa bahkan bisa merasakan panasnya saat melintasi hutan yang baru saja terbakar ini.

Dengan keberhasilan program reboisasi awal, diharapkan pohon-pohon peneduh akan kembali menghiasi hutan dan sekali lagi memberikan udara sejuk di wilayah ini. Setidaknya beberapa jenis pohon yang tertanam dalam hutan ini mampu menyelamatkan lingkungan wilayah ini.

Kembalinya hutan akan sangat berpengaruh bagi masyarakat desa ini. Meskipun mungkin membutuhkan waktu lama, tetapi ini bisa memberi harapan lingkungan hidup yang baik. (Kamu bisa kembangkan paragraf teks deskripsi dengan hasil observasi di lapangan untuk mendeskripsikan hutan yang ingin kamu tulis).

Buku Geografi Lingkungan yang ditulis I Gusti Arjana dapat memberimu referensi tentang deskripsi lingkungan yang dikaji oleh ilmu geografi. Buku ini akan mengenalkan lebih jauh tentang lingkungan hidup, terutama tentang bumi sebagai planet.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat jadi referensi bagi pembacanya sehingga dapat berkontribusi dalam mencari solusi secara sinergis dan komprehensif dalam menghadapi isu-isu krusial lingkungan.

Itulah sebabnya teks deskripsi tentang lingkungan sangat penting.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com