Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bersosialisasi, Ini 5 Cara Jitu untuk Beradaptasi di Lingkungan Baru

Kompas.com - 01/04/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Power Of Habit
Pengarang: Charles Duhigg
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Memulai aktivitas di tempat dan lingkungan baru adalah hal yang cukup menyulitkan bagi sebagian orang.

Saat kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kita tentu akan bertemu dengan suasana yang baru, wajah baru, bahkan kepribadian yang baru dan jauh lebih beragam.

Untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, kita harus belajar beradaptasi dengan orang-orang yang punya perbedaan karakter dengan kita.

Jika tidak segera beradaptasi dan berbaur, kita akan merasa rugi karena tidak punya teman atau bahkan bisa dikucilkan dari pergaulan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak merasa canggung dan cepat dalam beradaptasi di lingkungan yang baru.

5 Cara Jitu Beradaptasi di Lingkungan Baru

1. Jangan Berekspektasi Negatif

Saat pertama kali masuk ke lingkungan baru, seseorang biasanya akan langsung memiliki pikiran-pikiran atau persepsi yang negatif.

Hal ini sebenarnya kurang bagus karena akan membuat kamu kesulitan untuk menyesuaikan diri dan malah membuat kamu down, sehingga tidak bisa berbaur dengan orang-orang baru.

Jadi, cobalah untuk menyingkirkan semua persepsi negatif tersebut dan tantang dirimu sendiri untuk berani berbaur dengan lebih dahulu mengajak orang lain untuk bicara.

2. Ramah dan Murah Senyum

Saat kamu sedang berada di lingkungan yang baru, jangan pernah menunjukkan wajah atau sikap yang sombong dan cuek, karena ini akan membuat orang lain malah segan untuk mengajakmu mengobrol atau sekadar berkenalan.

Jadi cobalah untuk tersenyum dan bersikap ramah saat bertemu orang lain, sehingga mereka akan merasa bahwa kamu adalah orang yang menyenangkan untuk mereka ajak bicara.

3. Menghargai Setiap Perbedaan yang Ada

Saat kamu sudah merasa bisa beradaptasi di lingkungan baru, kamu pasti akan bertemu dengan banyak orang yang punya berbagai karakter yang berbeda-beda.

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa sedikit tidak nyaman dengan perbedaan tersebut, tapi belajarlah untuk tidak mudah baper dan cobalah untuk menerima setiap perbedaan yang ada.

Jadi kalau ada ucapan atau tindakan yang kurang berkenan, maklumi saja karena kamu belum terlalu banyak mengenal mereka.

4. Beranikan Diri untuk Memulai Percakapan

Agar bisa lebih cepat beradaptasi di lingkungan baru, cobalah untuk lebih dahulu memulai percakapan dengan orang lain dan jangan malu-malu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu harus berinisiatif untuk memulai percakapan dan bersikap hangat dengan orang lain, cobalah untuk menyapa dan mengobrol hal-hal yang ringan, dengan begitu kamu akan lebih mudah akrab dengan orang lain di lingkungan barumu.

5. Jadilah Diri Sendiri

Walaupun berada di lingkungan baru, rasanya kamu tidak perlu memalsukan diri dengan identitas dan kepribadian yang baru, karena cepat atau lambat, waktu dan keadaan mungkin akan bisa membongkar siapa jati diri kamu sebenarnya.

Jangan pernah berpura-pura untuk menjadi orang lain hanya demi mendapatkan perhatian, karena mungkin akan membuat orang lain merasa ilfeel dan malah menghindarimu.

Kalau kamu adalah pribadi yang pendiam, tidak perlu jadi banyak bicara agar bisa disukai oleh orang lain, kamu harus percaya bahwa orang-orang baru di sekitarmu akan menerima kamu apa adanya.

Jadi, tetaplah percaya diri dan menjadi dirimu sendiri saat mulai berinteraksi dengan orang lain di lingkungan barumu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk beradaptasi di lingkungan baru.

Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang baru karena hal itu bisa menjadi pengalaman yang berharga buat kamu kedepannya.

Untuk membuatmu merasa lebih nyaman dengan berbagai kebiasaan baru di lingkungan yang baru, kamu bisa coba untuk membaca buku The Power of Habit karya Charles Duhigg.

Buku ini didesain menjadi semacam buku self-control yang akan mengubah pola pikirmu dalam mengambil sikap di situasi dan keadaan tertentu.

Buku dengan tebal 392 halaman ini terdiri dari tiga bab, yang membahas mengenai kebiasaan individu, kebiasaan organisasi, dan kebiasaan suatu komunitas.

Setiap babnya juga akan dibagi lagi ke dalam beberapa bagian yang akan memberikan banyak sekali pemahaman mengenai cara mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang jauh lebih baik, dan tentunya dibutuhkan supaya kamu bisa cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Dalam buku ini, penulis membuat sebuah pola yang dinamakan ‘Lingkaran Kebiasaan’, yang tujuannya adalah untuk memaparkan bagaimana suatu kebiasaan seorang individu itu bisa terbentuk, sehingga akan sangat memudahkan kamu dalam berbaur dengan banyak orang.

Tertarik untuk membaca bukunya? Miliki dan beli bukunya melalui Gramedia.com dan kamu juga bisa membaca versi buku digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com