Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghilangkan Jerawat Dari Hal Paling Dasar yang Sering Tidak Disadari

Kompas.com - 03/03/2023, 08:30 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Photo by mohamed_hassan on Pixabay Cara Menghilangkan Jerawat
Rujukan artikel ini:
Cara Jitu Mengatasi Jerawat
Pengarang: dr.Yekti Mumpuni Dan Ari…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu mengalami kesulitan mengatasi jerawat? Bisa jadi penyebab utamanya adalah kebiasaan buruk kamu yang membuat jerawat terus muncul. Hal-hal sepele yang kamu anggap remeh justru akan mempengaruhi wajahmu jadi berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan Skincare mahal sekalipun mungkin tidak akan berpengaruh jika kamu masih melewatkan hal dasar tersebut.

Diimbangi dengan perawatan wajah yang proper, memperhatikan hal dasar yang kecil pun bisa jadi cara menghilangkan jerawat yang ampuh.

Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dari hal paling dasar yang sering jadi kesalahan merawat wajah:

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Cuci muka dengan air hangat lalu gunakan tangan dengan gerakan memutar ringan. Hindari pengelupasan karena dapat membuat kulit berjerawat menjadi lebih sensitif karena butiran pengelupasan.

Keringkan dengan handuk bersih. Salah satu tipsnya adalah dengan menggunakan toner yang memiliki pH yang sama atau mirip dengan kulit, sekitar pH 5. Jika pH terlalu rendah (asam) atau terlalu tinggi (basa), justru dapat mengejutkan kulit.

Ini juga bisa membuat kulit menjadi sensitif dan teriritasi serta menyebabkan lebih banyak jerawat yang muncul dan pastikan juga tidak terlalu sering mencuci wajah.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan adalah salah satu faktor yang bisa memicu munculnya jerawat. Itulah sebabnya, penting menjaga makanan yang sehat untuk dikonsumsi agar tidak memperparah munculnya jerawat.

Ini juga tidak hanya berdampak pada jerawat, tetapi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lemak dan gula adalah musuh terburuk kulit berjerawat. Susu atau produk berbahan dasar susu lainnya seperti mentega atau keju juga bisa menjadi penyebab jerawat.

Makan cukup buah dan sayuran untuk menyeimbangkan makanan.

Kamu bisa pilih makanan dengan kandungan vitamin C dan bernutrisi omega-3. Makanan dengan kandungan ini bisa jadi cara menghilangkan jerawat atau mencegahnya muncul kembali.

3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Cara menghilangkan jerawat ini mungkin terdengar mudah, tetapi sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan. Hindari menyentuh wajah, apalagi jerawat dan jangan memencet jerawat dengan tangan.

Kebanyakan orang tidak sabar untuk menghilangkan jerawatnya, itulah sebabnya mereka sering berjerawat.

Hal ini membuat jerawat yang meradang semakin parah dan dapat menyebabkan bekas jerawat yang lebih gelap.

Tangan yang penuh dengan bakteri dapat memindahkan bakteri ke jerawat, membuat jerawat semakin merah dan semakin iritasi. Jadi, berhentilah menyentuh wajah Anda dengan tangan kotor.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Cuci Seprai dan Bantal

Bantal sebaiknya dicuci minimal seminggu sekali, karena bantal merupakan barang yang sering bersentuhan dengan kulit wajah.

Ketika bantal kotor penuh dengan bakteri dan kuman, semuanya menempel di wajah dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Cuci bantal juga bisa mencegah jerawat dengan tidur di bantal yang bersih.

5. Tidak Memakai Makeup Terlalu Banyak

Jerawat memang bisa merusak kepercayaan diri seseorang, apalagi jika sudah merah dan meradang. Kamu mungkin akan mencoba menutupi jerawat dengan makeup.

Namun, sebaiknya tidak menggunakannya terlalu banyak karena ini membuat jerawat lebih mudah muncul.

Jika kulit berjerawat, hindari riasan tebal dan riasan padat seperti pensil dan krim. Biasanya, produk makeup tersebut memiliki kandungan polyethylene atau ethylhexyl palmitate yang tidak baik untuk kulit yang sedang berjerawat.

Selain itu, alat make up mungkin juga mengandung kotoran yang dapat memperparah jerawat. Jika kamu sangat perlu makeup, maka gunakan produk yang "non-komedogenik" karena formulanya memang untuk kulit berjerawat.

6. Meminimalisir Stres

Selain apa yang dikonsumsi atau digunakan, beberapa kebiasaan yang berubah dan faktor eksternal, kondisi mental kita juga dapat mempengaruhi jerawat. Ini sudah dibuktikan dengan banyak penelitian yang mengaitkan stres dengan jerawat.

Alasannya adalah pada saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak sebum, yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri dan menyumbat pori-pori wajah, menyebabkan komedo dan jerawat.

Stres akibat jerawat yang tidak kunjung hilang juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya jerawat itu sendiri.

7. Gunakan Cuka Sari Apel Sebagai Toner

Cara ini dapat membantu mengembalikan pH normal kulit. Gunakan cuka apel pada pagi dan sore hari setelah membersihkan wajah. Usap cuka sari apel dengan lembut dari wajah dengan kapas.

Cuka apel ini mengandung potasium, magnesium, asam asetat, dan enzim yang dapat membunuh bakteri berbahaya yang terbentuk di wajah. Bahan alami ini bisa jadi toner yang efektif untuk menghilangkan jerawat.

Nah, itulah cara menghilangkan jerawat dari hal paling dasar yang sering kita lewatkan. Ini mungkin datang dari kebiasaan kita karena belum menyadarinya bisa jadi pemicu munculnya banyak jerawat.

Dari cara di atas, kebiasaan baik yang juga bisa dilakukan adalah doa menghilangkan jerawat untuk memantapkan diri bisa menyembuhkannya.

Ini mungkin datang dari luar diri kita, namun bisa jadi hal dasar untuk membuat kita terus berkomitmen dan sabar saat menghadapi masalah jerawat.

Buku Cara Jitu Mengatasi Jerawat bisa kamu jadikan referensi mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dari ahlinya. Buku ini membahas tuntas tentang penyebab,larangan, sampai pencegahan dan penangan jerawat yang cepat, tepat, dan aman.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com