Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Masker Jerawat yang Ampuh untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Wajah

Kompas.com - 25/12/2022, 12:00 WIB
Masker Jerawat Ampuh Sumber Gambar: Pixabay.com Masker Jerawat Ampuh
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Hampir semua orang menganggap kalau jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat mengganggu.

Selain menimbulkan rasa nyeri, jerawat juga bisa membuat kepercayaan diri seseorang menjadi luntur, terutama saat harus bersosialisasi di lingkungannya.

Jerawat yang muncul pada wajah biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena alergi, terkena kotoran atau debu, gaya hidup yang tidak sehat, dan faktor keturunan.

Meski agak sulit untuk dihindari, pertumbuhan jerawat ternyata bisa diminimalisir, salah satunya dengan menggunakan masker khusus jerawat.

Tidak hanya mengurangi peradangan jerawat pada wajah, rutin menggunakan masker wajah juga bisa membuat kulitmu menjadi lebih lembab dan bersinar.

Kalau penasaran, berikut ini ada beberapa rekomendasi masker jerawat yang ampuh untuk atasi permasalahan pada kulit wajahmu.

5 Rekomendasi Masker Jerawat yang Ampuh

1. Masker Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis adalah bahan alami sumber antioksidan yang sangat efektif untuk mengurangi jerawat membandel di kulit wajah.

Tak hanya itu, kedua bahan ini juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mengurangi peradangan, yang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Cara pembuatan maskernya pun cukup mudah, kamu tinggal campurkan 2 sendok madu dan 1 sendok kayu manis, aduk sampai rata kemudian oleskan masker tersebut ke bagian wajah dan biarkan selama 10-15 menit, jangan lupa bilas sampai bersih.

2. Masker Teh Hijau

Teh hijau dipercaya mengandung antioksidan tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan dan bisa membantu menghilangkan jerawat di kulit wajah.

Di dalam teh hijau juga mengandung flavonoid dan tanin yang akan membantu melawan dan mengurangi peradangan, yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Antioksidan utama yang terkandung dalam teh hijau adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang ternyata bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk cara pembuatan maskernya sendiri, kamu tinggal rebus teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit, diamkan sampai dingin, oleskan ke bagian wajah menggunakan kapas, biarkan sampai mongering, dan bilas dengan air bersih.

3. Masker Lidah Buaya

Gel lidah buaya sejak dulu dipercaya berkhasiat untuk mengobati banyak permasalahan seperti lecet, ruam, luka bakar, bahkan bisa juga untuk merawat dan menghaluskan rambut yang rusak.

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang telah banyak digunakan sebagai bahan utama untuk mengobati jerawat yang terbukti efektif.

Cara pembuatan masker lidah buaya ini cukup mudah, kamu bisa kerok bagian gel lidah buaya kemudian oleskan ke bagian kulit, ulangi pemakaian sesuai kebutuhanmu (1 sampai 2 kali per hari), tunggu sampai hasilnya benar-benar maksimal.

4. Masker Timun

Timun banyak digunakan sebagai bahan alami untuk memerangi mata yang bengkak, dan bisa bermanfaat juga untuk memerangi jerawat merah di kulit wajah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk pembuatannya, kamu bisa kupas dan blender mentimun sampai halus, tambahkan 2 sendok gel lidah buaya dan ½ teh sari lemon segar, aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada kulit wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Masker Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh dari hasil ekstraksi daun teh (Melaleuca).

Tea tree oil memang sudah dikenal khasiatnya dalam melawan bakteri, mengurangi peradangan pada kulit, dan efektif juga untuk menyembuhkan jerawat.

Meski tidak secepat skincare buatan pabrik, tea tree oil tetap bisa membantu menghilangkan jerawat setelah 3 bulan penggunaan, walau terkadang bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Untuk pembuatannya, kamu bisa campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air bersih, celupkan kapas dan oleskan ke daerah yang sedang mengalami peradangan jerawat.

Ulangi cara tersebut setidaknya 1 sampai 2 kali per hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa rekomendasi produk masker yang ampuh untuk mengatasi jerawat dan permasalahan lain yang ada pada kulit wajah.

Jika tertarik, kamu bisa membuatnya di rumah dengan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasar tradisional.

Semakin terbukanya minat konsumen terhadap produk perawatan kulit pada akhirnya membuat banyak brand berlomba-lomba untuk mengeluarkan skincare yang memiliki segudang manfaat.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba berbagai produk perawatan kulit, kamu harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai bahan kandungan yang cocok untuk kondisi kulit wajahmu.

Hal ini penting untuk dipelajari supaya kamu tidak salah memilih produk, yang nantinya bisa membuat kulit wajahmu jadi semakin breakout.

Melalui buku All About Skincare yang ditulis oleh Nada A, kamu bisa belajar tentang berbagai jenis produk perawatan kulit.

Melalui buku ini, kamu akan belajar bagaimana caranya merawat kulit, cara mengenali tipe kulit wajah, cara membaca kandungan skincare, dan cara penggunaan skincare yang tepat.

Tak hanya itu saja, buku ini juga memberikan beberapa rekomendasi makanan yang bagus untuk kulit dan makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang berjerawat.

Jika tertarik, kamu bisa beli buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com