Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu, Ini 7 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Kompas.com - 12/10/2022, 16:00 WIB
Cara Agar Wajah Tidak Kusam Sumber Gambar: Freepik.com Cara Agar Wajah Tidak Kusam
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap orang, khususnya para wanita pasti menginginkan kulit wajah yang putih, bersinar, dan bercahaya, karena wajah yang bersih bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Sayangnya, sebagian besar orang masih sering mengalami permasalahan tertentu pada kulit wajah, seperti kering, berminyak, berjerawat, atau kusam.

Kulit wajah yang kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan pada hormon, kurang bersih saat mencuci wajah, faktor cuaca, sampai penggunaan produk perawatan kulit wajah yang kurang sesuai.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit seperti ini, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara terbaik untuk merawat kulit wajah agar terhindar dari kusam.

Simak penjelasannya berikut ini.

7 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

1. Memperhatikan Waktu Istirahat

Percaya atau tidak, jam istirahat bisa menjadi salah satu faktor terpenting yang wajib diperhatikan apabila kamu menginginkan kulit yang sehat dan terawat.

Untuk membantu mengembalikan kesehatan kulit dan meregenerasi kulit secara optimal, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup yakni selama 7 sampai 8 jam per hari.

Terlalu sering begadang bisa menghambat proses regenerasi sel kulit dan produksi kolagen, yang tentunya akan menyebabkan kulit menjadi lebih kusam.

2. Lakukan Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Rutin melakukan eksfoliasi wajah akan membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, sekaligus membuat kulit wajah menjadi lebih glowing, halus, dan kenyal.

Lakukan eksfoliasi wajah setidaknya seminggu sekali saja, untuk menghindari iritasi pada kulit yang nantinya malah akan membawa permasalahan baru, seperti peradangan, terbakar, atau kemerahan pada kulit wajah.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu cara terbaik untuk membuat kulit wajah bebas dari kusam adalah dengan merawatnya dari dalam, seperti mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan vitamin E seperti buah, sayur, dan biji-bijian yang bisa menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan bercahaya.

Tidak hanya itu, mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C juga bisa membantu menghalau bahaya sinar UV akibat paparan sinar matahari, sehingga kulit wajahmu bisa terbebas dari penuaan dini.

4. Rajin Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan kulit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci di dalam pori-pori melalui keringat, yang nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Olahraga juga bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres, saat seseorang sedang stres, aliran darah menuju wajah akan berkurang dan memicu kulit wajah menjadi kusam.

5. Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Menggunakan pelembap bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu merawat kulit wajah yang kusam.

Coba kenali tipe kulitmu terlebih dahulu, jika kulitmu cenderung berminyak, maka kamu bisa gunakan pelembap wajah non-komedogenik, untuk kulit sensitif bisa gunakan pelembap yang hipoalergenik, sedangkan kulit yang kering bisa menggunakan pelembap yang mengandung gliserin dan asam hialuronat.

6. Gunakan Masker Wajah Alami

Selain berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat, kamu juga bisa menggunakan masker alami, seperti pepaya dan putih telur untuk mengatasi kulit wajah yang kusam.

Cara membuat masker dari putih telur pun cukup mudah, kamu tinggal mengambil bagian putih telurnya lalu kocok dan oleskan secara merata ke bagian kulit wajah dan tunggu hingga kering, kemudian bilas sampai bersih.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih dapat membantu untuk mencukupi cairan yang ada dalam tubuh, jadi usahakan untuk selalu minum air putih secara rutin minimal 8 gelas per hari untuk membuat kulit wajah tetap lembap dan tidak kusam atau kering.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah agar tidak terlihat kusam dan kurang bercahaya.

Tak hanya itu, salah satu cara terbaik untuk merawat kulit wajah agar tidak kusam juga bisa kamu lakukan dengan rutin menggunakan skincare yang tentunya sesuai dengan jenis kulitmu.

Sebagai referensi, buku All About Skincare karya Nada A bisa memberikanmu banyak informasi mengenai produk skincare yang bagus digunakan untuk kulit wajah.

Buku ini akan membahas tentang cara-cara mengenali tipe kulit wajah, cara mengenali kandungan skincare yang aman dan berbahaya bagi wajah, cara menggunakan skincare dengan tepat, serta rekomendasi makanan yang bisa membantu menutrisi kulit.

Buku ini bisa membantumu mengatasi berbagai permasalahan pada wajah, termasuk merawat wajah agar terhindar dari kusam.

Jika tertarik, buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com