Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Lidah Buaya Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah, Berikut 4 Cara-Nya!

Kompas.com - 07/10/2022, 10:30 WIB
cara memutihkan wajah dengan lidah buaya Sumber: unsplash cara memutihkan wajah dengan lidah buaya
Rujukan artikel ini:
Intensif Budidaya Lidah Buaya :…
Pengarang: Jamal Arifin
|
Editor Rahmad

Ada berbagai macam cara untuk memutihkan kulit wajah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang dikenal juga dengan nama aloe vera ini sudah lama diketahui mempunyai manfaat bagi Kesehatan kulit. Manfaatnya termasuk juga untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, putih, dan tampak awet muda.

Daging lidah buaya mempunyai tekstur yang licin dan basa mirip dengan tekstur gel. Gel lidah buaya sendiri mengandung banyak nutrisi, air, antioksidan, serta zat yang dimiliki sifatnya anti radang serta antibakteri.

Berkat kandunganya itu, tidak heran jika banyak produk kecantikan dan Kesehatan yang menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan dasarnya, seperti sunscreen, pelembap, sabun, serum wajah, hingga sampo.

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa mencerahkan kulit wajah karena kandungan yang dimilikinya. Tertarik untuk mencoba mencerahkan kulit wajah dengan lidah buaya? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Cara Memutihkan Wajah dengan Lidah Buaya

cara memutihkan wajah dengan lidah buaya cara memutihkan wajah dengan lidah buaya

1. Oleskan gel lidah buaya segar pada kulit wajah

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah mampu mencerahkan wajah, caranya dengan mengoleskannya langsung ke kulit wajah. Pertama-tama, kamu perlu mencuci lidah buaya terlebih dahulu, lalu kupas kulitnya.

Kalau kamu tidak mau repot, kamu juga dapat menggunakan produk gel lidah buaya murni yang tersedia di pasaran. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa mengoleskannya di malam hari sebelum tidur pada wajah, lalu bilas keesokan harinya.

2. Membuat masker wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang selanjutnya bisa kamu dapatkan dengan cara mengolah tanaman ini menjadi masker wajah alami. Caranya adalah dengan mencampurkan jus lidah buaya dengan air perasan lemon.

Kedua bahan tersebut bisa membantu membersihkan pori-pori kulit, mengangkat kotoran dan debu, serta sel kulit mati di wajah. Selain itu, bisa menghasilkan kolagen yang mampu membuat wajah tampak lebih cerah, mulus, bersih, dan kencang.

3. Menggunakan semprotan wajah dari lidah buaya

Lidah buaya saat ini sudah banyak diolah menjadi produk kecantikan, seperti face mist dan juga toner. Produk ini sangat baik digunakan untuk melembabkan wajah tanpa menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Sebab, minyak yang berlebih mampu menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, produk face mist lidah buaya bisa mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penggunaan face mist ini dinilai lebih cepat, praktis dan juga mudah. Kamu cukup menyemprotkannya ke wajah dan tutup mata kamu untuk menghindari terkenanya iritasi. Jangan lupa juga, saat ingin menggunakan face mist, disarankan untuk mengocoknya lebih dulu.

4. Membuat scrub dengan campuran lidah buaya

Kalau kamu ingin melakukan exfoliator atau scrub wajah secara alami, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk didapat. Kamu bisa menggunakan lidah buaya, gula putih, dan minyak zaitun.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah. Perlu diingat, bahwa memutihkan atau mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan bahan alami, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, lakukanlah cara-cara di atas dengan konsisten, teratur,dan yang paling penting adalah dengan bersabar.

Secara umum, lidah buaya memang aman digunakan untuk kulit. Akan tetapi, sebagian orang juga mungkin ada yang memiliki kulit sensitif, yang bisa mengalami suatu reaksi alergi terhadap tanaman ini.

Lidah buaya sendiri merupakan tanaman yang sangat mudah dibudidayakan di Indonesia. Oleh sebab itu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan tanaman lidah buaya. Baik itu untuk tanaman hias di rumah maupun di pekarangan yang luas.

Jika kamu ingin mempelajari tentang tanaman yang satu ini, kamu juga bisa membaca buku Intensif Budidaya Lidah Buaya. Di dalam buku ini, akan dikupas lebih jauh lagi mengenai budidaya lidah buaya. Mulai dari bagaimana persiapan untuk membudidaya lidah buaya, hingga menjelaskan tentang pasca panen lidah buaya.

Melalui buku ini, kamu bisa menambah wawasan kamu lebih dalam lagi mengenai tanaman lidah buaya yang memiliki segudang manfaat untuk wajah kamu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com