Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan 4 Bahan Alami yang Ada di Rumah untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Kompas.com - 11/08/2022, 13:30 WIB
bahan alami di rumah yg bisa menghilangkan flek hitam sehatq bahan alami di rumah yg bisa menghilangkan flek hitam
Rujukan artikel ini:
Rahasia Perawatan Kulit Wajah
Pengarang: Alyza Martha D.
|
Editor Rahmad

Salah satu yang menjadi masalah kulit yang seringkali dialami oleh perempuan adalah munculnya flek hitam di wajah. Biasanya, flek hitam muncul karena sering terpapar dengan sinar matahari secara langsung.

Hal itulah yang membuat produksi sel melanosit menjadi meningkat sehingga menghasilkan pigmen melanin yang menimbulkan flek hitam. Jika kamu mengalami masalah kulit wajah berupa timbulnya flek hitam, tidak perlu khawatir. Karena ternyata banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Selain kemampuannya menghilangkan flek hitam, bahan alami ini juga bisa sekaligus membuat wajahmu lebih cerah dan glowing. Yang terpenting, karena berbahan alami, maka cenderung tidak memiliki efek samping.

Tetapi, perlu kamu ketahui juga untuk bisa menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, dibutuhkan ketekunan, alias tidaklah instan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah?

Berikut bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajahmu.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam

bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis atau lemon adalah buah yang kaya sekali dengan vitamin C. Vitamin C dikenal memiliki banyak khasiat untuk wajah. Ia bisa melawan penuaan, mencerahkan kulit, menangkal radikal bebas, sampai merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari terutama flek hitam.

Cara menggunakannya sangat mudah. Kamu hanya perlu memeras jeruk nipis atau lemon saja. Lalu kamu bisa membaluri wajahmu dengan perasan air lemon atau jeruk nipis menggunakan kapas. Jika sudah mengering langsung dibilas dengan air.

Tapi, perlu diperhatikan, kalau kulitmu sensitif, kamu perlu menambahkan sedikit air ke perasan lemon atau jeruk nipis agar tidak terlalu asam.

2. Lidah buaya

Selain khasiatnya yang baik untuk rambut dan kulit kepala, ekstrak lidah buaya bisa menjadi salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Selain itu, lidah buaya juga sekaligus mampu melembabkan dan menghaluskan wajah.

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Makanya, tak heran kalau banyak produsen kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar produk mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan lidah buaya adalah dengan mengambil daging bagian dalam dari lidah buaya. Lalu, oleskan daging lidah buaya ke bagian yang mengalami flek hitam. Pijat secara perlahan, dan tunggu selama 15-20 menit sampai mengering, bilas sampai bersih.

3. Pepaya

Buah pepaya diketahui sebagai buah yang mampu memperlancar pencernaan. Tapi, buah pepaya juga memiliki kandungan yang bisa mencerahkan kulit wajah serta menghilangkan flek hitam jika kita gunakan sebagai masker.

Masker dari pepaya ini mudah sekali cara membuatnya. Kamu hanya perlu mengambil buah pepaya yang sudah matang, lalu dihancurkan sebagai bubur. Kemudian, oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas wajah sampai bersih.

4. Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai menu sarapan yang digemari oleh orang yang sedang diet atau sedang menjalani hidup sehat. Selain sehat, jenis makanan ini memang sangatlah mudah dibuat. Nyatanya, oatmeal juga bisa diolah menjadi masker yang mampu menghilangkan flek hitam di wajah.

Kamu hanya perlu menumbuk oatmeal lalu mencampurkannya dengan air perasan lemon sampai menjadi pasta. Selain kemampuannya menghilangkan flek hitam, masker oatmeal juga mampu melembutkan serta meremajakan kulit.

Itulah beberapa bahan untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang bisa kamu dapatkan di rumah, tidak perlu mahal, ya. Kulit yang sehat dan halus memang sudah menjadi dambaan semua orang. Karena kulit yang sehat membuat kita lebih terlihat fresh dan awet muda.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat memang harus menjaga kesehatan kulit dan membutuhkan perawatan. Yang kadang menjadi pertanyaan adalah bagaimana langkah yang tepat untuk merawat kulit? Buku Rahasia Perawatan Kulit Wajah adalah jawaban.

Buku ini berisi tentang semua rahasia dalam merawat kulit wajah dengan cara yang sederhana, mudah, dan juga praktis. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi tentang daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik yang bisa berbahaya untuk kulit versi BPOM.

Segera dapatkan langsung buku ini di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com