Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Munculnya Bintik-Bintik Kecil pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 03/10/2022, 09:00 WIB
Penyebab Muka Bintik-Bintik Kecil Sumber Gambar: Freepik.com Penyebab Muka Bintik-Bintik Kecil
Rujukan artikel ini:
A Handbook for Insecurity
Pengarang: D. Tri Utami
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Adanya benjolan atau hal sekecil apapun pasti akan membuat penampilan wajah kita terasa agak sedikit terganggu.

Selain jerawat, ada beberapa permasalahan kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, salah satunya adalah bintik-bintik putih pada wajah.

Keberadaan bintik putih tentu bisa mengganggu penampilan, sehingga banyak orang yang akhirnya memilih untuk pergi ke dokter atau menggunakan produk perawatan kulit untuk menghilangkannya.

Tapi tahukah kamu apa saja hal yang menjadi penyebab munculnya bintik putih pada wajah? Selain itu, meski terlihat mirip, bintik-bintik putih sebenarnya memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda.

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Bintik Putih dan Penyebab Munculnya pada Wajah

1. Milia

Milia adalah bintik putih yang bentuknya berupa benjolan bulat kecil berwarna putih, yang juga sering dikira sebagai whiteheads.

Milia biasanya muncul saat keratin dan komponen sel kulit mati sedang terjebak di bawah permukaan kulit, lokasi milia yang paling umum adalah di sekitar mata, pipi, dan hidung.

Penyebab kemunculan milia ini biasanya karena reaksi alergi terhadap suatu produk yang cukup keras bagi kulit, sehingga menyebabkan iritasi, ditambah dengan paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah secara langsung.

Menurut ahli dermatology, milia bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat, namun jika kondisinya tidak membaik dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter kulit.

2. Tinea Versicolor

Tinea versicolor atau pityriasis versicolor adalah kondisi kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang terlalu berlebihan.

Tinea versicolor ini biasanya ditandai dengan bintik merah, cokelat, atau putih, yang terkadang juga tampak bersisik atau kering.

Permasalahan kulit ini bisa terjadi pada semua orang, tapi umumnya menyerang orang-orang yang tinggal di iklim lembab, orang dengan kulit berminyak, dan orang yang sedang mengalami gangguan sistem imun.

3. Idiopathic Guttate Hypomelanosis

Sering juga disebut dengan istilah white sun spots atau bintik putih matahari, biasanya berbentuk seperti bintik putih dengan ukuran 1 sampai 10 milimeter.

Jenis bintik-bintik putih yang satu ini bukan hanya timbul di wajah, tapi juga bisa timbul di tangan, punggung atas, dan bagian kaki di tulang kering.

Penyebab utama munculnya masalah ini tentu karena paparan sinar UV yang terlalu intens, biasanya sering dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit putih dan gejalanya akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Setelah mengetahui jenis-jenis masalah bintik putih dan penyebab munculnya pada wajah, kamu juga harus mengetahui beberapa cara ampuh yang bisa membantu mengatasi masalah ini.

Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Bintik-Bintik Kecil pada Wajah

1. Rutin Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah rutinitas utama yang wajib diperhatikan agar kulit selalu terlihat bersih dan sehat.

Membersihkan kulit wajah ternyata bisa membantu mengangkat kotoran yang terjebak di dalam pori-pori, sehingga mampu mengecilkan dan menghilangkan bintik-bintik putih yang ada pada kulit wajah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa gunakan face wash yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat yang dipercaya bisa membantu proses penyembuhan milia.

2. Lakukan Eksfoliasi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap di dalam kulit, sehingga kulit wajah bisa terhindar dari zat penyebab timbulnya bintik-bintik.

Proses eksfoliasi ini bisa dilakukan dengan menggosokan scrub secara perlahan ke bagian wajah dan bilas dengan air bersih.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penggunaan scrub ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah, dalam beberapa kasus, seseorang dengan kulit wajah sensitif harus lebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter kulit agar tidak iritasi.

3. Gunakan Krim Retinoid

Krim retinoid mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi dan menghilangkan masalah bintik-bintik putih seperti milia.

Dibandingkan dengan eksfoliasi wajah, krim retinoid lebih dianjurkan secara medis karena cara ini bisa membantu membuang sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sekaligus juga bisa mencegah penyumbatan keratin.

Meski begitu, krim retinoid sebenarnya bisa membuat kulit terasa lebih sensitif saat terkena paparan sinar matahari, jadi usahakan untuk selalu rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari.

4. Rutin Menggunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Penggunaan sunscreen atau tabir surya secara rutin ternyata bisa membantu menghilangkan bintik-bintik yang ada di wajah.

Tidak hanya itu, tabir surya juga bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung sehingga mengurangi iritasi pada kulit.

Gunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30 atau bisa lebih tinggi jika kamu sedang berada di tempat yang panas, dan jangan lupa untuk mencocokkan kandungannya dengan kondisi kulit wajahmu untuk menghindari alergi.

5. Gunakan Masker Madu

Selain eksfoliasi yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, masker madu juga dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi pada kulit.

Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu tinggal mencampurkan 3 sampai 4 sdm dan 1 sdm kayu manis, panaskan selama 30 detik di dalam microwave, oleskan ke bagian wajah, diamkan selama 10 menit, dan bilas wajah dengan air dingin dan fase wash.

6. Perawatan Laser

Perawatan laser bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan bintik-bintik yang ada di wajah, tapi kamu harus lebih dulu melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Dokter kulit biasanya akan menentukan tipe perawatan laser yang sesuai dengan kondisi kulitmu, dan menginstruksikan beberapa hal yang harus dihindari sebelum melakukan perawatan ini.

Meski terlihat mudah, perawatan laser sebenarnya bisa memberikan beberapa efek samping seperti gatal, kemerahan, dan bengkak pada kulit selama beberapa waktu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bintik-bintik yang ada pada wajah.

Menghilangkan bintik putih, flek, kemerahan, atau jerawat pada wajah tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lamanya proses penyembuhan masalah pada kulit ini tak jarang membuat beberapa orang merasa insecure, terutama saat bertemu dengan orang-orang di sekitar yang menanyakan seputar kondisi kulitnya.

Daripada terus-terusan merasa insecure, ada baiknya kamu menyibukkan diri dengan banyak kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan lebih positif, salah satu kegiatan yang bisa dicoba adalah membaca buku.

Buku A Handbook for Insecurity karya D. Tri Utami bisa menjadi solusi terbaik untuk mengisi waktu luang sekaligus membantumu untuk keluar dari rasa insecure.

Buku dengan tebal 180 halaman ini akan membantumu mencari tahu arti insecure dari berbagai sisi, sehingga kamu tidak lagi dikendalikan oleh rasa insecure yang berlebihan.

Dengan membaca buku ini, kamu akan lebih menghargai dirimu sendiri dan tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar bagaimana cara mengendalikan diri agar tidak terus terjebak dalam perasaan insecure yang akan terus mengganggu kehidupanmu sendiri.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com