Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Strategi Instagram Marketing yang Bisa Diterapkan Di Bisnis-Mu!

Kompas.com - 28/02/2023, 10:30 WIB
Strategi Instagram Marketing Photo by Lisa Fotios on Pexels Strategi Instagram Marketing
Rujukan artikel ini:
Instagram Marketing untuk Pemula
Pengarang: Jefferly Helianthusonfri
|
Editor Rahmad

Instagram jadi salah satu media sosial yang potensial untuk dijadikan promosi bisnis. Ada beberapa strategi instagram yang bisa dilakukan agar berdampak pada keberhasilan bisnis sebagai media promosinya.

Strategi Instagram Marketing

Berikut ini strategi Instagram marketing yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis:

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Akun bisnis memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi dan memberikan kesan yang lebih profesional pada brand atau bisnis kamu.

Selain itu, akun Instagram bisnis (Instagram for Business) juga memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat pada akun Instagram pribadi.

Beberapa di antaranya adalah dapat membuat iklan Instagram dan juga menggunakan Insights. Ini adalah alat yang berguna untuk menganalisis dan menghasilkan statistik tentang akun.

2. Mengoptimalkan Profil Bisnis

Langkah selanjutnya dalam pemasaran Instagram setelah mengubah akun menjadi akun Instagram Business adalah mengoptimalkan atau optimasi profil. Profil yang baik dan profesional dapat mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan setia.

3. Ketahui Jenis Posting Instagram

Setelah menggunakan akun bisnis, saatnya membuat konten berkualitas untuk strategi Instagram marketing yang efektif. Di Instagram, konten dibagi menjadi empat bagian yaitu Instagram Feed, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram TV.

4. Mengoptimalkan Feed Instagram

Konten yang kamu posting di feed Instagram harus memiliki kecocokan dengan brand dan followers. Itu sebabnya, kamu perlu tahu konten seperti apa yang diposting di sana. Jenis konten umpan Instagram dibagi menjadi dua bagian, yaitu gambar dan video.

5. Gunakan Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan Instagram Marketing Post pada umumnya. Lokasi Stories Anda tidak hanya 24 jam terakhir, tetapi juga di bagian atas feed.

Karena perbedaan ini, cerita Instagram memiliki beberapa keunggulan pemasaran Instagram dibandingkan posting biasa.

6. Coba Instagram Live

Jika ingin meningkatkan engagement dengan Instagram marketing, kamu bisa mencoba siaran langsung di Instagram. Berdasarkan riset live streaming, 80% orang juga lebih suka menonton siaran langsung dari brand tertentu daripada membaca artikel di blog.

Opsi pemasaran langsung Instagram ada di sebelah kiri jika ingin membuat cerita. Saat melakukan siaran langsung, pengikut akan menerima notifikasi secara otomatis.

7. Gunakan TV Instagram

Instagram TV (IGTV) adalah strategi pemasaran Instagram yang memungkinkan pengguna menonton video panjang langsung dari aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV mandiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

IGTV sangat mirip dengan YouTube dan bisa menjadi pesaing platform berbagi video raksasa di masa depan.

8. Repost Foto atau Cerita Followers

Bukankah menyenangkan bisa membuat konten untuk akun bisnis kamu dengan sedikit usaha? Nah, strategi marketing Instagram ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan foto atau story yang di-posting oleh followers kamu.

9. Buat Caption Instagram yang Menarik

Menulis caption IG untuk postingan tertentu terkadang bisa menjadi proses yang sulit. Faktanya, caption Instagram yang menarik dapat membuat orang menyukai, membagikan, bahkan menyimpan kontenmu. Strategi Instagram marketing ini juga meningkatkan keterlibatan.

10. Buat Hastag yang Kreatif

Lebih dari 95 juta pesan diposting di Instagram setiap hari. Dengan banyaknya konten, konten kamu mungkin saja tidak banyak orang yang mengetahuinya. Jadi, menggunakan hashtag adalah salah satu cara agar postingan kamu lebih mudah ditemukan.

11. Posting Di Waktu yang Tepat

Kamu dapat menemukan waktu yang tepat untuk mempublikasikan konten di halaman Insight. Secara umum, ada dua penelitian yang bisa kamu jadikan patokan.

Menurut Sprout Social, waktu terbaik untuk memposting di Instagram biasanya pada hari Rabu pukul 11 ​​pagi dan Jumat dari pukul 10 pagi hingga 11 malam. Sedangkan menurut CoSchedule, jam tayang terbaik adalah pukul 08.00-09.00 dan 02.00.

Kamu juga tidak dianjurkan memposting konten terlalu sering. Jika membanjiri feed terlalu banyak pada followers, ini akan membuat mereka muak bahkan bisa unfollow akun kamu. Namun, jangan tidak memposting sepanjang hari, karena brand harus muncul secara teratur.

12. Tingkatkan Engagement

Engagement atau keterlibatan adalah faktor kunci dalam pemasaran Instagram, di mana pengguna dibombardir dengan konten baru setiap saat. Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterlibatan seperti membuat konten yang dapat disimpan dan berbagi data.

13. Buat Instagram Ads

Ini adalah platform periklanan Instagram yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan postingan di akun bisnis. Ada dua cara untuk membuat Instagram Ads yaitu melalui Facebook Ads Manager dan langsung melalui Instagram.

14. Bekerjasama dengan Influencer

Tidak lengkap rasanya jika pembahasan mengenai strategi Instagram tidak membicarakan influencer atau yang disebut selebgram. Bekerja dengan influencer memungkinkan kamu menjangkau audiens yang lebih luas melalui pengikut figur publik ini.

Buku Instagram Marketing untuk Pemula yang ditulis Jefferly Helianthusonfri bisa kamu jadikan referensi belajar tentang strategi Instagram Marketing. Dalam buku ini, ada banyak kiat-kiat pemasaran lewat Instagram yang bisa kamu gunakan dalam bisnismu.

Bahkan, buku ini cocok untuk para pemula yang ingin berbisnis di Instagram. Terlebih lagi, penggunaan bahasa yang sederhana akan memudahkan pembaca dalam memahami isi langkah-langkah yang ada pada buku ini.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com