Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Feed Instagram? Berikut Cara agar Tampilan Akun Instagram Kamu Jadi Lebih Menarik

Kompas.com - 18/04/2022, 09:00 WIB
Pengertian Feed Instagram Sumber Gambar: Freepik.com Pengertian Feed Instagram
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Ratih Widiastuty

Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh sebagian besar orang di dunia.

Namun, seberapa banyak kamu memahami fitur-fitur yang terdapat di dalamnya?

Menguasai berbagai fitur di media sosial, termasuk Instagram, bisa menjadi salah satu skill yang perlu kamu miliki di era digital seperti saat ini, terutama jika kamu memiliki sebuah bisnis atau usaha.

Berikut adalah penjelasan mengenai feed Instagram sebagai salah satu fitur penting yang bisa menarik perhatian orang ketika berkunjung ke akun pribadi atau akun bisnis kamu.

Pengertian Feed Instagram

Feed Instagram merupakan fitur klasik yang telah tersedia sejak pertama kali Instagram hadir hingga mengalami perkembangan sampai saat ini.

Secara sederhana, fitur ini berupa beranda yang berisikan unggahan, baik itu foto atau video, yang kamu posting di akun Instagram kamu.

Banyak orang kini memanfaatkan fitur feed Instagram ini sebagai media untuk melakukan branding, baik untuk personal, organisasi, komunitas, ataupun bisnis.

Tampilan feed Instagram yang menarik memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan jumlah likes serta followers yang semakin bertambah.

Dengan meningkatnya jumlah pengikut di akun Instagram, maka kemungkinan besar traffic akun Instagram yang kamu kelola pun akan naik.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk menawarkan atau bahkan mendapatkan tawaran kerja sama atau sponsorship, dan menjadi seorang influencer atau bisa juga disebut sebagai selebgram.

Jika kamu mengelola akun bisnis, feed Instagram yang rapi, menarik, dan informatif bisa meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan seorang client atau pembeli.

Oleh sebab itu, setelah mengetahui apa itu feed Instagram, kamu juga perlu memahami bagaimana cara membuat tampilan feed Instagram semenarik mungkin sebagai personal branding ataupun untuk memperkenalkan produk yang kamu tawarkan dalam bisnis kamu.

Cara Membuat Tampilan Feed Instagram yang Menarik

1. Menentukan Grid Layout

Grid layout dalam feed Instagram merupakan tata letak dari postingan yang kamu unggah.

Terdapat berbagai macam ide grid layout yang bisa kamu gunakan, seperti puzzle feed, checkerboard atau tiles feed, horizontal lines, squares feed, diagonal lines, dan lain-lain.

Dengan menentukan grid layout yang ingin kamu gunakan sejak awal, kamu jadi bisa menentukan urutan foto yang akan kamu unggah sehingga membentuk pola yang cantik.

Kamu juga jadi bisa konsisten untuk menggunakan warna yang senada di setiap foto sehingga akan terlihat sebagai kolase yang indah di halaman akun Instagram kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, tidak berarti kamu hanya boleh menggunakan satu warna saja.

Cukup tentukan tema warna, seperti minimalis, colour block, vintage, pastel, dan lain-lain, atau bisa juga dengan menggunakan filter serta pencahayaan yang serupa.

2. Memilih Tema atau Konsep yang Menarik

Pemilihan tema khusus yang akan kamu posting dalam feed Instagram bisa membantu kamu untuk membangun personal branding di bidang yang kamu minati atau kamu kuasai.

Beberapa tema yang cukup populer di masyarakat, di antaranya adalah kuliner, traveling, fashion, fotografi, komedi, seni, buku, serta berbagi lifestyle yang produktif dan menyehatkan.

Pemilihan tema yang jelas dan konsisten bisa menarik perhatian lebih banyak orang yang memiliki ketertarikan dengan konsep yang kamu gunakan, dibandingkan hanya mengunggah foto atau video secara random mengenai kegiatan sehari-hari yang terkesan kurang menarik.

3. Memperhatikan Ukuran dan Kualitas Foto

Selain menentukan grid layout dan tema yang ingin kamu usung dalam feed Instagram kamu, jangan lupa juga untuk memperhatikan detail terkait ukuran dan kualitas dari foto yang akan kamu unggah.

Pastikan foto memiliki resolusi gambar yang tinggi dengan ukuran minimal sebesar 640 × 640 pixel.

Kamu pun bisa mengakalinya dengan menambahkan contrast atau sharpness ketika mengedit foto untuk membuat hasil foto jadi terlihat lebih tajam dan semakin berkualitas.

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait feed Instagram dan tips yang bisa kamu praktikkan untuk membuat tampilan akun Instagram kamu jadi lebih menarik.

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Instagram menyediakan berbagai macam fitur yang bisa kamu optimalkan untuk menekuni hobi, mengembangkan bisnis, dan lain-lain.

Buku Instagram untuk Bisnis, Hobi dan Desain Grafis yang ditulis oleh Jubilee Enterprise bisa membantu kamu untuk mengenal dengan lebih dalam terkait fitur maupun aplikasi pendukung dari Instagram, yang bisa kamu optimalkan penggunaannya sebagai personal branding atau untuk membangun sebuah bisnis.

Buku ini akan mengupas langkah-langkah, baik secara teknis atau non-teknis, dan memberikan kamu berbagai contoh template yang berisi ratusan copywriting untuk membantu kamu membuat konten yang menarik dan bisa memikat perhatian lebih banyak orang.

Pembahasan yang dipaparkan di dalam buku, di antaranya meliputi langkah pertama untuk menjadi seorang selebgram, memilih username dan menulis bio Instagram yang menarik, membuat rencana konten dan mengenal seluk beluk tentang hak cipta, serta masih banyak lagi.

Kamu juga akan dipandu untuk bisa memanfaatkan fitur Instagram Story, Direct Message, Close Friends, dan IGTV untuk semakin mengoptimalkan akun Instagram kamu dan memberikan kamu keuntungan.

Kamu bisa mendapatkan buku Instagram untuk Bisnis, Hobi dan Desain Grafis ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com