Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mudah Menjadi Selebgram di Instagram Tanpa Beli Followers

Kompas.com - 10/02/2022, 14:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Media sosial instagram saat ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer, terutama di kalangan para anak muda.

Selain bermanfaat sebagai tempat untuk membagikan momen melalui foto atau video, saat ini instagram juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha yang menghasilkan cuan.

Salah satu profesi yang bisa menghasilkan banyak cuan adalah profesi selebritis instagram atau biasa disebut dengan istilah selebgram.

Orang-orang yang disebut sebagai selebgram ini biasanya adalah para pengguna instagram yang memiliki ribuan bahkan jutaan followers.

Tidak hanya mengandalkan jumlah followers yang berlimpah, para selebgram juga biasanya membagikan setiap momen yang mereka lakukan untuk mendapatkan banyak like dan comments.

Dengan ini, mereka akan lebih mudah mendapatkan ketenaran walaupun mereka sebelumnya bukanlah artis yang biasanya muncul di televisi.

Dengan keuntungan menjadi terkenal dan mendapatkan penghasilan yang fantastis, banyak anak muda yang akhirnya menggandrungi profesi ini, bahkan pemerintah sempat berencana untuk mengenakan tarif pajak bagi para selebgram tanah air.

Walaupun sekilas terlihat mudah karena hanya perlu mengandalkan internet saja, tapi menjadi selebgram ternyata tidak sesederhana itu.

Kamu dituntut untuk bisa kreatif dan mampu dalam memanfaatkan dan menggunakan media sosial, sehingga kamu bisa dengan mudah memperluas jaringan dan mendapat perhatian banyak orang.

Berikut adalah tujuh cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi selebgram tanpa harus membeli followers palsu.

7 Cara Menjadi Selebgram Tanpa Beli Followers

1. Membangun Personal Branding

Salah satu cara untuk menjadi selebram adalah dengan membangun personal branding yang baik, yang akan membantu kamu dalam membangun reputasi di hadapan followers.

Kamu bisa lihat beberapa contoh dari para selebgram yang sudah memiliki banyak followers, kira-kira apa yang membuat mereka bisa terkenal? Apa saja konten yang mereka buat? Seperti apa sosoknya? Dan masih banyak lagi.

Setelah itu, kamu tinggal memilih ingin memiliki personal branding yang seperti apa.

Usahakan untuk tetap menjadi diri kamu sendiri supaya kamu lebih nyaman menjalani profesi ini dalam jangka waktu yang lama.

2. Menentukan Target Audiens

Setelah menentukan personal branding, kamu bisa mulai menentukan siapa saja yang bisa menjadi target audiens kamu.

Saat kamu sudah bisa mengetahui siapa saja yang menjadi target audiensnya, kamu akan lebih mudah dalam menyesuaikan jenis kontennya.

Misalnya kamu menargetkan anak muda sebagai audiens, maka kamu bisa membuat konten yang berisi style ootd atau make up ala anak muda.

Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mendapatkan banyak perhatian, dan pengikut kamu juga akan semakin bertambah.

3. Unggah Konten yang Berkualitas

Dengan menjadi seorang selebgram, kamu harus selalu memperhatikan kualitas konten foto maupun video yang akan kamu unggah ke instagram.

Konten yang menarik dan berkualitas tentunya akan mengundang banyak orang untuk kepo dan akhirnya membuat mereka mengikuti aktivitas keseharianmu.

Untuk itu, kamu harus memahami dasar-dasar fotografi yang baik, untuk bisa menghasilkan berbagai foto dan video dengan kualitas yang terbaik.

4. Menggunakan Caption yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah menulis caption pada foto maupun video yang kamu unggah, gunakanlah bahasa yang menarik dan bisa menggambarkan suasana yang ada di konten tersebut.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang justru sangat memperhatikan dan tertarik untuk membaca kalimat pada caption sebelum memutuskan untuk mengikuti suatu akun tertentu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan 2 sampai 3 hashtag untuk bisa menjangkau lebih banyak orang di instagram.

Gunakanlah hastag yang tepat sehingga konten yang kamu unggah juga lebih tepat sasaran.

5. Menentukan Jadwal Posting

Salah satu cara menjadi selebgram yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menentukan dan mengatur jadwal upload.

Usahakan untuk mengupload konten di saat banyak orang sedang berselancar di sosial media, misalnya pada jam 11 sampai 1 siang, atau di jam 7 sampai 9 malam.

Tapi kamu sendiri juga bisa melakukan eksperimen dengan memposting konten di waktu yang berbeda, untuk melihat seberapa banyak respon like dan comments yang kamu dapatkan dari followers.

6. Selektif dalam Memilih Produk Endorse

Saat kamu sudah terkenal dan memiliki banyak followers, kamu akan mendapatkan banyak endorse dari berbagai macam brand yang sesuai dengan personal branding kamu sebelumnya.

Tapi saat kamu mendapat tawaran endorse untuk suatu brand, kamu juga harus tetap mempertimbangkan apakah produk tersebut original, aman, dan bisa bermanfaat untuk audiens kamu.

Misalnya, saat kamu mendapat endorse produk kecantikan, kamu bisa lebih dulu mengecek apakah produk tersebut sudah terdaftar dan teruji oleh BPOM.

Jika produknya tidak terdaftar, akan lebih baik kalau kamu tidak menerima tawaran endorse tersebut.

Kamu tidak perlu ragu jika ingin menolak endorse, karena menerima produk yang tidak jelas keasliannya akan membuat reputasi dan personal branding kamu akan menurun.

7. Membangun Hubungan Baik dengan Followers

Menjadi selebgram tidak cukup dengan banyak followers saja, kamu juga harus bisa membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Kamu bisa membalas berbagai komentar yang ada di postinganmu, atau kamu juga bisa membuka sesi tanya jawab untuk semakin mendekatkan hubunganmu dengan mereka.

Membangun hubungan yang baik dengan followers ini sangat penting untuk membuat mereka tetap tinggal dan ma uterus mengikuti keseharian kamu.

Selain beberapa cara ini, kamu juga membutuhkan niat dan komitmen untuk bisa menjadi seorang selebgram.

Saat kamu memiliki komitmen yang kuat dan konsisten dalam mengunggah setiap konten, maka bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan kerja kerasmu.

Tapi selain menjadi selebgram, ada beberapa kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di instagram, salah satunya dengan menjadi entrepreneur dan membuka membuka toko online di instagram.

Saat ini pasar online memang sangat digandrungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan, jadi berjualan melalui online bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya kamu bisa membaca buku Instagram Untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis yang ditulis oleh Jubilee Enterprise.

Buku ini akan mengupas secara tuntas cara-cara untuk mengoptimalkan akun instagram, karena dalam satu aplikasi tersebut ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis online.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan berbagai informasi lain seperti cara memilih username dan menulis bio instagram yang menarik, cara membuka toko online dan menjual produknya, cara mengenali hak cipta untuk suatu konten maupun produk, dan buku ini juga memberikan ratusan copywriting yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang bisa menarik minat banyak orang.

Jadi, tunggu apalagi? Kamu bisa segera membeli dan mendapatkan buku ini melalui online di website Gramedia.com.

Selain itu, juga ada gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com