Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sifat Benda Cair yang Jadi Karakteristik Utamanya

Kompas.com - 06/02/2023, 15:30 WIB
sifat benda cair Photo by congerdesign on Pixabay sifat benda cair
Rujukan artikel ini:
Lipid: Sifat Fisika-Kimia dan Analisisnya
Pengarang: Abdul Rohman
|
Editor Rahmad

Ada banyak contoh benda cair yang ada disekitarmu. Namun, sudahkah kamu mengetahui sifat benda cair tersebut? Benda cair memiliki karakteristik utama yang bisa kamu pelajari. Terutama dalam memaksimalkan penggunaannya dalam kebutuhan sehari-hari.

Sifat Benda Cair

Berikut ini sifat benda cair yang bisa pahami beserta contoh yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bentuknya Tergantung Wadahnya

Sifat zat cair yang paling jelas adalah bahwa zat cair mengikuti bentuk wadahnya. Hal ini terjadi karena volume zat cair tidak tetap, demikian juga bentuknya tidak ditentukan oleh bentuk wadah yang menampungnya.

Molekul cair pada dasarnya tidak kompak dan padat, melainkan halus dan terkompresi untuk memfasilitasi aliran dan penyesuaian tempat yang menampungnya.

2. Menempati Ruang

Berkaitan dengan sifat sebelumnya, benda cair selalu menempati ruang sesuai dengan bentuk wadahnya. Untuk mengetahui bentuk cairan, kita harus memberi ruang pada cairan agar tidak tumpah ke segala arah.

Hal ini menunjukkan bahwa benda cair selalu membutuhkan wadah atau ruang untuk menampung massanya dalam kondisi tertentu.

Jika cairan tidak berada di dalam ruang atau wadah, cairan akan mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah atau mengalir ke segala arah.

3. Memiliki Massa

Meskipun benda cair mengikuti bentuk wadahnya dan selalu membutuhkan ruang, mereka juga memiliki massa atau berat. Kamu dapat membuktikan bahwa benda cair memiliki massa jika mengangkat botol kosong lebih mudah daripada mengangkat botol berisi air.

Massa cairan juga dipengaruhi oleh bentuk material dalam cairan dan kerapatan molekul tekanan. Ukuran massanya menggunakan ukuran cc, mililiter, liter dan seterusnya.

4. Mengalir Ke Tempat yang Lebih Rendah

Karena benda cair selalu menempati ruang, mereka bebas bergerak saat berada di ruang angkasa atau di lokasi yang tidak datar atau tidak bergerak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pergerakan bebas benda cair selalu mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Mengapa zat cair dapat mengalir ke tempat yang lebih rendah? Hal ini karena tekanan cairan menyesuaikan dengan gravitasi bumi, sehingga selalu turun.

5. Dapat Melarutkan Zat Tertentu

Sifat benda cair yang membedakannya dengan yang lain adalah dapat melarutkan zat tertentu di dalam zat cair itu sendiri. Sifatnya yang mampu melarutkan zat tertentu dapat mengubah benda cair dengan beberapa manifestasi perubahan.

Contohnya seperti perubahan warna, rasa dan penampakan aroma atau bau tertentu. Sifat melarut ini dapat terjadi secara sempurna atau disebut perubahan kimiawi atau hanya mengalami perubahan fisika yang tidak dapat larut sempurna.

6. Meresap Melalui Celah Kecil

Cairan dapat merembes melalui celah kecil karena benda-benda ini bertekanan dan perlu menempati ruang atau wadah tertentu. Jika zat cair berada pada ruang yang bercelah atau berpori, maka zat cair mudah diserap karena molekul dan volumenya bebas bergerak.

Celah kecil ini juga menciptakan ruang yang memaksa benda cair masuk ke dalamnya. Kamu bisa membuktikan sifat cairan ini dengan menyirami tanaman, air meresap ke dalam tanah karena ada lubang di tanah.

7. Menekan Ke Segala Arah

Sifat zat cair yang memadat ke segala arah selalu berkaitan dengan sifat zat cair yang menempati ruang dan membentuk wadah. Ini termasuk sifat cairan yang mudah masuk ke pori-pori atau celah karena cairan memiliki tekanan untuk bergerak ke segala arah.

Kemudian, dalam kondisi tertentu, zat cair bergerak dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah karena sifat zat cair yang memiliki tekanan tinggi terhadap gravitasi bumi.

8. Permukaannya Selalu Datar

Permukaan zat cair selalu datar karena harus mengembangkan tekanan tergantung pada wadahnya. Jadi, apapun bentuk wadahnya, permukaan cairannya selalu rata. Kamu dapat mengamati sifat ini dalam cairan.

Contohnya, jika kamu memasukkan air ke dalam baskom cekung, permukaan air di baskom tetap rata, tidak mungkin membengkok atau membentuk gelombang. Saat permukaan air beriak seperti di lautan atau sungai, itu karena air memiliki tekanan untuk bergerak ke segala arah.

Buku Lipid: Sifat Fisika-Kimia dan Analisisnya yang ditulis Abdul Rohman bisa kamu jadikan referensi belajar sifat-sifat benda. Termasuk sifat benda cair serta perubahan wujudnya secara fisika dan kimia. Buku ini akan memberimu penjelasan analisisnya dengan lengkap.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com