Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Molekul Senyawa Terbaik dalam Ilmu Kimia Fisika

Kompas.com - 12/10/2022, 15:30 WIB
rekomendasi buku tentang molekul senyawa Photo on Gramedia.com rekomendasi buku tentang molekul senyawa
Rujukan artikel ini:
Dasar-Dasar Kimia Fisika
Pengarang: Don Shillady
|
Editor Rahmad

Apakah kamu butuh referensi untuk belajar molekul senyawa? Tepat sekali, molekul senyawa adalah materi dasar yang perlu kamu pahami dalam kimia fisika. Dalam praktiknya, prinsip-prinsip kimia fisika banyak yang berasal dari teori dasar dari molekul senyawa ini.

Seperti atom, ion, molekul, dan senyawa sampai mutakhir menjadi prinsip-prinsip modern. Ada banyak hal yang berkaitan dengan molekul senyawa lainnya yang perlu kamu pelajari. Itulah sebabnya kamu mungkin butuh rekomendasi buku tentang molekul senyawa yang bisa dijadikan referensi.

Rekomendasi Buku Tentang Molekul Senyawa

Berikut ini rekomendasi buku tentang molekul senyawa yang bisa kamu jadikan referensi terbaik:

1. Dasar-Dasar Kimia Fisika

Penulis : Don Shillady

Tahun Terbit : 13 September 2016

Penerbit : Egc

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 510

Buku Dasar-Dasar Kimia Fisika ini menggabungkan prinsip-prinsip kalkulus dengan kimia dan fisika molekuler dalam penyajian yang sederhana namun komprehensif. Buku ini dimulai dengan evaluasi matematika dan fisika dan mencakup dasar-dasar termodinamika dan kinetika.

Buku ini mencakup beberapa topik penting seperti titik kritis gas van der Waals, persamaan Michaelis-Menten, dan entropi campuran. Buku ini juga menyertakan contoh pertanyaan untuk mengukur pemahaman kamu tentang formula yang relevan dan pemahaman konsep-konsep kunci.

Dengan menggabungkan pengembangan konsep matematika dengan konsep kimia, buku ini dapat membimbing siswa untuk mempelajari prinsip-prinsip derivasi matematika. Biografi singkat seorang ilmuwan terkenal membuat presentasi lebih menarik.

Selain itu buku ini juga menjelaskan konsep dasar kimia kuantum menggunakan analogi dan menyediakan metode pengajaran yang mudah dipahami.

2. Kimia Dasar Jilid 1 Edisi 3

Penulis : Raymond Chang

Tahun Terbit : 1 Januari 2005

Penerbit : Erlangga

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 462

Rekomendasi buku tentang molekul senyawa yang bisa kamu jadikan referensi selanjutnya adalah Kimia Dasar Jilid 1 Edisi 3. Buku ini adalah terjemahan dari buku Edisi ketiga dari General Chemistry: The Essential Concepts. Selain melanjutkan edisi buku sebelumnya, buku ini juga menyajikan materi kimia yang lebih lengkap.

3. Kimia Fisika

Penulis : Apt,James Wilson Asamau dkk

Tahun Terbit : 13 Januari 2022

Penerbit : Pustaka Baru Press

Bahasa : Indonesia

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jumlah halaman : 208

Kimia Fisika adalah buku tentang pembentukan dan pemutusan ikatan antar atom serta perubahan reaksi kimia dalam pembentukan senyawa. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tahu bahwa termodinamika adalah fisika energi, panas, usaha, entropi, dan proses spontan.

Termodinamika terkait erat dengan mekanika statistik, dari mana hubungan termodinamika diturunkan. Dalam sistem dengan perubahan keadaan dan pertukaran energi, termodinamika klasik tidak ada hubungannya dengan kinetika reaksi.

4. Kimia Dasar 2: Berdasarkan Prinsip - Prinsip Kimia Terkini

Penulis : Yayan Sunarya

Tahun Terbit : 11 Desember 2012

Penerbit : Yrama Widya

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 596

Kimia merupakan ilmu penting yang harus dipelajari setiap orang untuk memahami perubahan zat dan fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Karena alasan ini, buku Kimia Dasar 2: Berdasarkan Prinsip - Prinsip Kimia Terkini ini bisa menjadi pusat pembacanya sebagai referensi tentang fakta dan dasar-dasar kimia terkini.

5. Buku Pengayaan Kimia: Atom, Ion, Dan Molekul

Penulis : Ibnu Shohib

Tahun Terbit : 12 Juli 2017

Penerbit : Azka Pressindo

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 158

Buku Pengayaan Kimia: Atom, Ion, Dan Molekul bisa kamu jadikan referensi untuk belajar banyak tentang molekul dan senyawa. Dalam praktiknya, atom, ion, molekul, dan senyawa memiliki hubungan yang erat dalam konsep teori kimia fisika. Itulah sebabnya ini bisa jadi rekomendasi buku tentang molekul senyawa terbaik sebagai referensi.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang molekul senyawa yang bisa kamu jadikan referensi belajar tentang teori dasar kimia fisika. Mana buku yang tertarik kamu baca? Kamu mungkin sudah tidak asing dan terbiasa dengan mata pelajaran kimia fisika.

Namun ini tentu bukan pelajaran yang mudah. Itulah sebabnya kamu butuh referensi yang lengkap dan memberi penjelasan yang baik tentang materi tersebut sesuai kebutuhanmu. Termasuk mempelajarinya teori dasar dalam kimia fisika.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com