Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu! Inilah 4 Cara yang untuk Memilih Metodologi Penelitian yang Tepat!

Kompas.com - 27/01/2023, 11:30 WIB
cara menentukan metodologi penelitian Sumber: pixabay cara menentukan metodologi penelitian
Rujukan artikel ini:
Kupas Tuntas Metode Penelitian
Pengarang: Fairuzul Mumtaz
|
Editor Rahmad

Apakah kamu adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang akan menjalankan penelitian? Dalam menjalankan penelitian untuk tugas akhir atau skripsi, banyak yang masih merasa kebingungan dalam memilih metodologi penelitian apa yang tepat.

Metodologi penelitian adalah sebuah cara untuk bisa mengetahui hasil dari permasalahan yang cukup spesifik, di mana permasalahan tersebut disebut juga dengan istilah masalah penelitian. Nah, memilih metodologi penelitian yang tepat menjadi salah satu tahapan yang cukup membingungkan juga.

Pasalnya, setidaknya ada tiga jenis metodologi penelitian yang sering digunakan oleh mahasiswa dalam menyusun skripsi, di antaranya metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Metodologi penelitian dapat dikatakan sebagai bagian yang krusial, karena menyangkut tahapan dalam penelitian selanjutnya yang sesuai dengan prosedur dan sistematika penelitian.

Jika kamu masih kebingungan dalam menentukan metodologi penelitian apa yang tepat untuk penelitian kamu, maka berikut ini adalah cara menentukan metodologi penelitian yang cocok dengan jenis penelitian yang kamu lakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menentukan Metodologi Penelitian yang Tepat

cara menentukan metodologi penelitian cara menentukan metodologi penelitian

1. Pahami jenis metodologi penelitian

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam menentukan metodologi penelitian adalah dengan memahami terlebih dahulu konsep dari metodologi penelitian itu sendiri. Terdapat tiga metodologi penelitian yang biasa digunakan dalam penelitian, yaitu kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menguji suatu konsep, teori, atau suatu kejadian menggunakan wawancara, focus group, studi kasus, analisis wacana, sampai tinjauan pustaka. Data yang nantinya diperoleh dari penelitian kualitatif adalah berupa deskripsi mengenai suatu hipotesa atau hasil dari penelitian itu sendiri.
  • Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang di mana mengumpulkan data berupa angka maupun grafik pengujian yang berfungsi untuk menguji suatu hipotesis. Penelitian dengan metodologi kuantitatif membutuhkan analisis statistika. Biasanya, menggunakan aplikasi seperti SPSS atau Ms.Excel.
  • Metodologi penelitian campuran merupakan sebuah gabungan dari metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif, sehingga terdapat dua data yang didapatkan oleh peneliti.

2. Menentukan tujuan penelitian

Kamu juga bisa memilih metodologi penelitian yang cocok dengan cara menentukan terlebih dahulu tujuan dari penelitian yang kamu lakukan. Kalau kamu ingin melakukan sebuah uji coba terhadap suatu teori atau hipotesa, maka kamu bisa menggunakan metodologi penelitian kuantitatif.

Namun, jika kamu ingin melakukan eksplorasi terhadap suatu ide, gagasan, maupun merumuskan sebuah teori, maka kamu dapat menggunakan metodologi penelitian kualitatif.

3. Tentukan cara memperoleh data

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam menentukan metodologi penelitian adalah dengan menentukan cara dalam memperoleh data. Sebab, metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif memiliki cara dalam memperoleh data yang berbeda-beda.

Kalau kamu ingin memperoleh data dengan cara wawancara, observasi, studi kasus, kamu dapat menggunakan metode kualitatif. Namun, jika kamu ingin mendapatkan data dengan cara survei, eksperimen, kamu bisa menggunakan metodologi kuantitatif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Melihat penelitian yang sebelumnya

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menentukan metodologi penelitian adalah dengan cara melihat penelitian serupa yang sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh orang lain.

Dengan kamu melihat rujukan tersebut, maka kamu bisa menentukan dengan mudah metodologi penelitian apa yang cocok untuk penelitian kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui cara pengambilan datanya serta instrumen yang digunakan, bahkan cara mengolah data tersebut.

Terkadang, seorang peneliti memang kerap merasa kebingungan mengenai apa yang akan ia lakukan pada sebuah tahapan tertentu, apalagi untuk peneliti pemula. Hal ini menjadi sangat wajar karena peneliti belum memiliki pengalaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah panduan yang komprehensif, yang mencakup penjelasan dari awal penelitian sampai teknis dalam penulisannya.

Melalui buku Kupas Tuntas Metode Penelitian yang ditulis oleh Fairuzul Mumtaz, kamu akan dibantu dalam mempermudah mendefinisikan, membuat konsep, merencanakan, sampai kepada praktik dalam menulis laporan penelitian atau skripsi.

Buku ini juga memberikan gambaran kepada kamu tentang bagaimana seorang peneliti yang tidak hanya sekadar melakukan dan menghasilkan karya penelitian saja, tetapi juga menunjukkan bagaimana penelitian yang kamu lakukan sangatlah berbobot. Dengan begitu, buku ini mampu membantu kamu mulai dari tahapan awal hingga akhir, termasuk dalam hal menentukan metodologi penelitian.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com