Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari 10 Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Menentukan Metode yang Tepat

Kompas.com - 06/09/2022, 13:00 WIB
Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Sumber Gambar: Lorenzo Cafaro Pixabay.com Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Rujukan artikel ini:
Metode Penelitian Kuantitatif &Kualitatif :…
Pengarang: I MADE LAUT MERTHA…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Metode penelitian adalah langkah ilmiah yang digunakan seorang peneliti dalam melakukan pendekatan, pengolahan, dan analisis penelitian yang sedang dilakukan.

Terdapat macam-macam metode penelitian yang harus dipilih peneliti dengan tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang diteliti.

Berdasarkan pendekatan dan proses penelitiannya, metode penelitian dibagi menjadi dua, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif.

Penjelasan Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang menggunakan teori-teori dan model-model matematis untuk menjelaskan atau memvalidasi hipotesis dari kondisi yang sedang diteliti.

Penelitian kuantitatif melibatkan data yang dapat dihitung dan diukur.

Contohnya data jumlah penduduk, penjualan barang di sebuah toko, pertumbuhan penduduk di suatu wilayah, kunjungan wisatawan di suatu daerah, dan lain-lain.

Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah metode yang bersifat subjektif.

Peneliti dapat berinteraksi langsung dengan objek yang diteliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

Metode ini biasanya digunakan untuk meneliti fenomena-fenomena di lingkungan sosial, dengan data yang dikumpulkan berupa pendapat, gambar, rekaman suara, pengalaman, dan lain-lain.

Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Setelah mengetahui penjelasan dari masing-masing metode, Anda perlu mengetahui perbedaan-perbedaan mendasar antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk menentukan metode mana yang akan digunakan dalam penelitian Anda.

1. Tujuan Penelitian

Metode penelitian kualitatif bertujuan untuk mempelajari sebuah fenomena secara mendalam, mengembangkan teori-teori yang ada berdasarkan deskripsi dari realitas dan kompleksitas sosial.

Metode penelitian kuantitatif bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel dalam penelitian, menguji hipotesis dan teori-teori yang ada, serta menggeneralisasi kondisi yang diteliti.

2. Desain Penelitian

Metode penelitian kualitatif memiliki sifat penelitian yang dinamis, umum, dan fleksibel. Ketika penelitian sudah berjalan, Anda dapat menyesuaikan alur penelitian dengan kebutuhan Anda.

Sementara, penelitian kuantitatif memiliki sifat penelitian yang statis dan terperinci.

Anda tidak dapat mengubah alur penelitian karena harus sesuai dengan teori dan sistematis.

3. Cara Analisis Data

Anda dapat menganalisis data sambil berjalannya penelitian jika Anda menggunakan metode penelitian kualitatif.

Anda tidak perlu menunggu sampai seluruh data terkumpul untuk mulai menganalisis.

Sementara jika Anda menggunakan metode penelitian kuantitatif, Anda harus mengumpulkan semua data yang dibutuhkan terlebih dahulu, kemudian baru melakukan analisis setelahnya.

4. Istilah Penyebutan Subjek Penelitian

Subjek penelitian dalam metode penelitian kualitatif biasanya disebut narasumber, sementara subjek penelitian dalam metode penelitian kuantitatif disebut responden.

5. Perspektif terhadap Fakta

Peneliti yang menggunakan metode penelitian kualitatif memandang sebuah fakta tergantung pada interpretasi data, karena data yang dimiliki tidak selalu berupa angka, namun dapat juga berupa hal-hal yang tidak dapat dijelaskan seperti perasaan manusia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sementara, peneliti yang menggunakan metode penelitian kuantitatif harus bersikap netral dan objektif pada fakta.

6. Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data untuk penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan wawancara atau riset yang mendalam.

Peneliti dapat menggali lebih dalam untuk mendapatkan data.

Sementara, pengumpulan data untuk penelitian kuantitatif dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner.

7. Representasi Data

Hasil dari penelitian kualitatif berupa deskripsi interpretasi peneliti terhadap fenomena yang ditelitinya.

Sementara, penelitian kuantitatif merepresentasikan data yang didapat menggunakan model matematis yang dianggap sebagai fakta yang valid atau sudah terkonfirmasi.

8. Implikasi Hasil Riset

Hasil riset penelitian kualitatif tidak berlaku secara mutlak.

Dampak dari hasil riset dapat tidak dapat dianggap berlaku dalam kondisi yang berbeda dari kondisi penelitian.

Berlainan dengan hasil riset penelitian kuantitatif yang dampaknya dapat dianggap umum atau berlaku di manapun dan kapanpun.

9. Macam-Macam Metode berdasarkan Sifat Masalah

Metode yang digunakan berdasarkan sifat masalah yang diteliti pada penelitian kualitatif biasanya adalah fenomenologi, historis, dan studi kasus.

Sedangkan, metode yang digunakan pada penelitian kuantitatif biasanya adalah metode eksperimental, analisis jalur, analisis isi, korelasi, regresi, dan survei.

10. Jenis Data

Data yang disajikan pada penelitian kualitatif berupa deskripsi fenomena atau kondisi yang diteliti secara apa adanya, sebagaimana yang didapatkan dari narasumber.

Data pada penelitian kuantitatif disajikan dalam bentuk data berupa angka yang sudah dikelompokkan dari responden, atau statistik yang memberikan informasi mengenai fenomena atau kondisi yang diteliti.

Setelah mengetahui perbedaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, Anda dapat menentukan mana yang paling tepat Anda gunakan dalam penelitian Anda.

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai jenis metode penelitian, Anda dapat membaca buku Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata.

Dalam buku yang dirancang sebagai bahan ajar mahasiswa ini, Anda akan mempelajari secara mendasar mengenai teori-teori yang melandasi kedua metode penelitian ini.

Anda akan mempelajari dari awal sampai akhir tahapan melakukan penelitian dengan metode kuantitatif dan kualitatif dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Buku ini disusun secara lengkap, sistematis, dan juga praktis, sehingga dapat memandu Anda dalam melakukan penelitian dengan baik dan benar.

Anda juga bisa mendapatkan buku mengenai metode penelitian lainnya hanya di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com