Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Metode Penelitian yang Bisa Dipraktikkan untuk Mahasiswa

Kompas.com - 19/08/2022, 13:00 WIB
Contoh Metode Penelitian Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Metode Penelitian
Rujukan artikel ini:
Analisis Data Penelitian Kualitatif
Pengarang: Samiaji Sarosa
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, biasanya kamu sudah mulai memasuki tahap pengerjaan skripsi yang akan memerlukan penelitian, agar mendapatkan data dan informasi sebagai bahan laporan yang akurat.

Penelitian juga biasanya menjadi salah satu syarat wajib yang harus dilakukan jika ingin segera lulus kuliah, yang tidak hanya mengandalkan teori, tapi juga praktik di lapangan.

Sebelum terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian, pertama-tama kita perlu mengetahui dan memilih metode penelitian seperti apa yang akan digunakan, agar dapat dengan mudah dalam mengumpulkan data serta informasi yang dibutuhkan untuk menyusun skripsi.

Metode penelitian sendiri ialah cara untuk memperoleh data yang valid dalam menyusun sebuah karya ilmiah.

Nantinya seluruh data yang diperoleh akan dianalisis untuk mencari sebuah solusi dalam permasalahan yang diteliti, agar seluruhnya mampu tersusun secara akurat.

Dalam meneliti, kita pun harus mendapatkan kesesuaian antara objek yang diteliti dengan data yang sudah didapatkan di lapangan, agar semuanya bisa tampak sinkron dan jelas.

Metode penelitian akan memudahkan kamu dalam mendapatkan data dan informasi karena terdapat cara yang bisa dipraktikkan untuk melancarkan itu semua.

Metode penelitian apa saja yang bisa kita coba untuk menyusun sebuah karya ilmiah? Simak 5 metode penelitian yang akan memudahkan kamu dalam menyusun skripsi berikut ini.

5 Contoh Metode Penelitian

1. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif ialah metode penelitian yang digunakan dengan memakai alat ukur atau instrumen penelitian dengan analisa yang bersifat statistik.

Maka dari itu, metode penelitian ini dinilai lebih objektif ketimbang metode penelitian kualitatif.

2. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang menggunakan observasi serta pengamatan sebuah objek.

Metode penelitian ini kerap digunakan meneliti ilmu sosial dalam bentuk analisis dan kesimpulan yang bergantung pada ketajaman analis penelitian.

3. Metode Penelitian Deskriptif

Metode penelitian deskriptif ialah metode penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu persitiwa ataupun kejadian secara objektif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Metode penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencari sebuah solusi dalam memecahkan suatu masalah dalam bidang tertentu.

4. Metode Penelitian Eksperimental

Metode penelitian eksperimental adalah metode penelitian yang mempunyai tujuan untuk melakukan suatu percobaan, agar mengetahui hubungan sebab-akibat yang muncul dalam sebuah variabel yang dibandingkan dengan variabel lainnya.

5. Metode Penelitian Survei

Terakhir ada metode penelitian survei yang merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data atau survei lewat responden penelitian.

Biasanya responden akan diberi sebuah angket yang harus diisi guna mengumpulkan data atau informasi.

Kelima metode penelitian ini dapat dipilih untuk mengumpulkan data serta informasi yang dibutuhkan untuk menyusun skripsi.

Masing-masing metode penelitian mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, tapi bisa tetap kamu gunakan sesuai dengan tujuan dan hasil yang diinginkan.

Mungkin rasanya penjelasan di atas masih terasa kurang begitu lengkap, sehingga kamu memerlukan buku yang membahas salah satu metode penelitian ini.

Buku Analisis Data Penelitian Kualitatif yang ditulis oleh Samiaji Sarosa dapat dijadikan buku panduan yang tepat untuk membimbing kamu dalam melakukan penelitian.

Buku ini akan mencoba menjawab berbagai kesulitan serta tantangan yang sering kamu temui ketika memilih metode penelitian kualitatif, sebagai cara dalam mengumpulkan data maupun informasi yang akan sangat berguna untuk kepentingan karya ilmiah.

Jangan cemas dan khawatir kamu tidak akan mampu menggunakan metode penelitian kualitatif ini, karena semua hal tentangnya akan dibahas secara lengkap menggunakan pendekatan yang mudah dipahami, sehingga dapat langsung terserap untuk segera dipraktikkan.

Bagi kamu mahasiswa maupun peneliti yang membutuhkan informasi mengenai metode penelitian kualitatif, langsung saja pesan dan beli bukunya di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com