Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Buku SPSS untuk Penelitian

Kompas.com - 29/07/2022, 11:00 WIB
Buku SPSS Sumber Gambar: Canva Buku SPSS
Rujukan artikel ini:
Panduan Lengkap SPSS 26
Pengarang: Singgih Santoso
Penulis Renny Novita
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ilmu statistik lebih dari sekumpulan data mentah berisi angka-angka.

Statistik juga dapat dipakai dalam melakukan berbagai kegiatan analisis terhadap data, seperti melakukan peramalan (forecasting), melakukan berbagai uji hipotesis, dan lainnya.

Dalam kaitannya dengan pengolahan data, ilmu statistik dapat dibagi ke dalam dua metode yang paling umum digunakan, yaitu:

1. Statistik Deskriptif

Di dalam statistik deskriptif, data ini menggambarkan berbagai karakteristik, seperti variasi data dari rata-ratanya, median data, dan lain sebagainya.

2. Statistik Induktif (Inferensi)

Berbeda dengan statistik deskriptif, statistik induktif memuat berbagai inferensi terhadap sekumpulan data dari sampel penelitian untuk kepentingan perkiraan besar populasi, uji hipotesis, peramalan, dan sebagainya.

Di dalam pengolahan data statistik, penggunaan software komputer sangat berperan penting untuk membantu pengolahan data, agar bisa menghasilkan informasi yang relevan sehingga data bisa didapatkan dengan lebih cepat dan akurat.

Berikut tiga rekomendasi buku SPSS yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

3 Rekomendasi Buku SPSS

1. Panduan Lengkap SPSS 26

Penulis buku Panduan Lengkap SPSS 26 merupakan Doktor manajemen dari UGM yang sudah menulis buku SPSS dari versi 7.5 sampai versi terbaru, yaitu 26 di dalam kurun waktu dalam 23 tahun.

Jika kamu mencari buku tentang SPSS yang lengkap dan dapat dipercaya, kamu bisa membeli Panduan Lengkap SPSS 26.

Kelebihan dari buku ini adalah pembagian buku menjadi tiga bagian besar agar memudahkan pembaca memahami isi buku secara sistematis, yaitu:

  • Bagian 1 menjelaskan tentang pembagian ilmu statistik dan persiapan data sebelum diproses dengan SPSS
  • Bagian 2 menjelaskan tentang penggunaan SPSS untuk mengolah data dengan berbagai prosedur statistik
  • Bagian terakhir merupakan bagian tambahan yang menjelaskan tip dan trik praktis dalam menggunakan SPSS

2. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS

Buku ini menjelaskan tentang penggunaan SPSS untuk mengolah data kuesioner yang digunakan sebagai alat survei.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika berbicara tentang survei, ini tidak hanya digunakan oleh mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas akhir baik berupa skripsi, tesis, maupun disertasi, namun digunakan juga untuk berbagai perusahaan yang ingin mendata dan mengolah data kuesionernya untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan mereka.

Buku ini cocok untuk kamu yang mencari panduan praktis bagaimana mengolah data kuesioner secara runut dan sistematis, mulai dari analisis deskriptif, melakukan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, pengelompokan data hingga berbagai pengujian yang lebih kompleks, seperti analisis regresi dan analisis korelasi.

3. Aplikasi SPSS untuk Penelitian dan Riset Pasar

Buku yang menjadi rekomendasi ketiga merupakan penjelasan secara detail mengenai olah data dengan menggunakan software SPSS 24 serta interpretasi hasil olah data yang disajikan secara lebih mudah.

Pengolahan data dijelaskan dalam uraian tahapan penggunaan, penyelesaian, serta dilengkapi dengan studi kasus beserta langkah-langkah penyelesaian soal.

Buku ini cocok untuk pembaca yang masih awam dengan ilmu statistik agar tetap dapat mendapatkan hasil penelitian seakurat mungkin.

Ketiga pilihan buku SPSS ini bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui lebih dalam tentang metode statistik termasuk langkah awal untuk menentukan metode statistik.

Di mana untuk memahami lebih mudahnya untuk menentukan metode statistik, kamu dapat memulai dengan memilih parametrik - nonparametrik, kemudian melihat tujuan analisisnya.

Jika misalnya tujuan analisis adalah untuk melihat beda data dan uji yang dilakukan lebih dari dua sampel, maka kamu bisa memilih alat uji yaitu ANOVA.

Caranya adalah memasukan data ke dalam SPSS yang tepat untuk pengujian ANOVA.

Buku Panduan Lengkap SPSS 26, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS, Aplikasi SPSS untuk Penelitian dan Riset Pasar tersedia di Gramedia.com atau kamu juga bisa membeli buku versi digitalnya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com