Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Rekomendasi Buku Metode Penelitian Kuantitatif di Sini!

Kompas.com - 24/08/2022, 18:00 WIB
Buku Metode Penelitian Kuantitatif Sumber Gambar: Freepik.com Buku Metode Penelitian Kuantitatif
Rujukan artikel ini:
Metodologi Penelitian Kuantitatif
Pengarang: PROF. DR. H. DJAALI
|
Editor Ratih Widiastuty

Metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk penelitian fenomena-fenomena tertentu menggunakan model-model matematis dan teori-teori yang dapat menjelaskan hubungan kausalitas dalam kondisi yang diteliti.

Data yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif, yaitu dapat dihitung atau diukur.

Hasil dari pengolahan data-data yang dikumpulkan berdasarkan metode kuantitatif kemudian digunakan untuk menguji hipotesis yang disusun oleh peneliti.

Untuk Anda yang ingin mempelajari dan memahami lebih dalam tentang penelitian dengan metode kuantitatif, berikut merupakan rekomendasi buku-buku yang dapat membantu Anda dalam penelitian.

Rekomendasi Buku Metode Penelitian Kuantitatif

1. Metodologi Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang berbasis data empiris untuk membuktikan suatu fenomena dengan pendekatan statistik.

Dalam buku ini, Anda akan menemukan penjelasan yang lengkap dan komprehensif untuk menggunakan metode kuantitatif dalam penelitian yang sedang Anda lakukan.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menyusun tesis atau disertasi, namun dapat juga dibaca oleh akademisi sebagai referensi untuk memberikan bimbingan bagi para mahasiswa.

2. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi

Metode penelitian merupakan hal yang sangat krusial dalam penelitian.

Ketika metode penelitian yang dipilih salah, maka hipotesis yang dibangun dan hasil yang didapatkan menjadi tidak relevan lagi.

Kesalahan pemilihan atau langkah-langkah metode penelitian dapat disebabkan oleh kurangnya literatur mengenai metode penelitian yang Anda pilih.

Metode penelitian kuantitatif termasuk salah satu metode penelitian yang proses penelitiannya harus berjalan dengan sistematis agar tidak terjadi kesalahan pada hasil dan pengujian hipotesis.

Buku ini menyediakan penjelasan yang komprehensif mengenai metode penelitian kuantitatif.

Anda dapat mempelajari teori-teori yang melandasi metode penelitian ini agar pemahaman Anda dalam mengerjakan penelitian dapat lebih baik.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan mengenai teknik-teknik pengumpulan, pengolahan, serta analisis data yang baik dan benar.

3. Penelitian Kuantitatif: Metodologi Desan & Analisis Data

Untuk dapat melaksanakan sebuah penelitian dengan metode kuantitatif, Anda terlebih dahulu harus memahami prinsip-prinsip dasar dari metode ini.

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari prinsip-prinsip tersebut sehingga dapat Anda jadikan pijakan dalam penelitian yang Anda lakukan.

Penelitian kuantitatif juga memiliki banyak desain.

Anda dapat menentukan mana desain yang paling tepat untuk menjawab permasalahan dalam penelitian Anda.

Buku ini akan memberikan Anda pemahaman mengenai desain-desain metode tersebut untuk merancang sebuah penelitian yang baik dan berkualitas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, Anda juga akan mempelajari cara menggunakan perangkat seperti SPSS, AMOS, dan Nvivo untuk mengolah data yang Anda dapatkan.

4. Penelitian Kuantitatif: Metode dan Alat Analisis

Buku ini merupakan sumber literatur yang sangat bermanfaat bagi setiap peneliti, mulai dari mahasiswa, akademisi, pengajar, dan segala kalangan.

Anda akan dipandu dari langkah yang sangat awal dalam penelitian, yaitu penentuan topik dan masalah, serta teknik untuk mengidentifikasi masalah tersebut.

Anda juga akan mempelajari mengenai tata cara penulisan proposal dan laporan penelitian yang baik dan benar, serta isinya efektif dan layak diajukan.

Kemudian, Anda akan menemukan pembahasan mengenai metode penelitian kuantitatif yang detail.

Mulai dari teknik pengumpulan data, cara mengidentifikasi data atau sampel yang baik dan dapat digunakan, cara menghitung sampel yang dibutuhkan dalam penelitian, metode pengolahan data, serta alat-alat analisis data untuk menguji hipotesis.

Buku ini juga menyediakan contoh-contoh proposal dan laporan penelitian yang dapat Anda pelajari untuk menulis laporan yang layak dipublikasikan.

5. Metode Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berfokus pada masyarakat sosial.

Untuk mendapatkan data, peneliti biasanya menggunakan kuesioner yang akan diisi oleh subjek.

Dalam buku ini, Anda akan mempelajari bagaimana rancangan kuesioner yang baik, agar data yang didapatkan dapat diolah dan menguji hipotesis dengan valid.

Anda juga akan mempelajari tahapan-tahapan pengembangan kuesioner, yang disertai dengan contoh-contoh kuesioner yang baik.

Kemudian, Anda akan mempelajari cara menganalisis data yang didapatkan menggunakan perangkat lunak SPSS.

SPSS adalah program komputer yang digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu sosial.

Anda akan mempelajari tahapan-tahapan pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS lewat penjelasan yang komprehensif dalam buku ini.

Mendalami pemahaman Anda mengenai metode penelitian yang Anda gunakan adalah hal yang sangat penting agar tidak terjadi kesalahan ketika penelitian sudah berjalan.

Bagi Anda yang menggunakan metode penelitian kuantitatif, pelajari literatur mengenai metode tersebut dengan baik.

Anda dapat membaca buku-buku yang spesifik membahas metode penelitian kuantitatif di bidang yang Anda teliti.

Anda dapat menemukan lebih banyak lagi buku yang membahas mengenai metode penelitian kuantitatif hanya di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com