Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Karakteristik, dan Tahapan Penelitian yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 14/09/2022, 10:21 WIB
Metode Penelitian Kualitatif Sumber Gambar: Freepik.com Metode Penelitian Kualitatif
Rujukan artikel ini:
Analisis Data Penelitian Kualitatif
Pengarang: Samiaji Sarosa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Metode penelitian kualitatif merupakan jenis metode yang bersifat deskriptif dan banyak menggunakan analisis.

Dalam penelitian kualitatif, landasan teorinya akan dimanfaatkan oleh peneliti sebagai panduan agar proses penelitian bisa lebih fokus dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Penelitian kualitatif ini memiliki tujuan khusus, yakni untuk menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa secara lebih jelas dan mendalam, semakin detail hasil yang diperoleh maka akan semakin baik.

Bagi kamu yang sedang melakukan penelitian tugas akhir seperti disertasi atau skripsi, kamu perlu memahami apa itu metode penelitian kualitatif.

Untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang baik, berikut adalah penjelasan mengenai metode penelitian kualitatif yang perlu kamu pahami.

Pengertian Penelitian Kualitatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kualitatif bisa diartikan sebagai sebuah tindakan yang dilakukan berdasarkan nilai mutu, jadi penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menekankan pada sisi kualitasnya.

Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang menggunakan data mentah berupa angka untuk kemudian diolah melalui ilmu statistika, penelitian kualitatif biasanya menggunakan pendekatan dengan ‘perspektif emik’.

Perspektif emik ini merupakan pendekatan pada penelitian kualitatif yang memanfaatkan data berupa narasi, ungkapan, dan cerita detail yang berasal dari hasil observasi maupun wawancara mendalam dengan responden atau narasumber.

Penelitian kualitatif ini bisa dilakukan untuk menganalisis dan menjelaskan suatu peristiwa, fenomena, dinamika sosial, maupun persepsi seseorang atau kelompok atas suatu hal tertentu.

Objek yang ada pada penelitian kualitatif ini meliputi keseluruhan aspek maupun bidang kehidupan manusia, namun metode penelitian yang satu ini tidak bisa dilakukan secepat penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis data.

Dalam penelitian kualitatif, seorang peneliti membutuhkan proses penelitian yang panjang, sistematis, dan lebih mendalam untuk benar-benar menemukan alasan terjadinya suatu peristiwa ataupun fenomena tertentu.

Karakteristik Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif, ada beberapa karakteristik yang wajib diketahui sebelum memulai kegiatan penelitiannya, yaitu:

1. Hipotesis

Dalam penelitian kualitatif, hipotesis penelitian atau hipotesis substantif adalah hal yang penting untuk dipersiapkan oleh peneliti, hipotesis ini berisi pernyataan mengenai relasi antara dua variabel atau lebih.

Hipotesis yang ada pada penelitian kualitatif ini biasanya dinyatakan dalam bentuk kalimat yang panjang, bukan berbentuk simbol matematika seperti pada penelitian kuantitatif.

2. Objek Penelitian

Objek penelitian kualitatif biasanya diambil dari latar alamiah yang tidak bisa dimanipulasi, sehingga peneliti nantinya harus mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya sendiri.

3. Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian, dalam penelitian kualitatif, seorang peneliti adalah instrumen penelitian yang paling utama.

4. Metode Penelitian

Dalam penelitian kualitatif, metode penelitiannya akan cenderung lebih fokus untuk menganalisis dan menyajikan hasil analisis dari data penelitian.

Setelah berhasil mendapatkan hasil analisisnya, seorang peneliti harus menuliskannya kembali dengan kata-kata deskriptif, bukan menggunakan angka seperti pada penelitian kuantitatif.

Metode penelitian kualitatif ini lebih menekankan pada intuisi dan proses pelaksanaan penelitian itu sendiri, bukan berdasarkan hasil penelitian yang digambarkan dengan data numerik.

Tahapan dalam Penelitian Kualitatif

Proses analisis data yang ada pada penelitian kualitatif akan dimaknai sebagai sebuah upaya untuk mencari data secara sistematis, yang bisa didapatkan melalui hasil wawancara atau observasi.

Proses ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para peneliti mengenai kasus yang sedang diteliti, dan kemudian mampu menyajikannya ke dalam sebuah teks deskriptif.

Pada metode penelitian kualitatif, ada empat tahapan yang harus dilalui oleh para peneliti, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Mengumpulkan Data Penelitian

Proses pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya dengan terjun langsung ke lapangan atau observasi.

Saat melakukan observasi, seorang peneliti bisa melakukan pengamatan dengan wawancara atau memberikan kuesioner kepada para objek penelitian, sampai akhirnya berhasil mendapatkan data-data secara lengkap.

2. Melakukan Kategorisasi pada Data Penelitian

Pada tahapan kedua, data mentah hasil penelitian perlu penyaringan terlebih dahulu, supaya para peneliti bisa mengetahui data mana saja yang paling relevan dan bisa digunakan untuk mendukung proses penelitian.

Dalam proses penyaringan, data-data ini akan dikategorikan sesuai dengan kebutuhannya, misalnya dibagi berdasarkan kategori narasumber atau kategori menurut lokasi penemuannya.

3. Display Data

Dalam tahap ini, peneliti akan merancang data kualitatif ke dalam kolom matriks untuk menemukan jenis atau bentuk data baru yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Dengan melakukan display data, keseluruhan isi data yang berhasil didapatkan dari proses penelitian bisa dibaca dan diteliti dengan mudah.

4. Memberikan Kesimpulan

Tahap terakhir dalam penelitian kualitatif adalah mengambil kesimpulan dari hasil penelitian, isi kesimpulan ini harus bisa mencakup keseluruhan informasi penting yang berhasil ditemukan oleh peneliti.

Dalam membuat kesimpulan yang berisi teks naratif, seorang peneliti harus bisa memaparkannya dalam bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit.

Itu dia empat tahapan penting dalam metode penelitian kualitatif yang tentunya tidak bisa dilewatkan oleh para peneliti.

Selain keempat tahapan tersebut, ada hal lain yang juga tidak kalah penting, yakni kode etik dalam melakukan penelitian kualitatif.

Dalam penelitian kualitatif, identitas para informan atau narasumber menjadi sangat penting sehingga peneliti harus memperlakukan identitas mereka dengan baik dan bertanggung jawab.

Identitas serta keberadaan mereka bisa dibuka atau mungkin dirahasiakan dari khalayak umum, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat oleh peneliti dan narasumber tersebut.

Pentingnya kode etik ini tentunya tidak boleh dilanggar karena mungkin ada norma-norma yang dianut oleh para narasumber, sehingga peneliti harus mendapatkan izin untuk bisa menampilkan identitas narasumber secara jelas.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, klasifikasi, serta tahapan dalam penelitian kualitatif yang perlu kamu pahami jika ingin segera melaksanakan tugas akhir perkuliahan.

Apabila kamu ingin memahami lebih lanjut mengenai penelitian kualitatif terutama yang berhubungan dengan data-data, kamu bisa mencari informasinya dalam buku Analisis Data Penelitian Kualitatif karya Samiaji Sarosa.

Analisis data kualitatif merupakan salah satu tahapan tersulit yang sering ditemui dalam praktik penelitian kualitatif, tapi keberadaan buku ini akan menjawab semua permasalahan tersebut.

Buku ini akan lebih dulu mengenalkan berbagai metode dan instrumen yang biasanya lazim digunakan dalam pengelolaan dan proses analisis data kualitatif, kemudian juga membahas mengenai teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif.

Selain itu, buku ini juga membahas mengenai cara penggunaan beberapa aplikasi komputer yang bisa dipakai sebagai alat bantu untuk menganalisis data kualitatif.

Tidak hanya berisi materi, buku ini juga dilengkapi dengan sedikit ilustrasi berdasarkan pengalaman penulis saat menggunakan metode penelitian kualitatif dalam perkuliahannya, sehingga para mahasiswa akan sangat terbantu untuk bisa memahami buku ini dengan baik.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com